Ketahui 6 Cara Meningkatkan Profit Bisnis Kue Kering Anda Jelang Lebaran 2023

Ketahui 6 Cara Meningkatkan Profit Bisnis Kue Kering Anda Jelang Lebaran 2023

Pasar bisnis kue kering Indonesia saat ini banyak dinanti-nantikan oleh pelaku usaha, apalagi saat ini sudah dekat dengan hari lebaran. Kita akan membutuhkan cara meningkatkan bisnis kue kering jelang lebaran. Seperti yang diketahui, menjelang hari lebaran, ada banyak permintaan bisnis yang berupa kue kering. Tentu saja ini menjadi peluang yang sangat besar untuk dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Namun, ada banyak juga pebisnis yang merasa kesulitan untuk mempertahankan maupun meningkatkan profitabilitas usahanya. Maka dari itu, sangat penting untuk menyusun strategi yang terbaik dalam mengatasi hal tersebut.

Inilah Cara Meningkatkan Profit Bisnis Kue Kering Anda Jelang Lebaran!

Bagaimana cara meningkatkan profit bisnis kue kering jelang lebaran? Sebenarnya, hal ini dapat kita lakukan dengan memperhatikan dari bahan baku kue kering yang seperti apa. Dimana ini akan menjaminkan keberhasilan bisnis nantinya saat berjualan. Anda dapat pesan bahan baku kue online melalui sebuah aplikasi penjualan bahan baku kue terbaik. Selain itu, ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan, yang mana anda bisa melihat pembahasannya berikut ini.

1. Berikan Kemasan Menarik

Memberikan kemasan menarik bisa menjadi salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan profit usaha kue kering anda. Kemasan yang terlihat rapi dan menarik menunjukkan kalau bisnis tersebut memperhatikan sedetail mungkin, termasuk kualitas produk yang ada. Pastikan juga anda menggunakan software terbaik untuk bisnis kue kering yang menguntungkan. Dengan adanya aplikasi terbaik untuk pembuatan kemasan kue kering, maka ini akan menciptakan daya tarik tersendiri bagi produk kue kering yang dijualkan oleh anda.Kemasan menarik biasanya akan memakan bahan yang terbaik, misalnya kotak kemasan tahan lama dan kuat. Selain itu, anda bisa menciptakan desain yang menarik untuk kemasannya, misalnya memberikan logo bisnis di kemasan dan membuat desainnya berbeda dengan kompetitor. Dengan adanya kemasan yang berdesain menarik dan juga informatif, pelaku usaha kue kering bisa membedakan produknya dengan produk yang dimiliki oleh pesaing di pasar. Bukan hanya itu saja, hal tersebut juga bisa membuat minat konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

2. Menjaga Kejujuran dan Integritas Bisnis

Menjaga kejujuran dan integritas bisnis adalah salah satu cara meningkatkan profit bisnis kue kering anda jelang lebaran. Cara ini sangat penting untuk dilakukan agar bisa membangun hubungan yang baik dengan konsumen dan bisa juga menjaga reputasi dari bisnis anda. Tak hanya itu saja, pelaku usaha juga harus memelihara transparansi bisnisnya sendiri. Misalnya memberikan informasi yang akurat mengenai produknya. Pemilik usaha kue kering harus memastikan tentang konsumen yang mendapatkan pelayanan terbaik dan terpercaya. Dalam hal ini, anda harus menghormati setiap hak pelanggan dan juga menangani apapun bentuk keluhan konsumen dengan tepat dan cepat.

3. Inovasi Produk

Cara meningkatkan profit bisnis kue kering anda jelang lebaran, penting untuk membuat inovasi produk sehingga dapat bersaing dengan pesaing di pasar yang makin ketat. Pastinya hal tersebut tidak lari dari bahan-bahan yang berkualitas terhadap kue kering tersebut sehingga dapat menjaminkan kenikmatannya. Misalnya, anda ingin membuat kue kering gluten-free, maka bahan baku yang perlu anda sediakan harus lengkap dengan pencampuran dalam bentuk adonannya juga harus pas. Dengan begitu ini akan membuat konsumen yang mencicipinya bisa mendapatkan pengalaman yang baru. Mulai dari sinilah, pelaku usaha harus berinovasi sehingga bisa menciptakan varian rasanya yang menarik dan unik bagi konsumen. Bukan hanya itu saja, inovasi produknya juga bisa dilakukan dengan menambahkan nilai tambah untuk produknya atau menciptakan produk kue kering yang bermanfaat bagi kesehatan. Kue kering yang ramah terhadap kesehatan tubuh menjadi salah solusi terbaik untuk konsumen yang ingin terus menikmati kuenya tanpa harus mengkhawatirkan masalah kesehatannya, misalnya penyakit gula yang dialami oleh konsumen dan lain sebagainya.

4. Membuat Rencana Pemasaran

Pelaku usaha dari kue kering perlu mengadakan rencana terhadap pemasaran yang sesuai dengan sasaran dalam memasarkan produk mereka. Rencana dari promosi yang baik bisa membantu untuk meraih banyaknya konsumen hingga meningkatkan omzet penjualan pelaku usaha. Dalam hal ini, ada 4 hal yang harus diperhatikan untuk kebutuhan rencana pemasaran bisnis anda. Berikut pembahasannya.

Pilih Media Pemasaran yang Tepat

Salah satu teknik dalam pemasaran kue kering yang baik dan benar adalah dengan memilih media promosi yang sesuai. Hal ini bertujuan agar rencana pemasaran bisa tepat pada target yang ingin dicapai. Anda dapat memilih media apa saja untuk pemasaran produk kue kering tersebut. Namun, pastikan media tersebut sesuai dengan apa yang anda jualkan hingga bisa menjangkau konsumen yang berpotensial. Beberapa media promosi yang bisa dipilih oleh anda adalah media online, media sosial, periklanan atau media cetak. Pilihlah sesuai dengan apa yang menjadi target pasar anda.

Memberikan Nilai Tambah untuk Produknya

Pelaku usaha perlu memperhatikan yang namanya nilai tambah produk yang dijualkannya. Hal ini bertujuan sehingga dapat membedakan produk yang anda miliki dengan produk apa yang sedang dijualkan oleh pesaing atau kompetitor anda. Itulah sebabnya nilai tambah pada produk anda sangat penting untuk diterapkan. Adapun nilai tambah yang bisa diberikan oleh anda, seperti kemasan menarik, cita rasanya yang unik dan berbeda dengan pesaing atau berikan keuntungan pada konsumen, misalnya program loyalty.

Pakailah Strategi Pemasaran yang Kreatif

Selanjutnya anda juga harus memperhatikan tentang penggunaan strategi pemasaran yang akan anda lakukan. Pebisnis yang terjun dalam industri ini juga harus menggunakan strategi pemasaran produk dengan kreatif sehingga bisa menarik perhatian dari banyaknya pelanggan. Sebagai contoh disini adalah anda bisa memberikan diskon atau penawaran khusus bagi konsumen yang membeli produknya dengan jumlah tertentu. Atau bisa juga dengan memberikan sampel gratis pada konsumen serta melakukan kerjasama terhadap influencer yang ada di social media sehingga bisa menarik banyak perhatian konsumen yang ada.

Identifikasi Target Pasar

Pemilik usaha yang berada di industri F&B, anda harus memahami tentang siapa target pasarnya. Entah itu mereka yang ingin meraih pasar lokal atau regional dan bahkan nasional. Tak hanya itu saja, pelaku usaha kue kering harus memahami tentang profil pelanggan yang sesuai dengan jenis kelaminnya, umur, hobi serta preferensi rasa.

5. Pahami Ilmu untuk Membuat Kue Kering

Selanjutnya, cara meningkatkan profit bisnis kue kering bisa dilakukan dengan memahami setiap ilmu dalam pembuatan kue kering. Seperti yang sudah dibahas, kita harus memperhatikan yang namanya bahan baku dalam pembuatan kue kering ini. Karena mulai dari situlah kita bisa menghasilkan kue kering kekinian yang dapat memanjakan lidah. Jika anda masih bingung untuk membeli setiap bahan-bahannya, maka anda dapat memanfaatkan salah satu aplikasi pembelian bahan baku kue online yang terbaik. Pengusaha dalam industri F&B kue kering, dimana ini akan tetap terus mempelajari mengenai ilmu-ilmu untuk membuat kue kering yang selalu dilihat dari permintaan pasar dan trend saat ini. Mungkin anda bisa menggunakan aplikasi industri F&B kue kering terbaik untuk mengembangkan ilmu tersebut. Yang pastinya ini akan mempengaruhi cita rasa dalam pembuatan kue kering anda.

6. Menjual Kue Kering dengan Model Konsinyasi

Yang paling terakhir dalam cara meningkatkan profit bisnis kue kering jelang lebaran adalah menjual kue kering dengan model konsinyasi. Dalam hal ini, anda akan membutuhkan sebuah software

akuntansi untuk konsinyasi atau mungkin perlu aplikasi akuntansi untuk bisnis kue kering. Perlu diketahui model konsinyasi merupakan strategi terbaik dalam meningkatkan penjualan hingga dapat mengurangi risiko terhadap stok yang tak terjual.

Dalam strategi ini, pelaku usaha tersebut tak perlu menyewa toko atau mungkin keluar biaya yang overhead mengenai kepemilikan toko itu sendiri toko sendiri. Tak hanya itu saja, pelaku usaha juga tak perlu membuang modal dalam pembelian stok kue yang besar, karena anda hanya perlu membuat stok yang sesuai dengan permintaan pasar. Menerapkan strategi ini, tentu saja keuangan bisnis anda akan menjadi lebih mudah dan efektif dalam pengelolaannya. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba dengan metode konsinyasi ini. Dengan demikian pembahasan yang mengenai cara meningkatkan profit bisnis kue kering anda jelang lebaran. Bisa disimpulkan kalau pembahasan diatas sangat penting untuk diperhatikan dalam mempertahankan dan meningkatkan profit bisnis anda. Apabila anda ingin memantau kondisi keuangannya, mungkin anda pantau keuntungan penjualan kue secara real-time dengan Ukirama ERP. Memiliki tampilan user friendly, yang pastinya membuat penggunaannya akan menjadi lebih mudah dioperasikan.

You Might Also Like