Hindari Resiko-Resiko Berikut Dalam Berbisnis Jasa Service Laptop dan Komputer

hindari_resiko_resiko_berikut_dalam_berbisnis_jasa_service_laptop_dan_komputer

Kepemilikan laptop dan komputer di era sekarang sudah sangat besar. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantor, pekerja lepas, pengusaha, sampai ibu rumah tangga memiliki laptop masing-masing atau komputer di rumah. Hal ini juga yang bisa menjadi peluang usaha, apalagi jika Anda secara pribadi punya pengetahuan seputar hardware dan software.Ya, peluang bisnis service laptop dan komputer terbilang cukup menjanjikan. Hal tersebut lantaran hal-hal yang berkaitan dengan perangkat elektronik seperti laptop sangat riskan terjadi kendala. Namun, tidak semua orang berani mengotak-atik untuk memperbaiki karena laptop dan komputer selain mahal juga biasanya menyimpan banyak file penting. Selain itu, peluang pasarnya juga luas karena bisa menyangkut perorangan atau partai besar.

Resiko-Resiko Jasa Servis Laptop

Layaknya bisnis lain, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis service laptop dan komputer ini. Hal-hal tersebut menyangkut risiko-risiko yang umum dihadapi. Nah, agar upaya berbisnis tidak salah langkah, berikut beberapa resiko berbisnis jasa service laptop dan komputer yang harus Anda hindari:

  1. Keahlian Teknisi tidak Sebanding dengan Masalah yang Ditangani

Risiko pertama yang harus dihadapi ketika berbisnis service elektronik termasuk laptop dan komputer adalah soal keahlian. Mungkin saja teknisi yang Anda miliki atau keahlian Anda sendiri sudah sangat baik, tetapi masalah teknis seringkali berkembang. Software saja misalkan, sangat mungkin hadir virus atau malware baru yang butuh penanganan berbeda.Hal-hal semacam inilah yang harus diantisipasi dengan terus belajar dan tidak menutup diri dari pelaku bisnis serupa. Jalin relasi dengan teknisi lain agar bisa bertukar informasi. Jika memang tidak mampu menghadapi satu kendala, jangan sungkan menyerahkan pada teknisi lain karena kekecewaan pelanggan akan sangat merugikan.

  1. Kerusakan Lebih Parah

Setiap bisnis punya resiko terfatal, begitupun jasa service laptop dan komputer. Salah satu resiko terbesarnya adalah kerusakaan yang justru lebih parah setelah percobaan perbaikan. Hal ini sangat mungkin terjadi meskipun peluangnya kecil jika teknisi yang dimiliki cukup handal.Tidak hanya karena faktor human error, kerusakan juga bisa terjadi karena faktor lain seperti terkena air karena ruang bocor. Oleh karena itu, biaya tidak terduga harus disiapkan untuk mengatasi hal-hal seperti ini. Pastikan bahwa pelanggan tidak kecewa atas jasa yang Anda berikan. Lebih baik mengganti agar kembali ke kondisi seperti saat di bawa, dibandingkan berbohong dan membiarkan barang semakin rusak.

  1. Ketidakmampuan Memperbaiki

Banyak faktor yang membuat suatu jasa servis laptop dan komputer tidak mampu memperbaiki sesuatu. Hal itu bisa terjadi karena kurangnya kemampuan teknisi, masalah yang terlalu besar, atau peralatan yang tidak memadai. Risiko-risiko ini memang mau tidak mau harus dihadapi. Namun yang terpenting adalah agar tidak memaksakan diri. Jika memang jasa Anda tidak mampu, lebih baik segera informasikan kepada pelanggan dan beri penjelasan yang tepat. Hal ini tentu lebih baik dibandingkan Anda menahan laptop atau komputer pelanggan terlalu lama.

  1. Risiko Pencurian

Keberadaan peralatan elektronik seperti laptop dan komputer tentu saja mengundang pencuri. Risiko ini harus benar-benar dihindari dan diantisipasi. Pastikan bahwa toko atau tempat penyimpanan barang benar-benar aman dari pencurian. Jika perlu, beri sistem keamanan berlapis. 

Upaya Menghindari Resiko-Resiko

Keempat hal di atas adalah resiko-resiko paling umum yang harus dihindari ketika memiliki berbisnis di bidang servis laptop dan komputer. Lantas seperti apa upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko-resiko tersebut? 

  1. Pilih Teknisi Secara Ketat dan Tepat

Memilih teknisi menjadi hal krusial dalam membuka jasa servis laptop dan komputer. Lakukan seleksi yang ketat agar terpilih karyawan yang tepat dengan kemampuan yang handal. Seleksi yang ketat juga menyangkut kepribadian sang teknisi. Hal ini penting karena bisnis yang dijalankan berkaitan dengan barang-barang yang cukup mewah. 

  1. Membekali Pengetahuan Seputar Service Elektronik

Meskipun bisa diatasi dengan memilih teknisi yang handal, tetapi sebagai pemilik usaha sebaiknya Anda juga memahami seputar hardware dan software untuk laptop dan komputer. Setidaknya, Anda memahami hal-hal mendasar dan problem-problem umum yang sering ditemui. Hal ini penting karena semua tanggung jawab akan kembali kepada sang pemilik usaha. Selain itu pengetahuan tersebut penting agar tidak mudah ‘dibohongi’ baik oleh karyawan sendiri atau pelanggan.

  1. Jalin Hubungan dengan Teknisi atau Pebisnis Lain

Meskipun Anda percaya diri dengan kemampuan pribadi, tetapi menjalin hubungan atau link dengan pebisnis serupa juga sangat penting. Hal ini karena dalam servis alat elektronik, pasti akan ada hal-hal yang diluar kemampuan. Anda juga pasti membutuhkan spare part yang harus dibeli di toko lain.

  1. Meningkatkan Sistem Keamanan

Sistem keamanan juga harus disiapkan untuk menghindari kehilangan atau kerusakan. Pastikan bahwa lokasi Anda menyimpan barang adalah tempat yang benar-benar aman baik dari pencuri. Faktor lain seperti kebocoran saat hujan dan sejenisnya juga harus sudah diantisipasi melalui keamanan berlapis.

Tips Memulai Bisnis Jasa Service Laptop dan Komputer

Selain hal-hal yang harus diantisipasi di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal lainnya agar bisnis servis laptop dan komputer bisa berjalan sukses. Apa saja hal-hal yang dimaksud? Berikut tipsnya.

  1. Memilih Tempat Usaha yang Representatif

Jika Anda ingin bisnis servis laptop dan komputer laris, maka pemilihan tempat usaha sangat berpengaruh. Jika memungkinkan, pilihlah lokasi yang representatif yakni di lokasi yang besar peluangnya banyak pemilik laptop atau komputer. Lokasi tersebut bisa di dekat kampus atau dekat perkantoran. Lebih baik lagi tentunya jika lokasinya berada di pinggir jalan besar.

  1. Mempertimbangkan Strategi Promosi

Bisnis tidak bisa dilepaskan dari promosi. Apalagi untuk bisnis yang baru dirintis, maka promosi menjadi hal penting. Ketika lokasi bisnis Anda sudah berada di lokasi strategis, promosi mungkin bisa terbantu. Namun promosi dengan cara lain tetap dibutuhkan seperti melalui media sosial. Selain itu desain spanduk atau papan nama di depan toko juga harus tepat agar mudah dikenali.

  1. Pertimbangkan Persaingan Bisnis

Tips terakhir adalah soal persaingan bisnis. Banyak analisa yang harus dilakukan seperti apakah ada jasa servis serupa di sekitar lokasi, bagaimana pasaran harga di kota tersebut, dan bagaimana pelayanan di kompetitor. Pastikan bahwa bisnis Anda menawarkan jasa yang lebih baik dan memiliki keunggulan agar bisa bersaing secara sehat.Itulah beberapa hal seputar bisnis jasa servis laptop dan komputer. Ragam resiko yang dimiliki memang seharusnya sudah dipahami agar bisa dihindari. Selain itu, beberapa tips yang sudah diberikan juga layak untuk menjadi pertimbangan.


You Might Also Like