Contoh Laporan Stok Barang Persediaan Dalam Perusahaan Manufaktur

contoh_laporan_stok_barang_persediaan_dalam_perusahaan_manufaktur_1.png

Kegiatan menghitung stok barang persediaan merupakan salah satu kegiatan yang lazim dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur. Bagi Anda yang masih belum paham dengan apa itu perhitungan stok barang persediaan atau bahkan tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan menghitung stok barang persediaan, silahkan simak artikel ini karena kita akan membahas tentang cara menghitung stok barang dan contoh laporan stok barang persediaan dalam perusahaan manufaktur. 

Menghitung Stok Barang Persediaan

Apakah pernah terpikir di benak Anda bagaimana cara perusahaan manufaktur menghitung barang persediaan yang mereka punya? Bagaimana pula cara mereka dalam mengetahui apakah barang yang mereka miliki ada yang hilang atau sudah rusak? Semua pertanyaan yang ada di kepala Anda bisa terjawab dalam pembahasan di bawah. Stok barang persediaan bisa dihitung dengan cara melihat stok yang ada di gudang secara fisik. Kegiatan ini dimaksudkan agar perhitungan yang sedang dilakukan bisa akurat. Hal seperti ini penting dilakukan untuk menjaga tetap stabilnya sistem pengendalian internal. Bisa dibilang kegiatan penghitungan stok persediaan barang ini cukup melelahkan karena persediaan barang harus dihitung secara langsung sekaligus memeriksa kondisi dan keadaan dari barang tersebut. Namun sekarang perhitungan stok barang persediaan bisa sedikit lebih dimudahkan dengan adanya sistem barcode yang diyakini bisa membantu perusahaan dalam meminimalisir kesalahan pencatatan dan perhitungan barang dagangan. 

Tujuan Menghitung Stok Persediaan Barang

Inti dari perhitungan stok persediaan barang di perusahaan manufaktur adalah mengetahui jumlah persediaan bahan baku,bahan penolong, barang yang sudah setengah jadi, maupun barang yang sudah jadi yang tersimpan di dalam gudang. Dalam perusahaan manufaktur, petugas atau karyawan yang melakukan perhitungan stok persediaan barang adalah petugas yang berada di posisi audit yang notabene nya merupakan pihak independen. Hal ini dimaksudkan agar hasil menghitung stok persediaan barang bisa lebih akurat.Jika hasil perhitungan ada selisih saat dilakukan perhitungan akan berakibat pada jurnal penyesuaian dan juga pemeriksaan ulang di bagian jurnal, buku besar, bahkan bisa sampai laporan keuangan yang tidak akurat. 

Langkah-langkah Melakukan Menghitung Stok Persediaan Barang

Lalu bagaimana caranya melakukan perhitungan  stok persediaan barang? Simak ulasannya berikut.

  1. Persiapan dari Gudang

Pada tahapan ini orang-orang yang mengatur barang di gudang akan mempersiapkan hal hal yang diperlukan untuk melakukan perhitungan stok persediaan barang seperti sticker atau tag, merapikan stok sesuai dengan jenis, kode, lalu jika ada stok barang yang tidak sesuai dengan barcode yang benar bisa diedit terlebih dahulu,  dan lain lain. 

  1. Persiapan Tim Perhitungan stok persediaan barang

Setelah persiapan yang ada di gudang siap, maka hal yang akan dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan tim perhitungan stok persediaan barang. Sebelum perhitungan dilaksanakan, ada baiknya melakukan briefing terlebih dahulu untuk menjelaskan tugas dari masing masing anggota. Kemudian input mutasi barang sudah harus selesai sebelum perhitungan stok barang dimulai. Selain itu, sebaiknya jika sedang dilakukan perhitungan stok barang, pergerakan input output barang diberhentikan sejenak agar tidak terjadi kerancuan data pada saat stok barang sedang dihitung. 

  1. Lakukan Menghitung stok persediaan barang

Dalam proses perhitungan stok persediaan barang, setiap bagian dari pihak akuntansi akan mendapat lembaran semua stok barang yang ada di dalam program. Lembaran ini akan dijadikan acuan dalam menghitung jumlah barang yang ada di gudang. Tim yang diturunkan ke gudang untuk melakukan menghitung stok persediaan barang akan menginput jumlah hitungan ke dalam lembaran yang telah disediakan. Kemudian hasil perhitungan ini akan disalin ke dalam Ms Excel untuk kemudian dibandingkan dengan stok yang ada didalam program. Jika terjadi selisih jumlah maka bisa dilakukan pengecekan ulang. 

Contoh Laporan Menghitung Stok Persediaan Barang Dengan Microsoft Excel

Program besutan Microsoft Office yang satu ini masih menjadi idola para akuntan dalam membuat laporan perhitungan stok persediaan suatu barang atau item. Software ini menyediakan kemudahan dalam pemakaian dan fitur yang lebih kompleks daripada software lain sehingga banyak akuntan memilih software ini untuk digunakan dalam pekerjaan mereka. Inilah cara untuk menghitung stok persediaan barang menggunakan Microsoft Excel bawaan Microsoft Office:

  1. Buka software Microsoft Excel lalu pilih new task sheet.
  2. Buat format laporan dengan mengisi Nama Perusahaan, Nama Laporan dan Periode Laporan. Kemudian buat kolom untuk mengisi hasil menghitung stok persediaan barang seperti Kode Barang, Nomor,Nama Barang, Harga Barang, Satuan, dan lain lain ( bisa sesuaikan dengan hal yang dibutuhkan perusahaan).
  3. Input semua data persediaan barang dengan cara manual ke dalam format laporan di Microsoft Excel yang sudah dibuat tadi.

 Itu tadi ulasan bagaimana caranya menghitung stok persediaan barang dan contoh laporan stok barang persediaan dalam perusahaan manufaktur yang bisa Anda terapkan di perusahaan manufaktur Anda.


You Might Also Like