Ini Cara Mencatat Jurnal Penyesuaian dan Definisinya

ini_cara_mencatat_jurnal_penyesuaian_dan_definisinya

Bagi yang belum akrab dengan bidang Akuntansi pasti masih belum sepenuhnya memahami apa yang dimaksud dengan jurnal penyesuaian, bagaimana cara mencatatnya, dan contoh dari pencatatan jurnal penyesuaian itu sendiri seperti apa.Jurnal Penyesuaian merupakan sebuah jurnal yang pembuatannya dilakukan dengan cara mencatatkan perubahan yang terjadi pada saldo di dalam akun-akun tertentu agar menampilkan jumlah atau nilai yang sebenarnya sebelum lanjut ke tahap pembuatan laporan keuangan.Manfaat dari Jurnal Penyesuaian yang paling umum adalah menetapkan nilai saldo yang tercatat pada akun buku besar di akhir periode dan juga menghitung beban serta pendapatan yang dimiliki selama periode tertentu.

Pemahaman Jurnal Penyesuaian

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Jurnal Penyesuaian merupakan jurnal yang pembuatannya dilakukan dengan cara mencatatkan perubahan yang terjadi pada saldo dalam akun-akun tertentu untuk menampilkan nilai yang sebenarnya dari saldo akun tersebut.Pada umumnya, Jurnal Penyesuaian digunakan untuk melakukan penyesuaian yang ada dalam buku besar perusahaan pada akhir periode akuntansi untuk melakukan pencatatan atas beban dan pendapatan yang tidak diakui pada periode tersebut.Salah satu transaksi yang dicatatkan dalam Jurnal Penyesuaian adalah transaksi yang dimulai pada suatu periode akuntansi dan berakhir pada periode akuntansi berikutnya. Transaksi ini nantinya akan dicatatkan pada Jurnal Penyesuaian guna mengoreksi kesalahan laporan keuangan yang dibuat pada periode akuntansi sebelumnya.Fungsi lain dari Jurnal Penyesuaian adalah untuk melakukan perubahan atas transaksi tunai menjadi metode akuntansi akrual.Akuntansi akrual sendiri didasari oleh prinsip pengakuan pendapatan dimana pengakuan ini dilakukan ketika pendapatan didapat pada saat perusahaan memperolehnya, bukan pada saat perusahaan menerimanya sebagai kas.Contoh dari akuntansi akrual adalah seorang desainer gaun pernikahan memulai sebuah proyek membuat gaun berdasarkan keinginan pelanggannya yang membutuhkan waktu penyelesaian selama enam bulan. Namun, sang desainer tidak melakukan penagihan kepada pelanggan tersebut hingga gaun yang dipesan telah selesai dibuat.Sang desainer harus melakukan pencatatan jurnal penyesuaian yang dilakukan setiap akhir bulan sebagai pengakuan atas pendapatan ⅙ dari total jumlah tagihan yang akan diminta pada bukan keenam.

Fungsi dari Jurnal Penyesuaian

Pada hakikatnya, jurnal penyesuaian memiliki beberapa fungsi yang menjadi alasan mengapa diperlukan adanya penyesuaian pada akun-akun tertentu.

  1. Untuk memastikan nilai yang ada pada akun pendapatan dan beban menunjukkan situasi yang sebenarnya dan mengakui pendapatan serta beban tersebut pada periode akuntansi yang dimaksud.
  2. Memberikan proyeksi atas pendapatan dan beban yang sebenarnya pada periode akuntansi terkait.
  3. Memastikan jumlah saldo yang dicatatkan pada akun buku besar pada akhir periode agar saldo aset dan kewajiban mencerminkan jumlah yang sebenarnya.
  4. Agar pada akhir periode akuntansi, akun riil yang terdiri dari aset, kewajiban, dan modal menampilkan nilai yang sebenarnya.

Akun yang Perlu Dicatat pada Jurnal Penyesuaian

Ada beberapa akun transaksi yang harus dicatatkan di dalam jurnal penyesuaian setiap akhir periode akuntansi, diantaranya adalah:

  • Akun Perlengkapan: Akun ini perlu dicatatkan di dalam jurnal penyesuaian karena akan selalu ada pemakaian yang mengurangi nilai pada akun tersebut.
  • Akun Beban: Diperlukan adanya penyesuaian akibat beban yang sebelumnya belum terlihat atau transaksi yang belum menjadi beban.
  • Akun Pendapatan: Sama seperti akun beban, akun pendapatan juga perlu penyesuaian karena adanya pendapatan yang sebelumnya tidak diperhitungkan atau transaksi yang belum menjadi pendapatan. 
  • Akun Aset Tetap/Akun Aktiva Tetap: Diperlukan penyesuaian karena adanya aset atau aktiva yang mengalami penyusutan seiring berjalannya waktu.
  • Akun Pendapatan Dibayar di Muka: Penyesuaian pada akun ini diperlukan karena adanya pembayaran yang diberikan di awal oleh pelanggan.
  • Akun Beban Dibayar di Muka: Pada akun ini diperlukan adanya penyesuaian karena ada beban yang akan segera jatuh tempo.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun jurnal penyesuaian adalah:1. Jangan memasukkan kas ke dalam jurnal penyesuaian. Tujuan utama dari adanya jurnal penyesuaian adalah agar perusahaan dapat melakukan pencocokan atas pendapatan dan biaya yang dikeluarkan selama periode akuntansi tertentu. 2. Nilai pada akun debit selalu seimbang dengan akun kredit.3. Menyertakan akun neraca (aktiva, kewajiban, ekuitas) serta akun laporan laba rugi (beban dan pendapatan) dalam jurnal penyesuaian. Disertakannya kedua akun tersebut untuk memastikan tujuan pencocokkan atas pendapatan dan biaya di periode akuntansi tertentu bisa tercapai.

Langkah Mencatat Jurnal Penyesuaian

Pencatatan jurnal penyesuaian memiliki empat langkah yang harus dilakukan, sebagai berikut:1. Siapkan neraca saldo yang belum dilakukan penyesuaian2. Pastikan untuk menganalisis setiap akun pada neraca saldo yang belum dilakukan penyesuaian tersebut.3. Lakukan identifikasi informasi-informasi yang belum tertera4. Mencatat jurnal penyesuaian

Contoh Pembuatan Jurnal Penyesuaian

  1. Akun PerlengkapanPada akun perlengkapan Bhineka Home Appliances saldo yang tercatat sebesar Rp1.500.000 pada awal periode akuntansi. Namun di akhir periode, saldo pada akun perlengkapan berubah menjadi Rp150.000.Dengan adanya pemakaian pada akun perlengkapan selama periode akuntansi tersebut, dapat dihitung bahwa:Saldo awal sebesar Rp1.500.000 dikurangi dengan sisa saldo yang ada di akhir periode sebesar Rp150.000.Rp1.500.000 - Rp150.000 = Rp1.350.000Dari hasil perhitungan tersebut, pencatatan pada jurnal penyesuaian untuk akun perlengkapan (saldo berada pada debit) adalah:
TanggalKet.RefDebitKredit
Desember 2020Beban PerlengkapanRp1.350.000
      PerlengkapanRp1.350.000
  1. Akun Pendapatan Perusahaan Bhineka Home Appliances memiliki saldo pada akun pendapatannya sebesar Rp5.000.000. Pada akhir periode, saldo pada akun pendapatan menjadi Rp1.000.000 karena ada pesanan yang belum diberikan kepada pelanggan.Pendapatan yang belum menjadi pendapatan Bhineka Home Appliances adalah sebesar Rp1.000.000 karena ada pesanan yang belum dikirimkan ke pelanggan. Pada jurnal penyesuaian, kurangi akun pendapatan sebesar Rp1.000.000 dan posisikan saldo pada debit. Lalu, catat saldo senilai Rp1.000.000 tersebut pada akun pendapatan diterima di muka pada sisi kredit karena dikategorikan sebagai utang.Contoh jurnal penyesuaian yang harus dibuat adalah sebagai berikut:
TanggalKet.RefDebitKredit
Desember 2020PendapatanRp1.000.000
      Pendapatan diterima di mukaRp1.000.000

You Might Also Like