Ini Masalah Ekonomi Modern dan Solusi yang Dilakukan

ini_masalah_ekonomi_modern_dan_solusi_yang_dilakukan

Semakin berkembangnya zaman, permasalahan yang dihadapi pun akan berbeda dari masalah-masalah yang muncul beberapa tahun lalu. Zaman dimana semua serba digital dan mulai bergantung pada koneksi internet untuk mendorong perkembangan di berbagai macam sektor, terutama informasi, permasalahan yang mungkin beberapa tahun lalu dianggap rumit dapat diselesaikan dengan mudah dan lebih efisien saat ini.Seperti yang diketahui bahwa salah satu penggerak roda perkembangan suatu negara adalah ekonomi. Ekonomilah yang menjadi salah satu faktor penting apakah masyarakat hidup dengan baik atau tidak. Dengan adanya perubahan zaman, budaya, dan perilaku, masalah-masalah modern pun muncul di berbagai sektor dimana banyak dari masalah ini belum memiliki solusi yang konkret untuk menanganinya.Masalah-masalah modern ini juga tentu saja muncul pada sektor ekonomi, yang sering disebut dengan masalah ekonomi modern. 

Apa yang dimaksud dengan Masalah Ekonomi?

Sebelum lanjut membahas lebih detail mengenai apa saja yang termasuk ke dalam masalah ekonomi modern dan apa saja solusi yang telah dilakukan untuk menanganinya, kita perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan masalah ekonomi itu sendiri.Masalah ekonomi adalah semua jenis kesulitan atau problematika yang dihadapi oleh masyarakat yang berkaitan dengan ekonomi. Adanya perkembangan yang terjadi pada peradaban manusia di segala bidang dan sektor dari waktu ke waktu menghasilkan dua kategori permasalahan ekonomi, masalah ekonomi klasik dan masalah ekonomi modern.Yang dimaksud dengan masalah ekonomi klasik adalah masalah-masalah yang berkaitan dengan siklus perekonomian yang berbentuk lebih sederhana, contohnya seperti distribusi, produksi, dan konsumsi atas barang-barang dagang yang dihasilkan. Sedangkan untuk masalah ekonomi modern, permasalahannya tidak hanya sebatas produksi, distribusi, dan konsumsi, tetapi juga termasuk mencari cara bagaimana cara mendapatkan bahan baku untuk diproduksi dengan lebih mudah dan menghemat waktu.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Masalah Ekonomi

Baik masalah ekonomi klasik dan masalah ekonomi modern memiliki beberapa faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor ini pun juga turut ambil andil dalam perubahan kebijakan ekonomi yang diterapkan oleh pemerintah. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi masalah ekonomi:1. Sumber Daya AlamSepertinya sudah bukan rahasia umum lagi bahwa sumber daya alam menjadi salah satu faktor paling penting yang akan mempengaruhi perekonomian. Pasalnya, sumber daya alam berkaitan dengan bahan baku yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk dapat menjalankan bisnisnya. Tanpa bahan baku, tentu saja perusahaan yang berfokus menjual barang akan mengalami kesulitan mempertahankan bisnisnya.Pada masalah ekonomi modern, seiring dengan semakin bertambahnya jumlah populasi yang ada, membuat berbagai sumber daya alam semakin menipis dan akhirnya para pelaku usaha di beberapa sektor saat ini kesulitan untuk mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan.2. Sumber Daya ManusiaBisnis membutuhkan tenaga kerja. Meskipun bahan baku tersedia tetapi tidak ada tenaga kerja yang menjadikannya sebagai barang yang layak dijual, perusahaan pun tidak akan bisa berjalan. Masalah ekonomi modern yang paling terlihat saat ini adalah sulitnya mencari tenaga kerja yang ahli dan profesional sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Ketidaksesuaian keahlian yang dimiliki oleh sumber daya alam dengan permintaan keahlian yang dibutuhkan oleh perusahaan pun juga menjadi alasan mengapa banyak lowongan kerja yang belum terisi tetapi banyak juga pengangguran.3. Modal KerjaModal kerja dibutuhkan untuk melakukan proses produksi serta operasional bisnis secara keseluruhan agar dapat memenuhi permintaan konsumen dengan baik dan tepat waktu. Tanpanya, perusahaan pun tidak akan bisa bergerak. Namun, masalah ekonomi modern yang saat ini sedang melanda dunia dimana perekonomian sempat lumpuh dan melemah akibat pandemi membuat negara pun kesulitan untuk mengembalikan perekonomian seperti sebelumnya.4. Proses DistribusiMeskipun permasalahan ini bisa dilihat sebagai masalah ekonomi klasik dan dapat dibilang sederhana, namun proses distribusi pun hingga saat ini merupakan proses yang penting. Jika ada permasalahan distribusi, hal ini cukup berpengaruh terutama ketika barang yang didistribusikan adalah kebutuhan pokok.Keterlambatan atas pendistribusian ini bisa jadi dipengaruhi oleh faktor wilayah sehingga distribusi menjadi tidak merata.5. Tingkat KonsumsiPerubahan gaya hidup yang terjadi di masyarakat seiring berjalannya waktu mempengaruhi tingkat konsumsi yang dilakukan. Salah satu contoh masalah ekonomi yang terpengaruh oleh tingkat konsumsi konsumen adalah ketika tingkat produksi tinggi, namun tingkat konsumsi masyarakat rendah karena beberapa faktor lain.

Masalah Ekonomi Klasik vs Modern

Meskipun tidak ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya, namun masalah ekonomi terbilang lebih kompleks atau rumit. Hal ini dikarenakan, beberapa permasalahan ekonomi klasik sudah dapat diselesaikan atau diringankan oleh perkembangan teknologi yang ada saat ini.Baik masalah ekonomi klasik maupun masalah ekonomi modern, keduanya terhubung dengan siklus ekonomi. Berikut di bawah ini beberapa perbedaan di antara keduanya:Masalah Ekonomi Klasik

  • Proses produksi terus dilakukan sedangkan bahan baku sulit untuk didapatkan.
  • Proses distribusi produk tidak bisa dilakukan secara merata akibat wilayah yang sulit diakses, ketidakmerataan pertumbuhan masyarakat, dan moda transportasi yang masih sederhana.
  • Tingginya tingkat konsumsi masyarakat karena kebutuhan yang lebih sederhana. Oleh karena itu, kebanyakan dari masalah ekonomi klasik yang dialami salah satunya adalah nilai tukar mata uang yang dapat melemahkan daya beli masyarakat.

Masalah Ekonomi Modern

  • Kesulitan memperoleh bahan baku
  • Ketiadaan bahan baku alternatif atau pengganti
  • Produksi dilakukan dengan mengacu pada kegemaran masyarakat pada saat itu dimana hal ini bisa berubah-ubah sesuai dengan tren.
  • Inovasi produk
  • Keunikan produk
  • Target pasar
  • Persaingan antar pelaku usaha yang makin ketat
  • Kesulitan menentukan harga akibat terkendala oleh beberapa faktor produksi.
  • Tumbuhnya keberagaman dalam masyarakat sehingga menyulitkan pelaku ekonomi untuk menentukan target pasar mereka.
  • Ketidakmatangan rencana bisnis dapat mengakibatkan kegagalan pada bisnis.
  • Para pelaku ekonomi wajib mempelajari kebiasaan, tingkah laku serta kesukaan masyarakat agar dapat membuat produk yang diterima oleh target pasarnya.

Masalah Ekonomi Modern untuk Meningkatkan Bisnis

Masalah ekonomi modern dikategorikan ke dalam tiga masalah pokok, yaitu:1. (What) Apa yang akan diproduksi?Menentukan apa yang harus diproduksi merupakan salah satu masalah pokok yang harus dihadapi. Selain dikarenakan faktor sumber daya alam yang terbatas dalam menyediakan bahan baku, kesalahan dalam menentukan barang apa yang akan diproduksi akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan. 2. (How) Bagaimana cara memproduksinya?Jika pelaku bisnis telah menentukan apa yang ingin diproduksi, selanjutnya perlu dipikirkan bagaimana perusahaan memproduksinya. Cara produksi ini berhubungan dengan menyatukan berbagai faktor produksi untuk menghasilkan barang atau jasa yang diinginkan. Agar dapat menentukan cara yang terbaik untuk memproduksi barang atau jasa yang diinginkan, perusahaan perlu mempertimbangkan seperti aspek efisiensi. Pelaku bisnis bisa memilih cara produksi yang memakan sedikit biaya sehingga barang atau jasa yang dihasilkan bisa dihargai dengan relatif murah.3. (Whom) Untuk siapa barang atau jasa ini diproduksi?Yang terakhir ada peruntukkan dari barang atau jasa yang dihasilkan. Poin ini berkaitan erat dengan proses distribusi kepada target pasar. Singkatnya, pelaku bisnis harus menentukan barang atau jasa yang akan diproduksi akan dikirimkan dan dinikmati oleh konsumen yang seperti apa.


You Might Also Like