Kebiasan Unik 7 Orang Tersukses di Dunia

kebiasan_unik_7_orang_tersukses_di_dunia

Membangun kesuksesan butuh lebih dari keputusan pintar selama bertahun-tahun, baik secara profesional dan finansial. Tapi, menjadi sukses juga bisa didapat dengan menjaga kebiasaan tertentu. Tidak ada rumus pasti untuk menjadi sukses, dan karenanya setiap orang punya kebiasaan tersendiri.Sukses tidak terbatasi dengan tingkat IQ atau seberapa tebal akun bank yang dimiliki seseorang. Banyak orang sukses di dunia sering menerapkan cara yang tidak biasa untuk menjaga tingkat produktivitasnya. Beruntungnya Anda, beberapa kebiasaan yang dianggap tidak lazim bisa Anda praktekkan.

  1. Bill Gates: Membaca Sebelum Tidur

Sosok sukses seperti Bill Gates memiliki rutinitas tidak biasa sebelum tidur, yaitu membaca buku paling tidak satu jam. Ada bermacam buku yang dikonsumsi, mulai dari filosofi, biografi, fiksi, dan genre lain. Satu sebabnya, membaca merupakan asupan paling produktif daripada membaca media sosial.Membaca membantu Bill Gates mengetahui apa yang bisa dipelajari dari kesuksesan orang lain. Alih-alih terbawa suasana, buku yang dibaca justru bisa menjadi semacam motivasi yang selanjutnya berperan sebagai tuntunan. Membaca memberi mental map untuk melewati kesalahan yang umum dilakukan pemula.Membaca termasuk cara paling efisien untuk meningkatkan produktivitas dalam hal apapun. Sebabnya, pikiran akan menjadi terbuka untuk menerima ide atau gagasan baru dari perspektif yang berbeda. Inilah kenapa Microsoft yang dimiliki Bill Gates selalu berkembang dengan selalu merilis lini baru.

  1. Richard Branson: Bangun Lebih Awal

Bangun lebih pagi bukan merupakan kebiasaan yang mudah dilakukan. Tiap orang pasti memiliki teknik tersendiri supaya bisa bangun pagi. Di antara semua cara untuk bangun pagi, alarm bukan merupakan alat yang direkomendasikan untuk didengarkan pertama kali di pagi hari.Richard Branson, salah satu milyuner dunia, memiliki kebiasaan bangun pagi sedari awal menata karirnya. Pebisnis ulung ini mempunyai kebiasaan bangun pukul 5 am, untuk kemudian melakukan aktivitas tenis atau bersepeda. Satu manfaat penting, bangun pagi meningkatkan produktivitas hingga dua kali lipat.Dapat dimaklumi jika Virgin Group milik Richard Branson semakin berkembang, terutama dengan layanan maskapai penerbangan baru yang sudah menjangkau semua benua. Semua kesuksesan yang diraih Richard Branson bermuara pada satu hal sederhana, yaitu bangun lebih awal.

  1. Benjamin Franklin: Mencatat Kesuksesan dan Kegagalan

Ambil waktu sejenak untuk menulis ringkasan apa yang sudah dilakukan dalam satu hari merupakan kebiasaan produktif yang dilakukan Benjamin franklin. Setiap pukul 9 malam, bapak bangsa ini mengambil waktu sejenak untuk menjawab pertanyaan harian, ‘Apa yang sudah saya lakukan hari ini?’Catatan yang ditulis tidak berisi tentang keberhasilan semata. Sebaliknya, kegagalan juga masuk dalam catatan sebagai bagian evaluasi harian. Membuat rekap catatan dari aktivitas harian membantu menentukan prioritas esok hari, sehingga memberi tujuan jelas dan membuat roadmap yang jelas.Selain sebagai bahan pembelajaran, Benjamin Franklin menulis catatan kesuksesan dan kegagalan sebagai bagian dari tata kelola kehidupan. Lewat catatan personal ini, Benjamin menuai sukses sebagai pemimpin bangsa besar lewat sistem administrasi yang belum banyak dipraktekkan waktu itu.

  1. Barack Obama: Sarapan Pagi Dengan Keluarga

Di antara banyak kebiasaan baik yang dipraktikkan Barack Obama yaitu menyempatkan diri sarapan pagi dengan anggota keluarga. Inilah kebiasaan paling signifikan yang dilakukan bersama istri dan anaknya. Bahkan Barack Obama tidak jarang menyiapkan keperluan sekolah anaknya meski berstatus sebagai orang pertama negara adidaya.Selain sarapan pagi, presiden kulit hitam pertama ini juga menyempatkan diri makan malam bersama jika tidak mempunyai jadwal kunjungan ke negara lain. Dalam situasi seperti ini, Obama berusaha menyeimbangkan antara peran sebagai kepala keluarga dan kepala negara.Bisa jadi, inilah kebiasaan unik orang sukses yang jarang diketahui khalayak, bahwa harus ada keseimbangan antara dunia kerja dan pribadi. Kerja keras memang sudah menjadi keharusan, tapi harus dibarengi dengan memberi prioritas ke keluarga. Kunci utamanya yaitu keseimbangan waktu.

  1. Albert Einstein: Duduk-Duduk Seolah Termenung

Siapapun yang pernah menimba ilmu rasanya pasti pernah mendengar nama salah satu ilmuwan hebat ini, Albert Einstein. Barangkali yang belum banyak diketahui dari sosok ini yaitu terkait kebiasaan unik yang tidak banyak dibahas, bahwa Einstein sering menghabiskan waktunya dengan duduk seolah sedang termenung.Lokasi yang dipilih bisa di mana saja, termasuk di dekat jendela, pantai, dan tempat lain yang sekiranya dianggap nyaman. Yang menarik, acara duduk-duduk dilakukan saat hari kerja, bukan saat akhir pekan atau semacamnya. Tapi dari aktivitas yang demikian sederhana, banyak manfaat didapat Einstein.Seperti yang sudah banyak diketahui dari bermacam literasi, Einstein merupakan filsuf, penulis, juga ilmuwan bidang fisika. Dari kebiasaan ini, gagasan besar dimunculkan Einstein hingga mampu merubah dunia. Dengan menghabiskan waktu sendiri, Einstein mampu menemukan solusi dengan fokus pada satu pemikiran tertentu saja.

  1. Warren Buffett: Bermain Poker

Terdapat banyak pelajaran hidup yang penting untuk diketahui, salah satunya yaitu dari bermain poker. Kebiasaan yang demikian unik ini sudah dipraktikkan Warren Buffet setiap hari Senin sejak puluhan tahun lalu. Sebagai gambaran, Buffet rutin masuk tiga besar jajaran orang paling kaya di dunia.Buffet bermain poker bersama tiga orang rekannya di lokasi dan jam yang sama. Poker dipilih Buffet karena menyediakan gambaran besar tentang dunia bisnis, yang mana kesuksesan hanya bisa didapat dengan usaha keras, bukan dengan bertumpu pada keberuntungan semata.Buffet berpendapat jika sukses merupakan hasil kerja keras sepanjang waktu, kemudian memposisikan diri untuk sukses alih-alih hanya mengandalkan keberuntungan. Di antara nilai positif yang dapat diambil dari aktivitas bermain poker yaitu mengembangkan sikap tidak mau mengalah.

  1. Charles Darwin: Olahraga Pagi Hari

Banyak studi yang menjelaskan kaitan kesehatan secara fisik juga mental, dan dua aspek ini saling terkait satu sama lain. Charles Darwin sudah menyadari kaitan dua aspek penting dalam tubuh ini jauh sebelum studi secara kompleks dilakukan. Itu sebabnya, Charles Darwin rutin melakukan olahraga pagi hari. Darwin adalah tokoh yang dikenal lewat teori evolusi manusia, yang selanjutnya mampu mengubah persepsi manusia tentang sejarah penciptaannya. Tentu tidak mudah menghasilkan pemikiran yang sedemikian besar hingga mampu merubah pandangan umum.Olahraga rutin di pagi hari merupakan kebiasaan unik yang selalu dilakukan Darwin semasa hidupnya. Manfaat utamanya yaitu membuat otak menjadi lebih produktif. Dalam hal ini, Darwin memakai kombinasi unik, yaitu latihan otot saat pagi hari dan latihan otak saat malam hari.


You Might Also Like