Ingin Membuka Usaha Pada Bulan Ramadhan? Simak 7 Strategi Bisnis Untuk Membuka Usaha Di Bulan Ramadhan 2023

Ingin Membuka Usaha Pada Bulan Ramadhan? Simak 7 Strategi Bisnis Untuk Membuka Usaha Di Bulan Ramadhan 2023

Ingin Membuka Usaha Pada Bulan Ramadhan? Simak 7 Strategi Bisnis Untuk Membuka Usaha Di Bulan Ramadhan 2023Strategi bisnis untuk membuka usaha di Bulan Ramadhan sangatlah penting untuk kita perhatikan. Bahkan ada banyak perusahaan yang akan merencanakan strategi usahanya di Bulan Ramadhan. Yang jelas ini akan menimbulkan persaingan yang cukup ketat buat para pemilik usaha.Salah satu hal yang harus dilakukan oleh anda adalah melakukan promo bundling Ramadhan. Dalam pembuatannya, mungkin anda dapat menggunakan sebuah aplikasi pembuat bundling Ramadhan yang terbaik dan bisa diandalkan oleh anda.Dengan begitu suatu perusahaan bisa mempunyai peluang yang cukup besar untuk meningkatkan omset dan laba. Strategi yang sudah anda rencanakan harus dibuat dengan semenarik mungkin hingga bisa menyukseskan usaha yang anda jalankan.

Inilah 7 Strategi Bisnis untuk Membuka Usaha di Bulan Ramadhan

Selain melakukan promo bundling di Bulan Ramadhan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh anda sehingga hasil penjualan produk atau jasa dapat berjalan dengan baik.Dalam menghadapi permintaan yang cukup tinggi di Bulan Ramadhan, sebuah perusahaan harus mempunyai strategi yang khusus. Agar supaya bisa memenuhi tiap permintaan konsumen, ikutilah beberapa strategi yang berikut ini.

1. Mempersiapkan Persediaan Produk dengan Baik

Strategi bisnis untuk membuka usaha di Bulan Ramadhan bisa dilakukan oleh anda dengan mempersiapkan inventory persediaan yang cukup. Hal ini sangat penting dilakukan, terutama pada 7 hari terakhir Ramadhan dan 7 hari sesudah Lebaran.Jangan lupa untuk memanfaatkan aplikasi inventory terbaik Ukirama apabila ingin mempersiapkan persediaan produk di gudang. Dengan adanya , maka ini bisa membuat penyimpanan produk tetap terjaga dan terpantau.Penambahan persediaan barang dengan batas yang aman bisa mencapai 2-4 kali lipat dari pendapatan normal sebelumnya. Anda dapat menyeimbangkan produksi sesuai dengan keperluan sehingga perusahaan dapat memperkirakan tiap jumlah permintaan pelanggan.Produk yang banyak dibeli oleh konsumen di Bulan Ramadhan, biasanya seperti bahan pokok (beras, dll) untuk memenuhi kebutuhan saat berpuasa. Mungkin dari hal ini anda dapat menawarkan produk yang mempunyai keterkaitan dengan Bulan Ramadhan.Pembelian dengan jumlah yang banyak juga berdampak di biaya pemesanan yang makin ringan ditanggung oleh sebuah perusahaan. Tapi, hal ini juga bisa meningkatkan biaya dari penyimpanan yang akan ditanggung oleh perusahaan.Hal tersebut bisa terjadi karena biaya menyimpan pada gudang akan bertambah seiring jumlah unitnya bertambah saat disimpan. Mungkin anda dapat kelola penyimpanan di gudang secara online sehingga bisa terhindar dari biaya penyimpanan stok yang ditanggung perusahaan.

2. Mempertimbangkan Safety Stock dan Lead Time

Penambahan dari jumlah barang menjadi hal yang harus dipertimbangkan dalam batas aman barang atau safety stock dan waktu tunggu atau lead time.Mungkin anda berpikir kalau kedua strategi ini tidak berpengaruh pada awal Bulan Ramadhan. Dikarenakan transportasi yang seringkali stabil serta tidak padat. Akan tetapi, menjelang hari Lebaran, tentunya arus transportasi akan lebih padat hingga terjadi kemacetan.Kebanyakan orang-orang akan meninggalkan pekerjaannya hanya untuk kembali pada kampung halamannya dengan tujuan agar bisa berkumpul bersama para keluarganya.Dengan begitu perusahaan harus melakukan perhitungan safety stock dan lead time dengan baik dan benar. Sehingga usaha yang dijalankan dapat berjalan seperti pada umumnya dan bisa mencapai target yang telah ditentukan.

3. Membuat Produk Spesial Edisi Lebaran

Strategi bisnis untuk membuka usaha di Bulan Ramadhan bisa juga dengan anda memanfaatkan produk spesial lebaran. Perusahaan harus merilis produk terbaru yang berkaitan dengan Ramadhan.Sebagai contohnya, jika perusahaan anda bergerak dalam bidang fashion. Maka produk yang dapat dirilis berupa aneka gamis atau baju muslim yang terbaru dengan stok yang terbatas. Tentunya, konsumen akan merasa tertarik untuk membeli produk tersebut.

4. Memberikan Promo Terbaik di Bulan Ramadhan

Sudah menjadi sesuatu hal yang biasa di kalangan para pebisnis, dimana perusahaan akan menjalankan strategi yang seperti ini selama Bulan Ramadhan berlangsung. Biasanya pebisnis akan melakukan diskon 50%, bonus, obral, buy 1 get 1 hingga voucher belanja dan lain sebagainya.Dan jika anda ingin mencari tahu berapa besar keuntungannya. Mungkin anda dapat melakukan perhitungan dengan baik dan benar melalui . Perlu anda ketahui juga kalau diskon besar-besaran ini sangat ampuh untuk merayu pelanggan. Namun, sebaiknya anda memainkan berbagai macam tools sales promotion yang kreatif dan efektif.Tanpa adanya perencanaan yang matang, maka ini akan membuat program Ramadan yang telah disusun oleh anda hanya akan membuang anggaran dengan percuma. Yang jelas tidak menghasilkan apa-apa dengan hasil yang kurang memuaskan.

5. Melakukan Kerjasama dengan Bisnis Lain

Jangan salah sangka terlebih dahulu, dimana kerjasama bersama bisnis lain bukanlah suatu kegiatan yang mendukung kompetitor dan hanya mengabaikan usaha anda. Melainkan ini akan membuat peningkatan terhadap penjualan produk secara online di Bulan Ramadhan.Sebagai contohnya, apabila anda merupakan pebisnis jilbab yang biasanya memberikan pesanan dengan layanan ekspedisi. Nah, di bulan puasa, anda dapat menambahkan beberapa pilihan pengiriman jilbab yang melalui kerjasama terhadap pihak ojek online.Sebaiknya juga anda memanfaatkan jika ingin bisnis jilbab anda berjalan dengan baik. Dikarenakan pemanfaatan hal ini akan membuat kemajuan dalam usaha yang dijalankan oleh anda sendiri.Melalui bentuk pengiriman ojek online, dimana ini dapat dilakukan untuk konsumen yang berada di lokasi bisa dijangkau. Dengan begitu, para konsumen anda akan menjadi lebih cepat untuk menerima tiap pesanan hingga merasakan kepuasan saat belanja di toko yang anda punya.Pilihan lainnya juga bisa dengan membuat kerjasama bersama brand busana perempuan untuk memberikan promo yang telah ditentukan. Misalnya, anda dengan brand partner membuat paket jilbab dan gamis yang harganya spesial di hari Lebaran.Cara yang seperti ini sangat bermanfaat untuk menarik konsumen baru. Yakni mereka yang telah menjadi pelanggan atau pengikut setia yang berasal dari brand partner bisnis anda. Tentunya, anda akan memiliki peluang yang banyak agar bisa meningkatkan penjualan.

6. Tambahkan Layanan Pesan Antar

Jika saat ini konsumen lebih sering membeli barang atau produk usaha anda dengan cara mengunjungi tokonya langsung. Maka ketika bulan puasa, mereka biasanya lebih malas keluar rumah. Apalagi cuaca di luar rumah sedang panas terik.Maka dari itu, tak ada salahnya untuk anda menawarkan layanan yang seperti pesan antar ini sehingga bisa mencapai target penjualan anda sendiri. Anda juga dapat memakai layanan yang berupa kirim barang langsung dari ojek online apabila tidak memiliki kurir pribadi.Tetapi, layanan pesan antar ini tak harus free atau gratis, mungkin anda dapat memberikan tarif yang sesuai dengan jaraknya. Namun, jika konsumen melakukan pembelian jumlah yang cukup banyak, anda mungkin bisa memberikan free ongkir atau gratis layanan pesan antar.

7. Lakukan Pemasaran lewat Media Sosial

Lakukan pemasaran lewat media sosial merupakan strategi bisnis untuk membuka usaha di Bulan Ramadhan yang harus dilakukan oleh anda. Bahkan, pemasaran ini bisa membuat anda merasa bingung dalam pembukuan, tapi jangan khawatir. Dikarenakan saat ini sudah tersedia berbagai macam . Yang pastinya software ini akan memudahkan anda pada masa pembukuan usaha.Seperti yang sudah diketahui bersama, kalau saat ini banyak konsumen yang sering menggunakan media sosial. Jadi anda harus memanfaatkan media sosial ini dengan membuat konten yang sangat menarik hingga calon konsumen juga merasa tertarik dengan produk anda.Contoh strategi pemasaran online seperti media sosial adalah usaha kuliner. Dalam hal ini, anda dapat membuat konten mengenai menu-menu spesial khusus buka puasa dan sahur.Atau mungkin anda berbisnis mukena, dalam hal ini anda dapat membuat konten-konten pembelajaran mengenai jenis material kain ternyaman khusus tarawih. Disini anda dapat menemukan momen ketika memasukkan konten yang berkaitan dengan jualan anda.Apabila masih kurang, anda dapat memanfaatkan untuk kebutuhan pemasaran produk selain di media sosial. Anda juga harus memberitahukan hal-hal mengenai produk saat melakukan pemasaran.Pada intinya anda wajib membuat konten yang menarik dan relevan dengan momen tentang bulan puasa. Jangan sampai lupa juga untuk selalu memberikan respon yang cepat dan dapat ditanggapi oleh konsumen dengan mudah.Gimana pembahasan diatas? Bisa disimpulkan kalau strategi bisnis untuk membuka usaha di Bulan Ramadhan sangat penting untuk anda terapkan. Karena beberapa strategi yang sudah ada diatas dapat menjaminkan keberhasilan usaha yang sedang dijalani.


You Might Also Like