banner iklan

Jenis-jenis Software Akuntansi (Accounting Software) yang Umum Dipakai

jenis_jenis_software_akuntansi__accounting_software__yang_umum_dipakai.png

Kegiatan akuntansi adalah kegiatan vital dalam perusahaan. Segala pencatatan keuangan ditentukan dengan sistem akuntansi yang baik dan transparan. Tentunya, software akuntansi sangat diperlukan untuk menunjang kualitas kegiatan akuntansi baik di lembaga, organisasi, dan perusahaan.Terdapat beberapa software akuntansi terbaik dan umum dipakai di Indonesia karena kualitas serta fitur-fitur unggulannya. Software akuntansi ini pada nantinya akan sangat bermanfaat dalam dunia kerja sehingga proses menjadi lebih cepat, mudah, dan akurat.Beberapa accounting software yang umum digunakan seperti software akuntansi basis data, offline, cloud, hingga paket custom. Adapun beberapa contoh produk software akuntansi yang juga bisa Anda ketahui sebagai referensi misalnya,  Yuk, disimak!

Basis Data

Jenis software yang pertama adalah software akuntansi berbasis data atau juga disebut dengan Database. Karena berhubungan dengan database yang biasanya memerlukan infrastruktur penyimpanan mumpuni, maka hampir sebagian perusahaan besar menggunakan software jenis ini. Contoh dari software akuntansi basis data adalah Oracle dan SAP. Perusahaan yang hendak menggunakan software ini setidaknya harus memiliki database dalam ukuran besar dan didukung oleh sumber daya yang mumpuni seperti engineer dan konsultan. Tentunya, software akuntansi berbasis data memiliki keunggulan lebih dibanding software akuntansi lain seperti kemampuan untuk menangani tugas yang kompleks dan rumit. Selain itu, jaringan serta fungsinya yang luas diyakini mampu membantu perusahaan dalam mengelola kegiatan akuntansinya.

Offline/Instalasi

Sistem yang paling sering digunakan selanjutnya adalah sistem Offline/Instalasi yang mana penggunaannya sangat cocok untuk daerah dengan koneksi lambat atau terbatas. Perusahaan skala kecil dan menengah yang beroperasi di daerah-daerah dengan provider internet terbatas atau dengan infrastruktur jaringan yang belum baik, sangat disarankan untuk menggunakan software akuntansi offline. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa software akuntansi offline cocok untuk perusahaan baru seperti startup, UKM, maupun usaha mikro.. Keuntungan dari software jenis ini adalah kemudahan pemasangan serta hampir setiap akuntan pasti mampu menggunakannya tanpa perlu training khusus dan biaya mahal.

Online

Selanjutnya adalah software akuntansi berbasis online atau biasa disebut cloud. Software jenis ini memerlukan koneksi internet yang baik dan stabil karena hampir semua fitur-fiturnya, mengandalkan koneksi internet. Banyak perusahaan yang mulai beralih untuk menggunakan software akuntansi online karena fiturnya bisa digunakan dimanapun dan kapanpun melalui koneksi internet. Beberapa jenis perusahaan yang cocok untuk software akuntansi online adalah UMKM, Perusahaan Startup, hingga jasa konsultan. Biasanya, software akuntansi online lebih murah dengan keunggulan access dimana dan kapan saja. Cukup menghubungkannya dengan internet maka Anda bisa mengakses segala hal yang berkaitan dengan akuntansi perusahaan. Hanya saja, software ini tak dapat bekerja bila tidak tersambung internet, maka dari itu, diperlukan koneksi internet non-stop. Selain tiga jenis accounting software di atas, terdapat pula tiga jenis accounting software berdasarkan cara pembuatannya. Yuk simak ulasannya berikut ini,

Paket

Software akuntansi paket adalah software yang memang telah ditentukan sistemnya sehingga tidak dapat dimodifikasi atau diutak-atik. Software ini adalah produksi pabrik patent sehingga perusahaan diminta untuk menyesuaikan kebutuhannya dengan produk ini. Maka dari itu, sebagai kompensasi, software akuntansi ini cukup murah dan mudah digunakan.

Customize

Berbanding terbalik dengan software paket, accounting software customize bisa dimodifikasi dari keadaan awal oleh perusahaan. Tentunya, software ini bisa digunakan sesuai kebutuhan perusahaan dan modifikasi dapat dilakukan baik sebelum maupun sesudah dibeli dari software housenya. Keuntungan yang bisa di dapat dengan menggunakan software ini tentunya kenyamanan serta kemudahan karena bisa digunakan sesuai keinginan perusahaan. Namun, untuk memodifikasi software ini diperlukan dana yang tak sedikit lho!

Custom

Software akuntansi custom adalah software gabungan antara jenis paket dan customize. Artinya, software ini menggunakan modul standar yang lalu dimodifikasi sedemikian rupa sehingga perusahaan bisa menggunakannya dengan lebih mudah dan sesuai kebutuhan. Keuntungan penggunaan software akuntansi ini adalah mengurangi bagian yang mubazir. Hanya saja, software ini lebih rentan risiko karena dikembangkan sendiri dan kurang stabil.Contoh-contoh produk software akuntansi yang bisa kamu ketahui. Seperti EAS, Quick Box, MYOB dan Ukirama ERP.Nah, itu dia beberapa jenis accounting software yang biasa atau umum dipakai. Memilih software akuntansi memang tak sembarangan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, baik dari aspek biaya, sumber daya, hingga kebutuhan jangka panjang.Semoga dengan artikel ini Anda bisa menemukan software yang paling cocok dengan usaha Anda ya!


You Might Also Like