Contoh Laporan Penjualan Pada Perusahaan Dagang

By Ryan, 2 Mei 2018
Google Plus Share   Facebook Share   Linkedin Share

Jika di artikel-artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai jenis-jenis laporan keuangan, maka kali ini kita akan lebih fokus pada laporan penjualan pada perusahaan dagang. Mungkin anda sudah tahu dan paham perbedaan antara perusahaan jasa, dagang dan manufaktur. Perbedaan ketiga perusahaan ini tidak hanya terletak pada sistem operasional atau jenis usahanya saja. Lebih dari itu ketiga perusahaan ini juga memiliki perbedaan dalam penyajian laporan. Nah, apa yang dimaksud dengan laporan penjualan pada perusahaan dagang? Kita akan mengulasnya beserta contoh laporan penjualan pada ulasan kali ini.

Laporan Penjualan Pada Perusahaan Dagang

Selain laporan keuangan lengkap, faktanya perusahaan dagang masih membutuhkan laporan lain yang menunjang kegiatan operasional perusahaan yaitu laporan penjualan. Laporan yang satu ini berisi kumpulan informasi kegiatan penjualan yang disajikan sebagai bahan catatan dan analisa penjualan. Perlu anda ketahui bahwa laporan penjualan memiliki peranan yang cukup penting dalam pengambilan keputusan oleh perusahaan, di mana keputusan yang diambil ini dalam bentuk pemasaran, harga dan metode penjualan.

Mengingat laporan penjualan memiliki peran dan fungsi yang sangat penting, maka anda tidak boleh melakukan kesalahan dalam menyusunnya. Dengan kata lain anda harus benar-benar akurat dalam menyusun laporan penjualan ini. Nah, beberapa kegiatan penjualan yang perlu anda ketahui adalah analisa penjualan, penentuan harga, pemasaran produk, penawaran harga, pemesanan, pencatatan pelanggan, pengiriman  barang, retur penjualan, penagihan pembayaran, penerimaan pembayaran dan terakhir pembuatan laporan penjualan.

Kegiatan penjualan yang telah disebutkan di atas layaknya sebuah siklus yang saling berkaitan satu sama lainnya dan tidak bisa berdiri sendiri karena satu sama lain menyediakan data untuk kegiatan penjualan lainnya.

Contoh Laporan Penjualan Pada Perusahaan Dagang

Berikut ini adalah contoh sederhana laporan penjualan pada perusahaan dagang yang perlu anda ketahui:

PT. Gear Sub

Laporan Penjualan

Per 31 Maret 2018

Fungsi Laporan Penjualan

Setiap laporan yang dibuat di dalam perusahaan tentu memiliki fungsinya masing-masing, termasuk laporan penjualan. Secara tidak langsung laporan penjualan dapat berfungsi sebagai pelecut untuk meningkatkan produktivitas usaha. Kenapa bisa begitu? Kita akan mengulasnya di sini..

Jadi, produktivitas usaha sendiri merupakan sebuah gambaran di mana terlihat penurunan atau peningkatan volume kualitas dan kuantitas pada hasil produk sebagai perbandingan output dan input. Tentu anda tahu bahwa penjualan merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan dagang. Di sinilah laporan penjualan berperan sebagai media untuk menyampaikan informasi perubahan yang terjadi pada kegiatan penjualan, entah itu peningkatan atau penurunan.

Jika perusahaan bisa membuat laporan penjualan yang terperinci, akurat dan mudah dibaca maka data yang tersaji bisa sangat membantu pihak perusahaan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan penjualan produk ke depannya.

Penyampaian informasi penjualan yang terperinci juga membuat penerima informasi lebih cepat memahami kondisi yang ada. Dengan begini maka laporan penjualan bisa membuat pihak yang terkait bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tanggap akan setiap perubahan yang terjadi. Jika kondisi di perusahaan anda masih melakukan pembuatan laporan penjualan secara manual seperti contoh di atas, maka bisa saja terjadi berbagai kesalahan pencatatan yang disebabkan oleh human error.

Nah, untuk memudahkan anda dalam mengelola dan membuat laporan penjualan secara terperinci dan akurat di perusahaan dagang anda, maka akan lebih baik jika anda memilih sistem keuangan yang terintegrasi seperti Ukirama ERP. Sistem yang satu ini mampu mencatat, menganalisa dan mengatur keuangan dan akuntansi bisnis anda dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan sehingga Anda tidak perlu lagi bingung menyusun laporan-laporan secara manual, termasuk laporan penjualan.

Beberapa fitur keren dari Ukirama ERP adalah manajemen stok, pembelian, penjualan, pengelolaan SDM, manufaktur, reparasi hingga sistem akuntansi. Khusus untuk modul penjualan, anda akan mendapatkan template terperinci untuk laporan penjualan seperti rangkuman, penjualan per pelanggan, penjualan per produk dan lain sebagainya. Jadi secara tidak langsung, dengan software ERP ini perusahaan anda akan memiliki laporan penjualan yang lengkap dan akurat dari segala aspek. Pada akhirnya perusahaan bisa dengan mudah mengambil keputusan yang diperlukan dan dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Tidak hanya itu, Ukirama ERP juga menampilkan laporan secara terperinci dan terintegrasi dengan bagian akuntansi. Hal ini berarti secara keseluruhan Ukirama ERP mampu memenuhi kebutuhan perusahaan pada umumnya dengan lebih optimal. Anda bisa mendapat informasi lebih lengkap mengenai Ukirama ERP di sini.


Baca juga

3 Langkah Menghindari Fraud (Kecurangan) di Perusahaan

Mengenal Metode Depresiasi Aktiva/Harta Tetap (Fixed Asset) dalam Akuntansi

Cara Membuat dan Contoh Laporan Keluar Masuk Barang Sederhana Perusahaan

Bagaimana Memilih Software ERP yang Cocok Untuk Perusahaan Anda?

Fungsi Manajemen Persediaan (Stock Management) pada Perusahaan Dagang

© 2021 PT Ukirama Solusi Indonesia Bahasa Indonesia | English   Google Plus   Instagram   Facebook   Linkedin