Kelebihan dan Kekurangan Akuntansi Berbasis Akrual dan Contoh Cara Penerapannya

kelebihan_dan_kekurangan_akuntansi_berbasis_akrual_dan_contoh_cara_penerapannya

Pencatatan keuangan suatu perusahaan tentunya harus mengikuti atau menggunakan suatu basis tertentu yang disebut sebagai basis akuntansi. Basis akuntansi ini merupakan pilihan prinsip atau teknik akuntansi untuk menentukan periode pengakuan dan pengukuran suatu transaksi ekonomi dalam laporan keuangan. Artinya, setiap pilihan basis akuntansi pasti akan sangat berpengaruh pada informasi keuangan yang dihasilkan.Secara umum, dikenal dua jenis basis akuntansi yaitu basis akrual dan basis kas. Dalam artikel ini, secara khusus akan dibahas tentang akuntansi berbasis akrual. Apa itu akuntansi berbasis akrual?

Akuntansi Berbasis Akrual

Akuntansi berbasis akrual merupakan basis akuntansi dimana transaksi ekonomi dan aktivitas lainnya diakui, dicatat, dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadi transaksi tanpa melihat kas sudah diterima atau belum. Dengan kata lain, pencatatan transaksi tanpa memperdulikan kapan kas diterima dan kapan kas dikeluarkan. Oleh karena waktu pencatatan adalah tepat saat terjadinya arus transaksi, maka akuntansi basis akrual ini dianggap mampu menyediakan informasi paling komprehensif dan akurat. Selain itu, dengan menggunakan basis akrual aset maka kewajiban dan ekuitas mudah diukur.Terdapat 2 konsep yang menyertai akuntansi berbasis akrual yaitu pengakuan pendapatan dan pengakuan biaya.

  1. Pengakuan Pendapatan

Pengakuan pendapatan yang dimaksud dalam akuntansi basis akrual adalah saat perusahaan memiliki hak melakukan penagihan dari kegiatannya. Konsep akrual ini tidak begitu memperdulikan kapan kas benar-benar diterima. Namun, dalam konsep akrualnya akan muncul estimasi piutang tak tertagih karena penghasilan sudah diakui meskipun kas belum diterima.

  1. Pengakuan Biaya

Pengakuan biaya yang dimaksud dalam akuntansi basis akrual adalah pada saat kewajiban untuk membayar, meskipun biaya itu belum dibayar. Titik dimana adanya kewajiban pembayaran ini biasanya dianggap sebagai starting point munculnya biaya.

Kelebihan Akuntansi Berbasis Akrual

Dalam penerapannya, terdapat beberapa hal yang menjadi kelebihan dari akuntansi berbasis akrual ini, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menunjukkan Gambaran Pendapatan

Akuntansi berbasis akrual biasanya dipakai oleh perusahaan besar hingga pemerintahan. Hal ini tidak terlepas dari salah satu kelebihannya yang menganggap tidak begitu penting tentang waktu diterimanya pemasukan, melainkan pengakuannya sebagai pendapatan. Hal ini berarti meskipun kas belum diterima, tetapi sudah menunjukkan kondisi pendapatan.

  1. Sebagai Tolok Ukur Modal

Penerapan akuntansi berbasis akrual ternyata juga memiliki kelebihan berupa bisa dijadikan tolok ukur modal. Hal ini karena pencatatan dan penghitungan pemasukan dan pengeluaran kas akan mempengaruhi modal. Artinya, tambahan pemasukan bisa menjadi investasi yang merupakan tolok ukur modal perusahaan.

  1. Penerimaan dan Pengeluaran Langsung Diakui

Tidak bisa dipungkiri bahwa penerimaan dan pengeluaran adalah hal penting dalam laporan operasional. Hal tersebut lantaran penerimaan dan pengeluaran akan mempengaruhi kondisi keuangan perusahaan. Melalui akuntansi berbasis akrual, pendapatan langsung diakui saat terjadinya transaksi meskipun kas belum diterima. 

  1. Lebih Mudah untuk Pengukuran Aset, Kewajiban, dan Ekuitas

Akuntansi berbasis akrual juga lebih mudah digunakan untuk pengukuran aset, kewajiban, dan ekuitas dana dalam siklus akuntansi.

  1. Informasi Lebih Akurat

Oleh karena pencatatan dilakukan saat terjadinya transaksi, maka informasi yang diberikan dianggap lebih akurat, jelas, dan bisa dipercaya. Selain itu, beban juga artinya langsung diakui saat terjadi transaksi sehingga bisa lebih jelas untuk mengetahui pengurangan pendapatan perusahaan karena beban.

  1. Mengurangi Risiko Kerugian

Melalui akuntansi berbasis akrual, piutang tidak tertagih tidak akan dihapus secara langsung. Hal ini menjadikan metode penghapusan piutang tidak perlu lagi digunakan. Namun perlu diperhatikan pula bahwa contoh piutang tak tertagih akan dihitung dalam estimasi piutang tak tertagih. Oleh karena adanya pembentukan cadangan kas tidak tertagih inilah maka risiko kerugian bisa dikurangi. 

Kekurangan Akuntansi Berbasis Akrual

Selain beberapa kelebihan di atas, penggunaan akuntansi berbasis akrual juga memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan akuntansi berbasis akrual tersebut.

  1. Bisa Mengurangi Pendapatan

Meskipun dalam kelebihannya akuntansi berbasis akrual bisa mengurangi risiko kerugian, tetapi di sisi lain juga bisa mengurangi pendapatan. Hal ini lantaran biaya yang belum dibayarkan secara kas akan dicatat efektif sebagai biaya. 

  1. Risiko Pendapatan Tak Tertagih

Oleh karena pencatatan dilakukan saat transaksi meskipun kas belum masuk, maka akuntansi berbasis akrual ini berisiko mengurangi pendapatan karena adanya pendapatan tak tertagih.

  1. Pembentukan Cadangan Bisa Mempengaruhi Pendapatan

Akuntansi berbasis akrual juga memiliki kelemahan karena adanya pembentukan cadangan. Pembentukan cadangan inilah yang bisa mempengaruhi atau lebih tepatnya mengurangi pendapatan perusahaan.

  1. Entitas Tidak Mempunyai Perkiraan Tepat

Penggunaan akuntansi berbasis akrual menjadikan entitas tidak mempunyai perkiraan yang tepat kapan kas yang belum dibayarkan pihak lain bisa diterima oleh perusahaan.

  1. Bisa Mengakibatkan Penurunan Ekuitas

Penerapan akuntansi berbasis akrual juga bisa berakibat pada penurunan ekuitas. Hal ini adalah akibat dari penyusutan dan amortisasi.

  1. Biaya Administrasi Lebih Mahal

Akuntansi berbasis akrual juga dianggap memperbesar biaya administrasi. Hal ini lantaran prosedur administrasi dalam akuntansi akrual lebih rumit.

Contoh Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual

Agar lebih jelas pemahamannya, berikut adalah contoh sederhana dari penerapan akuntansi berbasis akrual.Contoh 1Pada Januari 2019, PT. X menerima pemasukan dari penjualan barang ke PT. Y sebesar Rp50.000.000 dengan pembayaran tunai. Lalu pada Februari 2019, PT. X kembali menerima pendapatan sebesar Rp20.000.000 dari PT.Y namun kali ini belum dibayarkan.Berdasarkan data di atas, maka cara pencatatan laporan keuangan menggunakan akuntansi berbasis akrual adalah sebagai berikut.PT.XLaporan Laba RugiBulan Januari-Februari 2019

JanuariFebruariTotal
PendapatanRp 50.000.000Rp 20.000.000Rp 70.000.000
BebanRp -Rp -Rp -
LabaRp 50.000.000Rp 20.000.000Rp 70.000.000

PT.XNeraca31 Januari – 28 Februari 2019

JanuariFebruari
Aktiva
KasRp 50.000.000Rp 50.000.000
PiutangRp -Rp 20.000.000
Total AktivaRp 50.000.000Rp 70.000.000
Utang dan Modal
Modal PemilikRp 50.000.000Rp 70.000.000
Total Utang dan ModalRp 50.000.000Rp 70.000.000

Contoh 2Perusahaan PT. X memiliki unit kegiatan jasa pelatihan dengan biaya Rp50.000.000. Pada Desember 2019, perusahaan melakukan pelatihan kepada klien namun pembayaran baru dilakukan pada Januari 2020. Dalam pelaksanaannya, PT. X tentu membutuhkan biaya seperti modul, sewa ruang, hingga sertifikat. Biaya itu harus dibayarkan ke supplier pada Desember 2019 dengan total biaya Rp20.000.000. Sedangkan gaji instruktur sebesar Rp15.000.000 bisa dibayarkan pada Januari 2020.Berdasarkan akuntansi berbasis akrual, maka pendapatan perusahaan pada tahun 2019 sudah termasuk dalam Rp50.000.000 dari penerimaan biaya pelatihan tersebut. Begitupun semua jenis biaya yang dikeluarkan merupakan beban pada tahun 2019, sekalipun biaya upah pelatihan baru dibayarkan pada Januari 2020.Maka, laporan laba rugi perusahaan menurut akuntansi berbasis akrual ini adalah sebagai berikut.PT.XLaporan Laba RugiPeriode 31 Desember 2019

Nilai
PendapatanRp 50.000.000
Beban
  Honor InstrukturRp 15.000.000
  modul, sewa ruang, dllRp 20.000.000
LabaRp 15.000.000

Demikianlah pembahasan seputar akuntansi berbasis akrual. Metode ini memang biasanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar hingga instansi pemerintahan karena dianggap lebih akurat. Oleh karena itu, pemahaman akan akuntansi basis akrual penting dimiliki terutama oleh para akuntan agar lebih mudah melakukan pencatatan.


You Might Also Like