Inilah Fungsi Buku Besar dalam Akuntansi dan Cara Membuatnya

buku_besar_fungsi_dan_cara_membuat

Sebelum membahas perihal fungsi dan cara membuat buku besar, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa buku besar itu?Buku besar adalah salah satu tahapan dalam siklus akuntansi. Sebelum membuat buku besar, kita perlu menyusun jurnal terlebih yang kemudian hasil dari Buku Besar nantinya akan menjadi input serta landasan dalam menyusun laporan keuangan.Buku Besar juga disebut dengan general ledger. Besar kecilnya perusahaan akan mempengaruhi kebutuhan penggunaan jumlah buku besar. Ada yang hanya cukup menggunakan satu buku besar, ada yang perlu buku besar pembantu untuk transaksi utang, piutang.

Fungsi Buku Besar

Aktivitas dari membuat buku besar disebut dengan posting. Yaitu memposting keseluruhan pencatatan transaksi yang ada di jurnal ke dalam kolom-kolom kelompok akun yang terdampak aktivitas. Dari aktivitas ini, Buku Besar mempunyai fungsi antara lain:

  • Media meringkas dan mengelompokkan transaksi

Dalam aktivitas pembukuan baik jurnal umum atau jurnal khusus, pencatatannya berdasarkan kronologi tanggal transaksi. Oleh karena itu, aktivitas pemasukan dan pengeluaran serta perubahan saldo tiap akun tidak dapat diketahui. Dengan dilakukan posting, jurnal yang panjang berisi seluruh transaksi selama satu periode akan ringkas dalam pengkelompokan akunnya.

  • Mengetahui kondisi saldo akun

Dampak dari pencatatan yang ringkas berdasarkan pengelompokan akun memberikan informasi setiap akun tersebut memiliki saldo debit atau kredit. Semisal, setelah diringkas seluruh transaksi pengeluaran dan pemasukan kas dari pembukuan jurnal, maka akan diketahui besaran saldo dari akun kas.

  • Media melakukan updating akun

Buku besar menjadi sarana media untuk mengupdate kondisi akun sebuah perusahaan. Apakah mengalami penambahan atau justru pengurangan nilai. Hasil update didapatkan setelah seluruh transaksi debit-kredit diposting dan dihitung berapa saldo akhir akun setelah di update. 

  • Penyeimbang jumlah akun untuk posisi debit-kredit

Buku besar memuat semua akun yang digunakan perusahaan dalam penggolongan transaksi. Akun-akun tersebut mempunyai posisi Debit-Kredit sesuai dengan Prinsip Dasar Akuntansi (PDA). Apabila dalam memposting sesuai dengan akun serta PDA maka hasilnya dalam membuat laporan keuangan akan balance antara debit dan kreditnya.

  • Salah satu tahapan dalam siklus akuntansi

Dikatakan siklus artinya menjadi serangkaian yang tidak dapat dipisahkan dalam Akuntansi. Jika melewatkan proses pembuatan Buku Besar akan menyulitkan dalam menyusun maupun memvalidasi akun yang tidak terklasifikasi.Itulah fungsi dari membuat buku besar. Sebelum melanjutkan pembahasan bagaimana cara membuat buku besar, ada baiknya mengenal lebih dulu bentuk buku besar sebagai gambaran buku besar seperti apa yang nantinya akan dibuat.  

Bentuk Buku Besar

  1. Bentuk T

Seperti namanya bentuk T, buku besar ini menyerupai huruf T kapital. Garis tengah huruf T sebagai pemisah antara sisi kiri dan kanan. Dimana Kiri berfungsi mencatat seluruh nominal transaksi debit, sedangkan kanan mencatat seluruh transaksi kredit.

  1. Bentuk Skontro

Bentuk skontro yaitu membuat dua kolom dalam membuat buku besar. Pembagiannya adalah kolom sebelah kiri untuk mencatat detail transaksi debit, sedangkan kolom kanan untuk detail transaksi kredit.

  1. Bentuk Staffle Berkolom Saldo Tunggal

Jika dalam satu periode terjadi banyak sekali transaksi, membuat buku besar bentuk staffel berkolom saldo tunggal sangat direkomendasikan.Format bentuk staffel adalah dengan adanya kolom untuk informasi transaksi, posisi debit kredit, serta saldo transaksi apakah debit atau kredit.

  1. Bentuk Staffle Berkolom Saldo Rangkap

Secara garis besar fungsi dan format bentuk buku besar staffel berkolom saldo rangkap sama dengan berkolom saldo tunggal. Yang membedakan hanyalah pada kolom saldo dibagi lagi kolom untuk debit dan kredit. Itulah beberapa bentuk dari Buku Besar, pembahasan selajutnya adalah terkait cara membuat buku besar.

Tahapan Membuat Buku Besar

Untuk memudahkan memahami langkah membuat buku besar, perhatikan contoh dan langkah berikut ini:

  • Menyiapkan hasil pembukuan baik dari jurnal umum atau jurnal khusus yang telah dilakukan pencatatan selama satu periode akuntansi. 

Jurnal Umum

TanggalKeteranganRefDebitKredit
2021Jan, 5Persediaan Bahan Baku   Utang Usaha(Membeli kain Linen Rami pada UD Berkah)Rp. 2.250.000Rp. 2.250.000
  • Kemudian siapkan halaman buku besar sebagai media memposting keseluruhan transaksi di jurnal.
  • Mempersiapkan halaman buku besar tergantung dengan bentuk buku besar yang akan digunakan. Dapat berupa garis yang menyerupai T atau bentuk kolom skontro maupun staffel.
  • Buat garis atau kolom sesuai jumlah akun yang digunakan oleh perusahaan. Dalam tahapan ini menggunakan bentuk Staffel kolom bersaldo rangkap.
  • Beri informasi instansi, jenis laporan akuntansi (dalam format ini adalah buku besar) dan juga periode pembuatan buku besar 
  • Tulis nama akun pada sisi kiri setiap kolom berdasarkan urutan nomor akun pada bagian kanan kolom atas. 
  • Setelah semua nama akun dan nomor  akun ditulis, posting hasil pembukuan pada jurnal sesuai dengan akun yang berpengaruh dan juga posisinya berada pada debit atau kredit.
  • Dengan format staffel berkolom saldo rangkap maka data pembukuan yang akan posting dalam buku besar sebagai berikut:
    • Mengisi kolom tanggal berdasarkan kapan transaksi dilakukan.
    • Mengisi kolom keterangan sesuai dengan informasi transaksi pada jurnal. Dalam contoh jurnal di atas adalah kalimat yang diberi tanda kurung.
    • Mengisi kolom referensi berdasarkan sumber data posting. Dalam contoh inu berdasarkan Jurnal Umum.
    • Mengisi kolom Debit-Kredit sesuai dengan posisi yang ada di Jurnal Umum. 
    • Setelah kolom Debit-Kredit diisi, maka mengisi kolom saldo. Jika hanya ada satu transaksi, nominal di kolom Debit-Kredit langsung dipindahkan. Sedangkan jika lebih dari satu transaksi lakukan perhitungan terlebih dahulu.

Mengikuti langkah membuat buku besar menggunakan data jurnal umum di atas, maka hasil postingan buku besarnya sebagai berikut:Nama akun : Persediaan Bahan Baku.                                               No. Akun: 1.31

TanggalKeteranganRefDebitKreditSaldo
DebitKredit
2021Jan, 5Membeli Kain Rami pada UD BerkahJU2.250.0002.250.00

Nama akun : Utang Dagang.                                                                    No. Akun: 2.11

TanggalKeteranganRefDebitKreditSaldo
DebitKredit
2021Jan, 5Membeli Kain Rami pada UD BerkahJU2.250.0002.250.000

You Might Also Like