banner iklan

Ini 7 Cara Jitu Menjual Produk Dagangan Anda yang Kurang Laku

ini_7_cara_jitu_menjual_produk_dagangan_anda_yang_kurang_laku

Pelaku bisnis pasti sudah tidak asing dengan naik turunnya penghasilan yang didapat di dunia bisnis. Pasalnya, memang sulit untuk dapat memprediksikan kepastian jumlah penghasilan yang bisa didapat oleh sebuah bisnis setiap bulannya. Agar tetap mendapatkan untung, memiliki uang untuk membayar tempat usaha, dan menggaji karyawan, biasanya kita akan membuat target penjualan bulanan yang harus dicapai agar bisnis dapat terus berjalan. Dengan sifat dunia bisnis yang tidak menentu, terkadang penjualan berjalan dengan sangat baik di saat-saat tertentu dan terkadang sepi sehingga Anda harus bekerja secara ekstra untuk memastikan Anda melakukan penjualan di hari tersebut.Selain itu, hal lainnya yang sulit untuk diprediksi adalah memahami keinginan dan kebutuhan pasar yang terkadang terus berubah dan tak jarang bergantung pada tren pasar yang sedang berlaku. Saking sulitnya memahami keinginan target pasar dan konsumen, selalu ada sana produk dagangan yang kurang laku meski telah ditempatkan di area yang mudah terlihat oleh konsumen sehingga mereka bisa lebih mempertimbangkan untuk membeli produk tersebut. Oleh karenanya, Anda perlu tahu beberapa strategi yang bisa membantu menjual produk dagangan yang kurang diminati oleh konsumen. 

  1. Ubah Strategi Pemasaran

Di dunia bisnis, suatu strategi belum tentu cocok dengan sebuah brand atau perusahaan. Hal ini bisa jadi karena perbedaan target pasar dan karakteristik pembelinya yang berbeda serta pengaruh dari faktor lain diluar kendali pelaku bisnis. Perbedaan inilah yang mendorong pelaku usaha untuk terus bereksperimen dengan strategi yang tepat untuk produk yang dijual serta karakteristik konsumennya.Salah satu strategi yang bisa Anda coba terapkan adalah mengubah strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik perhatian konsumen. Sebelum melakukan perubahan strategi pemasaran, sebaiknya Anda melakukan evaluasi terlebih dahulu mengapa produk ini kurang diminati oleh konsumen. Cara melakukan evaluasinya pun bisa dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan melihat dari jenis produk yang biasa dibeli oleh konsumen atau Anda bisa menggunakan cara lainnya yang lebih efektif dan bisa memberikan masukan mendalam terhadap evaluasi produk tersebut. Jika Anda telah membuat strategi baru namun tetap tidak memberikan hasil yang diinginkan maka Anda dapat membuat strategi pemasaran yang baru yang bisa lebih menyasar pangsa pasar produk Anda.

  1. Mengubah Display Toko

Jika mengubah strategi pemasaran dirasa sulit karena perhitungan atas profit dan biaya lainnya, Anda bisa mencoba dengan mengubah display toko. Tidak melulu hanya memindahkan produk yang kurang laku ke tempat yang lebih mudah dilihat oleh konsumen, mengubah display toko juga bisa berarti merombak seluruh tampilan toko jika Anda ingin mengubah suasana toko dengan yang baru atau dengan menambahkan aksesoris untuk mempercantik tampilan display agar lebih menarik mata dan mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli.Misalnya, produk dagangan yang kurang laku di toko Anda adalah minuman kesehatan. Anda bisa menambahkan gambar alam dan kata-kata yang emosional mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan manfaat dari minuman tersebut.

  1. Berikan Diskon Khusus

Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan diskon khusus untuk pembelian produk tersebut. Diskon merupakan salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Diskon yang diberikan pun bisa dalam bentuk yang bermacam-macam, seperti memberikan diskon yang besar, beli 1 gratis 1 atau dengan pembelian 2 produk terlaris Anda, konsumen akan mendapatkan 1 produk tersebut gratis. Hal ini dilakukan agar konsumen mencoba terlebih dahulu produk tersebut agar tahu apakah produk yang diberikan memiliki kualitas yang baik sehingga konsumen akan ketergantungan.

  1. Percantik Kemasan Produk

Terkadang salah satu faktor mengapa sebuah produk kurang diminati sesederhana karena kemasan produk yang terlihat kurang meyakinkan sehingga konsumen ragu untuk membelinya. Selain itu, faktor adanya pesaing yang menjual produk yang sama pun bisa mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli. Persaingan yang dinamis dan apabila berada pada industri yang sudah banyak digeluti oleh pelaku usaha lain, kita dituntut untuk menjadi lebih kreatif agar dapat menambahkan keunikan pada produk untuk menambah nilai dari produk tersebut dan menarik perhatian konsumen.


You Might Also Like