Contoh Laporan Keuangan Sederhana dengan Excel

contoh_laporan_keuangan_sederhana_dengan_excel

Sebagai seorang pengusaha, Anda perlu membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda. Laporan keuangan merupakan dokumen penting bagi sebuah perusahaan. Dengan laporan keuangan,  pemilik bisnis dapat membuat  prediksi tentang kesehatan bisnisnya. Laporan keuangan juga akan menjadi dokumen penting saat melakukan proses pendaftaran negara dan pengumpulan dari mitra bisnis. 

 Pelajari Laporan Keuangan 

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan selama periode waktu tertentu yang dapat digunakan untuk menggambarkan  kinerja suatu perusahaan. Jenis-jenis laporan keuangan yang biasa disusun oleh perusahaan adalah:  

  • Laporan laba rugi, yang mencakup laba atau rugi bersih bisnis selama satu periode 
  • Laporan posisi keuangan/neraca, yang memuat posisi keuangan aset, kewajiban dan posisi modal saat ini 
  • Laporan perubahan modal, termasuk pernyataan yang  menunjukkan ekuitas pemilik selama suatu periode 
  • Laporan arus kas, yang berisi informasi tentang arus kas keluar untuk periode tersebut 

 Pelaporan keuangan tampaknya cukup rumit untuk dilakukan. Namun tidak semua laporan keuangan harus terlihat rumit. Biasanya, perusahaan akan bekerja dengan seorang akuntan, yang akan membantu mereka menyiapkan laporan keuangan terperinci. Di beberapa perusahaan besar, ada departemen keuangan yang menangani hal ini. Untuk usaha kecil dan menengah, jasa akuntansi masih digunakan tetapi secara independen di beberapa perusahaan. Ada juga pemilik usaha yang memilih membuat laporan keuangan sendiri untuk menghemat biaya. 

Manfaat Membuat Laporan Keuangan dengan Excel 

Menggunakan Ms Excel untuk laporan keuangan tentunya dapat menjadi solusi bagi pemilik usaha untuk menulis laporan keuangan tanpa harus menggunakan jasa akuntan.  Selain keuntungan menggunakan Ms Excel di atas, tentunya ada keuntungan lain menggunakan Excel untuk membuat laporan keuangan sendiri, diantaranya adalah:  

  • Lebih mudah karena semua data otomatis dihitung dengan benar. Selama formula yang dimasukkan benar dan setiap data transaksi dicatat dengan benar, kemungkinan salah perhitungan lebih kecil.  
  • Lebih realistis dalam proses perubahan. Dengan penyisipan komentar yang dijelaskan di atas, Anda dan tim Anda tidak perlu mengedit data Anda secara manual. Cukup telusuri Ms Excel tanpa harus mencari data yang salah.  
  • Lebih ramah lingkungan. Tentunya isu ramah lingkungan menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik usaha yang memilih menggunakan Ms. Excel untuk menyusun laporan keuangan. Karena dengan menggunakan Ms. Excel, Anda dapat mengurangi penggunaan kertas dan membuang limbah kertas. 
  • Menggunakan Ms Excel untuk membuat laporan keuangan memiliki banyak keuntungan. Tentunya bagi pemilik bisnis, membuat laporan keuangan sendiri dengan Ms Excel juga akan membawa banyak manfaat. 

Misalnya seperti menghemat biaya menyewa akuntan atau keuangan untuk mengurus laporan keuangan perusahaan. Biaya mempekerjakan seorang akuntan cukup tinggi untuk usaha kecil dan menengah. Apalagi jika bisnis Anda merupakan usaha baru. Misalnya, biaya mempekerjakan seorang akuntan dapat dikurangkan dan dialokasikan untuk kebutuhan lain seperti pemasaran atau produksi. Sekalipun Anda melakukan pelaporan keuangan sendiri, Anda tetap perlu berhati-hati dan disiplin dalam setiap transaksi dalam bisnis Anda.  Setiap nominal impor atau ekspor juga harus akurat agar laporan keuangan perusahaan Anda tetap sehat dan bebas dari kerugian. Laporan keuangan yang akurat dan disiplin dapat menjadi tolak ukur yang digunakan bisnis untuk mengevaluasi kesehatannya. Dalam laporan keuangan dapat dilihat besarnya pengeluaran dan efisiensi penggunaan dana perusahaan. Bahkan laporan keuangan dapat digunakan untuk mengelola aset suatu bisnis. Dari laporan keuangan, orang dapat melihat banyak hal yang bermanfaat bagi bisnis. Oleh karena itu, pemilik bisnis disarankan untuk tidak mengabaikan laporan keuangan perusahaan. Entah itu bulanan, setiap 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan setahun. Setiap laporan keuangan disusun untuk menunjukkan kinerja perusahaan pada periode sebelumnya dan digunakan untuk tindakan pada periode berikutnya. 

Contoh Laporan Keuangan Bisnis dengan Excel 

 Saat ini, membuat laporan keuangan yang mudah dan sederhana bukanlah hal yang sulit. Beberapa layanan dapat digunakan. Dalam beberapa kasus, pemilik bisnis bahkan memilih untuk menyiapkan laporan keuangan mereka sendiri. Yang perlu Anda jaga adalah Anda harus selalu teliti dan detail dalam setiap transaksi, baik pemasukan maupun pengeluaran. Dalam artikel ini, Anda akan mendapatkan beberapa contoh laporan keuangan bisnis Excel yang mudah dibuat. Pelaporan keuangan sering identik dengan bisnis besar, meskipun itu tidak benar. Dalam kehidupan sehari-hari, Anda sering melakukan transaksi keuangan tetapi tidak pernah melakukan laporan keuangan pribadi.  Berbeda dengan perusahaan yang dituntut untuk menyusun laporan keuangan secara detail, teliti dan akurat. Laporan keuangan  penting untuk disiapkan dan disajikan sebagai dokumen untuk informasi bisnis. Bagian keuangan biasanya sudah memiliki sistem akuntansi yang mendukung penyusunan laporan keuangan.  Untuk penggunaan pribadi, pembuatan laporan keuangan sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. 

Contoh Laporan Keuangan Neraca Sederhana di Excel

Contoh Laporan Keuangan Arus Kas Excel Sederhana

Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi Excel Sederhana

Cara Membuat Laporan Pendapatan dan Pengeluaran Excel Sederhana 

Sebelum Anda mulai membuat laporan keuangan dengan Excel, Anda harus terlebih dahulu membuat pembukuan. Dengan akuntansi pribadi, lebih mudah untuk mengelola keuangan pribadi Anda, membuat keputusan keuangan dan investasi. Kedengarannya rumit pada awalnya, tetapi jika Anda memahami langkah-langkah akuntansi dari awal hingga akhir, khususnya laporan keuangan, Anda akan merasa sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat buku dan laporan keuangan:  

  1. Analisis Bukti Transaksi 

Proses akuntansi dimulai dengan pengumpulan bukti transaksi. Ada banyak jenis bukti transaksi, seperti: bukti pembayaran, bukti kwitansi dan bukti lain yang berkaitan dengan bisnis tempat kami beroperasi, bukti pembayaran ini dapat berupa kwitansi, akta, surat perjanjian, wesel , dll.  Untuk membuktikan transaksi dalam bentuk struk, kini Anda bisa melakukannya dalam berbagai format, mulai dari format Word (doc), Excel (xls) dan PDF. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh aplikasi tanda terima gratis dari internet. Setelah semua bukti transaksi terkumpul, saatnya menganalisis bukti transaksi. 

  1. Membuat Jurnal Transaksi  

Setelah  transaksi dianalisis, langkah selanjutnya adalah mencatatnya dalam jurnal transaksi keuangan. Pendaftaran perdagangan dilakukan ketika ada transaksi baru atau kumpulan transaksi untuk hari itu. Jurnal transaksi harus berisi setidaknya beberapa kolom informasi: tanggal, nomor voucher, rekening transaksi, deskripsi, debit, kredit, dan saldo. 

  1. Memindahkan Transaksi ke Buku Besar 

Setelah transaksi dicatat dalam jurnal transaksi, langkah selanjutnya adalah mentransfernya ke buku besar. Dalam jurnal transaksi, semua akun dicatat, baik transaksi tunai, piutang, hutang, dan pembayaran dicatat sebagai minor. Namun di dalam buku besar Anda perlu mengelompokkan akun berdasarkan jenis transaksi, misalnya untuk transaksi yang berhubungan dengan piutang, maka Anda perlu mengelompokkan transaksi hanya untuk piutang. 

  1. Menciptakan Neraca (Percobaan) 

 Neraca saldo dilakukan sebelum penutupan. Proses pengaturan trial atau neraca saldo untuk memastikan bahwa nilai jenis rekening saldo debet sama dengan jenis rekening kredit. Jika nilainya sama atau sama dengan saldo maka saldo yang dibuat sudah benar. Namun, jika tidak seimbang, beberapa kemungkinan bisa membuat saldo menjadi tidak seimbang, antara lain:  

  • Ada transaksi yang tidak tercatat 
  • Ada transaksi yang salah perhitungan atau salah pencatatan 

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana dengan Excel 

Setelah semua pembukuan selesai, saatnya melakukan beberapa pelaporan keuangan. Laporan keuangan adalah aspek terpenting dalam menjalankan bisnis. Dengan adanya laporan keuangan suatu perusahaan atau Anda akan cepat mengambil keputusan untuk membuat perusahaan Anda berkembang. 

  • Buka Ms Excel dan masukkan data-data yang diperlukan seperti judul  laporan keuangan, nama item atau kegiatan, judul transaksi, bahkan Anda dapat mencatat tanggal transaksi agar lebih jelas dan lebih detail untuk setiap transaksi terjemahan dilakukan.  
  • Jangan lupa untuk memasukkan bulan dan tahun laporan keuangan  agar tidak tertukar dengan laporan keuangan bulan lainnya. 
  • Untuk menambahkan logo atau slogan agar lebih formal, Anda dapat menggunakan fungsi Wizard di Ms Excel. Ini sangat mudah, dengan mengklik file dan kemudian wizard, Anda kemudian dapat memilih berbagai jenis template yang sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti faks, buku harian, atau surat. Logo dan slogan juga dapat dimasukkan untuk membuatnya lebih formal dan halus. 
  • Misalnya, jika Anda ingin membuat lembar kerja yang mencakup hutang dagang, penggajian, piutang, arus kas, dll. Anda klik kotak tersebut dan masukkan data yang akan diolah secara lengkap dan detail sesuai  keinginan Anda 
  • Buat kolom yang berisi angka, tanggal, keterangan, debet, kredit, dan saldo.  
  • Jangan lupa untuk Anda menggunakan suatu rumus Ms Excel. Jika Anda menggunakan  rumus yang benar, hitungan akan segera diperbarui jika ada kesalahan dan nomor transaksi harus diganti. Selanjutnya, penggunaan contoh rumus  Ms. Excel. 
  • Masukkan rumus di kolom saldo agar nanti bisa otomatis menambah atau mengurangi debit. Anda dapat menggabungkan If, OR, SUM, dll. jika Anda membutuhkan. 
  • Terakhir, Anda dapat memasukkan rumus jumlah di akhir kolom total dengan rumus SUM.  
  • Laporan keuangan sederhana telah berhasil dibuat 

 Proses akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan sudah selesai, tetapi ada cara yang lebih nyaman untuk melakukan pelaporan keuangan. Anda dapat menggunakan Microsoft Excel untuk membuat laporan keuangan dengan lebih mudah. Membuat laporan keuangan dengan Excel adalah metode manual terkomputerisasi yang menyediakan cara mudah untuk membuat pembukuan, arus kas, dan laporan laba rugi.  Excel juga memudahkan pengiriman draft antar departemen dan rekan kerja di perusahaan. Dalam sistem akuntansi, data yang telah diambil akan diekspor sebagai spreadsheet Excel. Oleh karena itu, Excel adalah bentuk dasar bagaimana laporan keuangan dihasilkan dari  sistem akuntansi. Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan grafik dalam laporan keuangan yang disiapkan sebagai berikut:  

  • Pilih menu Insert kemudian pilih chart, maka tabular report akan otomatis berubah menjadi bar chart, pie chart, dan beberapa jenis chart lainnya untuk membentuk pengamatan terhadap laporan keuangan.  
  • Dengan charting, Anda akan dengan mudah mengetahui jumlah cash inflow dan outflow per hari, per bulan bahkan per tahun. Bagan dalam diagram akan membantu memberikan ringkasan tentang bagaimana  bisnis dapat berfungsi. 
  • Data di Excel juga dapat di ekspor ke laporan informasi di Ms.word sebagai berikut. Yang perlu Anda lakukan adalah membukanya dan memblokir data untuk dipindahkan, lalu klik kanan dan pilih Salin. 
  • Selanjutnya buka dokumen Word, klik kanan, pilih paste atau ctrl V, spreadsheet Excel bisa di paste ke Ms.word.  Di atas adalah penjelasan lengkap  cara melakukan transaksi pemasukan dan pengeluaran beserta contoh laporan keuangan sederhana dengan menggunakan Microsoft Excel. 

Semoga informasi di atas bermanfaat. 


You Might Also Like