Jurnal penjualan: Pengertian, Jenis-jenis, Tips & Contoh Membuatnya

Jurnal_penjualan_Pengertian_Jenis_jenis_Tips _Contoh Membuatnya

Apa jadinya sebuah bisnis tanpa ada jurnal penjualan? Tentu saja perusahaan tersebut tidak bisa mengetahui dan melacak aktivitas bisnisnya secara pasti. Yang pada akhirnya akan menyebabkan perusahaan sulit mengevaluasi kinerja keuangannya. Padahal transaksi penjualan merupakan salah satu kegiatan utama perusahaan yang sering terjadi secara berulang dan juga rutin.Maka dari itu membuat jurnal penjualan sangatlah penting untuk dilakukan. Bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu hal yang wajib bagi seluruh bisnis, terutama bisnis manufaktur, perdagangan barang maupun jasa. Apa itu yang dimaksud dengan jurnal penjualan?

Pengertian jurnal penjualan

Jurnal penjualan adalah salah satu jenis jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat dan melacak transaksi penjualan barang/ jasa. Pencatatan transaksi penjualan yang dilakukan secara terperinci di jurnal penjualan memungkinkan untuk merampingkan buku besar. Nomor transaksi, nomor rekening, nama pelanggan, nomor faktur, dan jumlah penjualan biasanya disimpan dalam jurnal penjualan ini. Penting diketahui pula bahwa pada umumnya jurnal penjualan hanya digunakan untuk mencatat piutang dagang atau penjualan yang dilakukan secara kredit saja. Artinya transaksi secara tunai tidak dicatat di dalamnya karena transaksi tunai akan dimasukkan ke dalam jurnal penerimaan kas.Namun, pada kenyataannya masih banyak yang mungkin menggunakan jurnal penjualan ini untuk mencatat penjualan kredit juga tunai. Hal ini tentu bukan sebuah masalah. Yang terpenting adalah kita perlu menelusuri dan merinci setiap jenis transaksi yang terjadi dengan mengakses salinan faktur.

Jenis-jenis jurnal penjualan

Dari penjelasan di atas, kemudian secara umum jurnal penjualan dapat dibedakan menjadi dua (2) jenis, yaitu:

  1. Jurnal penjualan tunai

Jurnal penjualan tunai adalah pencatatan akuntansi untuk merekam penjualan secara tunai dimana pembayaran telah diterima dari pembeli pada waktu yang sama ketika barang diserahkan kepada pembeli.

  1. Jurnal penjualan kredit

Sesuai namanya, jurnal penjualan kredit ini adalah jurnal khusus yang dimanfaatkan untuk mencatat jenis transaksi penjualan secara kredit. Penjualan secara kredit akan dicatat sebagai debit piutang usaha atau piutang dagang.

Tips cara menyusun jurnal penjualan yang baik

Nah, di bawah ini merupakan sedikit tips dalam menyusun jurnal penjualan yang perlu Anda ketahui:

  • Yang pertama dan utama, pastikan Anda menyimpan setiap bukti transaksi yakni dokumen faktur sebagai bukti bahwa transaksi benar-benar terjadi. Apabila transaksi yang terjadi sesuai dengan faktur yang ada. Maka transaksi tersebut bukan fiktif belaka. 
  • Setelah itu, masukkan akun yang berpengaruh dalam transaksi ke dalam jurnal penjualan. Yaitu dengan memasukkan akun piutang usaha/ dagang ke dalam kolom debit dan akun penjualan pada kolom kredit. 
  • Kemudian pindahkan entri jurnal penjualan ke buku besar secara rutin. Biasanya pada setiap akhir bulan. Sedangkan pada akhir periode akuntansi, pindahkan entri jurnal penjualan ke dalam buku besar piutang usaha. 

Contoh pencatatan jurnal penjualan

Perhatikan contoh kasus berikut ini. Terdapat perusahaan yang menjual peralatan rumah tangga seperti lemari pakaian, sprei dan selimut, kursi, alat-alat kebersihan, dan lain sebagainya. Pada suatu waktu perusahaan kedatangan konsumen yang akan membeli sebuah lemari pakaian seharga 3 juta rupiah.Perusahaan harus membuat jurnal penjualan untuk melacak penjualannya. Dalam transaksinya perusahaan tersebut melayani pembayaran secara kredit, pembeli pun memilih termin 2/10, n/30. Lalu bagaimana penjualan tersebut dicatat dalam jurnal penjualan?Seperti yang telah kita ketahui di setiap buku akuntansi terdiri dari dua sisi yang berbeda yaitu sisi kredit dan sisi debit. Hal yang sama berlaku pada jurnal penjualan ini. Penjualan lemari pakaian akan mendatangkan uang sebesar Rp3.000.000 ke perusahaan. Penjualan ini akan dicatat disisi kredit. Sedangkan piutang usaha akan di sisi debit.Perusahaan biasanya juga mencantumkan nomor faktur yang dibuat urut secara kronologis. Selain itu, tergantung kebutuhan perusahaan juga dapat memiliki nomor identifikasi pelacakan untuk setiap produk yang berguna untuk membantu perusahaan menata inventaris. Saat persediaan menipis, perusahaan akan memesan terbaru dari pemasok. Untuk lebih jelasnya mengenai pencatatan jurnal penjualan dalam transaksi tersebut perhatikan tabel di bawah ini:

TanggalNo FakturNama PelangganSyarat PembayaranRefJumlah
Piutang (D)Penjualan (K)
20 April 2022011Dodi2/10, n/30Rp 3.000.000Rp 3.000.000

Penjelasan

Berikut penjelasan lengkap mengenai fitur masing-masing kolom yang terdapat dalam jurnal penjualan di atas:

  • Tanggal. Kolom ini berisikan tanggal terjadinya transaksi. Untuk menentukan tanggal jurnal, kita bisa melihatnya pada faktur.
  • Nomor faktur. Pada kolom ini diisi dengan nomor yang tertera pada faktur.
  • Nama Pelanggan. Kolom nama pelanggan atau biasa juga dinamakan kolom keterangan merupakan kolom yang berisikan pihak yang melakukan pembelian secara kredit kepada perusahaan.
  • Ref. Kolom ref atau referensi ini berisikan nomor referensi. Masing-masing perusahaan bisa menyesuaikan nomor referensi sesuai kebijakan dan kebutuhannya masing-masing.
  • Syarat pembayaran. Pada kolom syarat pembayaran, diisi dengan ketentuan pembayaran yang diwajibkan penjual kepada pembeli. Misalnya n/30, 2/10, 3/45.
  • Piutang dagang dan penjualan. Kolom ini berisikan jumlah nominal transaksi yang terjadi berdasarkan faktur dengan mendebet piutang dagang dan mengkredit penjualan.

Penutup

Itulah pembahasan singkat mengenai jurnal penjualan, jenis hingga contoh jurnal penjualan sederhana. Transaksi penjualan merupakan salah satu kegiatan suatu perusahaan baik itu perusahaan manufaktur, dagang maupun jasa. Tidak bisa dielakkan lagi, bahwa jurnal penjualan adalah komponen yang sangat penting untuk bisnis karena bisa digunakan untuk mencatat/ merekam dan melacak semua aktivitas penjualan yang berlangsung di perusahaan. Dalam pencatatannya, perusahaan harus bisa memastikan semua itu dicatat dengan baik, tepat, dan akurat. Yang menjadi permasalahannya kemudian adalah masih ada sebagian orang yang merasa kesulitan saat mencoba menyusun jurnal penjualan ini. Namun kini ada solusi praktis dan efisien yang bisa Anda pilih untuk mencatat jurnal penjualan dan membuat laporan keuangan lainnya yaitu menggunakan software akuntansi Ukirama ERP.Dengan Ukirama ERP, perusahaan bisa melakukan perekaman transaksi penjualan, pembelian, dll serta menghasilkan banyak jenis laporan keuangan yang bisa diakses secara cepat, mudah, dan akurat, kapan dan dimana saja.Tidak hanya itu, Ukirama ERP juga memiliki segudang fitur lengkap yang untuk membantu perusahaan dalam mengelola bisnis. Meliputi fitur  manajemen stok, akuntansi, reparasi hingga HRD. Penasaran? Silahkan hubungi kontak sekarang juga untuk mendapatkan penawaran uji coba gratis software bisnis Ukirama ERP yang sangat handal ini! 


You Might Also Like