Ini 7 Sektor Penopang Ekonomi Indonesia Tahun 2024!

Sindhu Partomo
Sektor Ekonomi Indonesia 2024!

Daftar Isi


Bagaimana Ekonomi Indonesia di Tahun 2024?

Kondisi ekonomi nasional Indonesia di 2024 seperti penuh ketidakpastian. Pemerintah melalui situs resmi Indonesia.go.id, menetapkan target pertumbuhan ekonomi nasional antara 5,1% hingga 5,7%. Penurunan batas bawah pertumbuhan dari semula 5,3% menjadi 5,1% ini disebabkan oleh ketidakpastian global dan berbagai faktor risiko yang dianggap masih tinggi pada tahun 2024. Bahkan, beberapa lembaga internasional juga memproyeksikan melemahnya ekonomi global dan domestik pada paruh kedua tahun ini dan berlanjut pada tahun depan.

Kondisi global yang mengalami tekanan akibat lonjakan inflasi dan suku bunga ternyata ikut memengaruhi proyeksi perekonomian Indonesia. Ketidakpastian geopolitik di Eropa maupun Timur Tengah juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Di tengah ombang-ambing ekonomi dunia, apa saja sektor bisnis yang akan bersinar di 2024?

7 Sektor Penopang Ekonomi Indonesia Tahun 2024

  1. Pertanian dan Perkebunan

    Sektor pertanian dan perkebunan memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui peningkatan produksi dan ekspor komoditas pertanian seperti padi, jagung, karet, dan kelapa sawit. Pertumbuhan ini didorong oleh investasi dalam peningkatan produktivitas, teknologi pertanian, dan diversifikasi produk Nurrochmat, D. R. (2021). .

  2. Industri Manufaktur

    Sektor manufaktur berperan penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia melalui kontribusi terhadap produksi domestik, penyerapan tenaga kerja, dan nilai tambah yang tinggi (Siregar, H., & Indriani, Y. (2020). Peningkatan ekspor produk manufaktur, diversifikasi produk, dan peningkatan daya saing industri diharapkan menjadi pendorong pertumbuhan.

  3. Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

    Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui peningkatan kunjungan wisatawan domestik dan internasional, serta kontribusi terhadap penciptaan lapangan kerja dan pendapatan daerah. Pengembangan infrastruktur pariwisata, promosi destinasi wisata, dan pemberdayaan pelaku ekonomi kreatif menjadi faktor penting.

  4. Infrastruktur dan Konstruksi

    Pengembangan infrastruktur dan sektor konstruksi di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan produktivitas ekonomi melalui peningkatan konektivitas, efisiensi transportasi, dan peningkatan akses ke layanan dasar. Investasi dalam pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan, dan bandara diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

  5. Energi dan Sumber Daya Alam

    Sektor energi dan sumber daya alam memegang peranan penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui eksploitasi dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Peningkatan produksi dan ekspor komoditas energi seperti batu bara, gas alam, dan minyak bumi diharapkan dapat meningkatkan penerimaan negara dan kontribusi terhadap GDP.

  6. Teknologi dan Inovasi

    Sektor teknologi dan inovasi di Indonesia memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan investasi dalam riset dan pengembangan, penerapan teknologi digital, dan pengembangan industri kreatif. Pengembangan ekosistem startup, inkubator teknologi, dan peningkatan investasi dalam digitalisasi diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan inovasi ekonomi Indonesia.

  7. Pendidikan dan Sumber Daya Manusia

    Sektor pendidikan dan sumber daya manusia memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi Indonesia melalui peningkatan kualitas tenaga kerja, peningkatan akses pendidikan, dan pengembangan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Investasi dalam pendidikan formal, pelatihan kerja, dan pembangunan kapasitas sumber daya manusia diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Melalui pengembangan sektor-sektor utama ini, diharapkan Indonesia dapat mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif pada tahun 2024. Namun, penting untuk diingat bahwa implementasi kebijakan yang efektif, dukungan infrastruktur yang memadai, dan manajemen sumber daya yang baik akan menjadi faktor penentu dalam mencapai tujuan pertumbuhan ekonomi yang diinginkan.

Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang bisnis dan software penunjang bisnis, pelajari di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like