Kaum Milenial yang Hobi Belanja Jangan Takut Kehabisan Uang! Ada 7 Peluang Bisnis untuk Kamu

kaum_milenial_yang_hobi_belanja_jangan_takut_kehabisan_uang!_ada_7_peluang_bisnis_untuk_kamu

Menjadi seorang pebisnis andal tidak harus menciptakan produk baru, tapi tentang memaksimalkan peluang yang sudah ada. Satu yang harus ada dari produk baru yang akan dipasarkan yaitu kemampuan mengatasi masalah yang menjadi persoalan banyak orang dari berbagai kalangan.Kaum milenial dianggap sebagai representasi generasi terbaru yang melek teknologi, yang mana selalu mengedepankan kepraktisan, terlebih saat ingin belanja. Dari kebiasaan ini, banyak peluang bisnis yang besar muncul seiring aktifnya generasi milenial belanja secara online. Lewat hadirnya teknologi, aktivitas menghasilkan uang serasa termudahkan. Terlebih karena saat ini semua aspek sudah terkait teknologi, kaum milenial dapat mengambil keuntungan dengan segala kepraktisannya. Terdapat banyak peluang bisnis yang dapat dieksplorasi dari situasi ini.

  1. Jasa Pembuatan Website

Website sudah menjadi kebutuhan utama di masa sekarang, terlebih untuk aktivitas yang berbau bisnis. Website memungkinkan suatu produk dapat diakses semua area di belahan dunia lain, terlebih platform semacam website semakin mudah dibuat daripada sebelumnya, dan dengan biaya terjangkau pula.Bermacam platform (perangkat lunak) dapat dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah website dengan desain antarmuka yang dinamis, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Dengan memanfaatkan platform gratisan saja, website bisa dibuat sedemikian cantik dan sudah layak dijadikan sebagai lapak bisnis.Setiap bisnis pasti memerlukan suatu wadah untuk menampilkan produknya, dan website menjadi cara alternatif yang paling banyak dipakai. Itu sebabnya, agensi jasa pembuatan website akan selalu laris karena tiap bisnis baru pasti akan membutuhkan dengan berbagai alasan.

  1. Affiliate Marketing

Sikap konsumtif kaum milenial bisa menjadi peluang besar untuk siapa saja yang dapat memanfaatkan celah. Misalnya saja, untuk mengakomodasi kebutuhan belanja kaum milenial yang cenderung tinggi, model usaha seperti affiliate marketing dapat dicoba untuk ikut mengais keuntungan.Affiliate marketing secara mudah dapat dimaknai dengan berbagi keuntungan. Sederhananya, jika mampu menjual produk, penjual akan memperoleh komisi berupa prosentase dari produk yang dijual. Besaran prosentase yang didapat penjual umumnya tergantung kebijakan pemilik produk.Metode afiliasi sebenarnya sudah banyak diadopsi perusahaan besar dengan berbagai skala produksi. Meski demikian, mengingat kebiasaan belanja kaum milenial yang cenderung meningkat, akan ada lebih banyak lagi industri dari berbagai skala yang semakin gencar menerapkan metode ini.

  1. Desain Grafis

Dunia bisnis semakin berkembang seturut permintaan konsumen. Logikanya, semakin banyak kaum milenial yang menghabiskan waktu dengan belanja, semakin banyak pula produsen baru bermunculan dengan produk spesifik guna memenuhi permintaan. Poinnya, produk baru butuh sentuhan baru.Desain grafis jelas akan menjadi industri yang banyak diminati kedepannya, khususnya desain produk kemasan. Setiap produk pasti ingin memunculkan satu ciri khas yang tidak ditemui pada produk lain dan desain kemasan menjadi media paling pas untuk memberi kesan ini pada konsumen.Dengan situasi yang semakin berkembang, kebutuhan jasa desain grafis pastinya meningkat tiap waktu. Dari bisnis skala kecil hingga perusahaan besar sekalipun, semua butuh desain grafis mumpuni yang nantinya ditempatkan dengan produknya demi menggaet atensi konsumen baru.

  1. Mentor

Kaum milenial nyatanya tidak hanya pandai belanja saja, pasti ada segelintir yang tertarik ikut terjun menjadi pelaku juga. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan menjadi ladang pemasukan yang bisa memberi keuntungan secara finansial dengan menyediakan tutorial menjual barang atau semacamnya.Bentuknya bisa beragam, dari cara termudah seperti menyediakan e-book, atau cara yang agak sedikit sulit lewat video. Jika memang punya kemampuan mumpuni dalam aspek komunikasi, tutorial secara langsung bisa diupayakan. Semua tentu punya keunggulan dan kelemahan masing-masing.Industri bisnis semacam ini sebenarnya sudah berjalan cukup lama di bidang lain, sehingga masih menyisakan ruang cukup lebar untuk siapa saja untuk ikut gabung. Satu catatan, harus ada perpaduan komunikasi yang cakap dan penguasaan materi di luar kepala jika ingin berkarir dalam bidang ini.

  1. Membuat Aplikasi

Setelah mempunyai website, bisnis akan lebih bisa dipercaya oleh konsumen jika mampu menyediakan aplikasi yang dapat diakses di berbagai platform sistem operasi. Aplikasi memiliki keunggulan dalam hal akses, yang mana pengguna hanya tinggal menyentuh ikon aplikasi untuk mendapat keterangan.Agak sedikit berbeda dengan website, yang mana pengguna harus membuka peramban (web browser) lebih dahulu dan menulis apa yang ingin dicari. Pada poinnya, aplikasi mempunyai banyak manfaat ke konsumen karena sudah tersimpan langsung di gadget sehingga membuatnya sebagai media komunikasi paling efektif.Bisnis pembuatan aplikasi semakin berkembang belakangan karena banyak industri membutuhkan aplikasi sebagai database perusahaan. Untuk yang mempunyai kemampuan di bidang pembuatan aplikasi, jangan sungkan untuk mengambil peluang besar yang ditawarkan kaum milenial ini.

  1. Berjualan secara Online

Kebutuhan agar selalu terhubung online menjadi latar belakang kenapa industri smartphone beserta powerbank dan semacamnya masih banyak peminat. Dengan berbagai alasan subyektif masing-masing, kaum milenial akan senantiasa mencukupi kebutuhannya sendiri dengan belanja online. Smartphone merupakan keharusan untuk kaum milenial. Tidak hanya sebagai alat komunikasi, fungsinya kini seolah berubah sebagai alat pendukung prestise dan kepercayaan diri. Itu sebabnya, jualan online produk smartphone masih menjadi primadona utama disusul produk fesyen.Beberapa jenis produk yang sudah disebut di atas sudah berubah peran menjadi kebutuhan primer, dan ada ketakutan jika tidak sampai terpenuhi. Artinya, terdapat peluang besar untuk siapa saja yang berniat jualan online dengan jenis produk gadget dan sejenisnya, juga produk fesyen.

  1. Marketing Media Sosial

Mempunyai kemampuan mengelola beberapa akun media sosial sekaligus menjadi kelebihan sendiri di masa sekarang. Berbekal kemampuan ini, siapapun dapat meraup untung dengan berperan menjadi admin. Atau jika ingin hasil lebih, cobalah berkarir menjadi tenaga marketing via media sosial.Kebanyakan e-commerce saat ini memulai usahanya lewat media sosial, berarti ada semacam kebutuhan personil untuk mengelola akun semacam ini. Dengan semakin eksisnya tradisi belanja yang dilakukan kaum milenial, kebutuhan untuk mengisi pos admin akan semakin banyak ke depannya.Yang menarik, karir semacam ini dapat dilakukan secara remote. Artinya, pemilik akun dan admin tidak harus bertemu tatap muka sehingga memberi fleksibilitas dalam aspek lokasi kerja. Dengan segala keunggulannya, media sosial menjadi wadah terbaik untuk memulai bisnis dan beriklan dengan sasaran tepat.


You Might Also Like