banner iklan

Ketahui 6 Tips Kelola Stok Barang Dagang Anda Untuk Persiapan Lebaran!

Ketahui 6 Tips Kelola Stok Barang Dagang Anda Untuk Persiapan Lebaran!

Sektor industri dalam negeri kini makin cemas terhadap hari raya lebaran yang hampir tiba. Mereka mengkhawatirkan tentang apa saja yang harus dilakukan untuk kelangsungan penjualan ketika hari lebaran tiba. Usaha kecil dan menengah (UKM) selalu bergantung pada pasokan bahan baku.Terutama dalam masa puncak dari pertumbuhan konsumsi, yaitu menjelang hari lebaran. Dan ini adalah salah satu tips kelola stok barang dagang anda untuk persiapan lebaran. Di momen lebaran, secara umum permintaan pelanggan pada produk akan melonjak drastis. Dengan begitu ini akan membuat setiap pelaku bisnis berbondong-bondong untuk meningkatkan kuantitas produksinya sehingga bisa mendapatkan keuntungan. Seperti yang sudah diketahui kalau penjualan di hari lebaran sangatlah besar.Inilah Tips Kelola Stok Barang Dagang LebaranBagaimana tips kelola stok barang dagang untuk persiapan lebaran? Pada umumnya, ini dapat dilakukan oleh anda dengan mempersiapkan beberapa strategi kelola inventory barang atau produk yang ingin anda jual pada konsumen.Membutuhkan aplikasi inventory barang terbaik dan dapat diandalkan. Selain itu, dalam pengelolaannya anda juga harus mempersiapkan tips kelola stok barang dagang lebaran. Jangan sampai lupa juga kalau produksi akan membutuhkan bahan pendukung yang ada. Lantas bagaimana tips kelola stok barang dagang anda untuk persiapan lebaran? Dalam pembahasan ini, telah tersedia 6 tips yang harus dilakukan oleh anda sehingga penjualan di hari lebaran dapat mencapai target. Coba anda simak pembahasan berikut ini.

1. Mempersiapkan Ruang Penyimpanan

Pasokan stok barang memanglah sangat penting untuk sebuah perusahaan. Pedagang yang menjualkan produknya pada konsumen harus memenuhi target yang ada. Dengan begitu ini akan mengamankan seluruh kegiatan dagangan perusahaan selama lebaran. Dalam tips kelola barang dagang anda untuk persiapan lebaran, yang paling penting dilakukan adalah sediakan ruang penyimpanan terlebih dahulu. Jangan dibiasakan memiliki produk dengan cara asal-asalan. Anda juga harus mempertimbangkan mengenai penyimpanan stok barang.Apabila masih baru membuka usaha, tentu saja ruang dari penyimpanan stok barang akan dibutuhkan meski tidak sebesar seperti apa yang anda bayangkan. Bisnis anda akan berkembang serta didatangi oleh konsumen ketika sudah memperluaskan tempat persediaan barang (inventory). Yang menjadi pertanyaannya disini adalah, apakah anda belum mempunyai budget agar bisa memperbesarkan gudang yang ada? Anda dapat mengakalinya dengan cara menghitung pesanan produk untuk dagangan anda nantinya. Dalam hal ini, anda harus menghindari pembelian sebuah jenis produk yang banyak. Dengan begitu, jenis produk lainnya bisa dimuatkan ke dalam pengelolaan inventory yang ada. Tentu saja ini adalah tips UKM sukses di bulan Ramadhan.

2. Sediakan Stok Produk Alternatif

Menyediakan stok produk alternatif sangat penting untuk diperhatikan oleh pedagang. Agar di hari lebaran proses penjualan anda dapat berjalan dengan baik tanpa kehabisan stok barang, atau mungkin berbagai macam masalah lainnya. Ini menjadi satu-satunya tips kelola stok barang dagang anda untuk persiapan lebaran atau mungkin beberapa hari raya lainnya. Menyediakan stok produk alternatif dapat menyelamatkan perusahaan yang anda miliki dari permasalahan penjualan produk perusahaan.Sebagai contohnya adalah distribusi produk mandek, tapi sayang sekali produk tersebut masih disukai oleh para calon konsumen atau pembeli perusahaan. Ini juga cara terbaik dalam pengendalian inventory atau gudang barang yang dimiliki oleh anda. Anda dapat memilih alternatif yang berkualitas dengan fitur dan fungsinya yang sama dengan beberapa stok produk yang laris manis. Cara ini juga sangat menguntungkan perusahaan itu sendiri jika dilakukannya dengan cara yang baik dan benar.Untuk contohnya, anda menjual sebuah pakaian lebaran yang dengan konsep A. Konsep A ini lebih cepat habisnya hingga anda harus lakukan pesanan grosir dengan cara yang lebih baik. Akan tetapi, sebagai alternatif dan antisipasinya, dimana anda jangan sampai kelupaan mengenai persediaan produk fashion lebaran dengan konsep B yang memiliki kualitas serta harganya bersaing dengan konsep A.

3. Lakukan Proyeksi terhadap Jumlah Stok

Perencanaan dari inventory akan membutuhkan yang namanya proyeksi keadaan usaha di masa yang akan datang. Nah sebagai salah satu tips terbaik yang wajib anda ikuti adalah anda dapat membuat yang namanya perkiraan stok barang untuk kebutuhan periode lebaran dan Ramadhan.Anda dapat menganalisanya dengan cara melalui keadaan ekonomi yang secara umum, keadaan dari sektor bisnis yang terkait, data inventory lebaran tahun yang lalu, data inventory tahun saat ini sebelum lebaran hingga potensi pasar yang ada pada saat ini. Hasil dari proyeksi yang ada dapat digunakan oleh anda dalam mengidentifikasi keperluan pasar serta menyusun rencana dari pengelolaan stok barang agar dapat menyediakan barang yang bisa memenuhi keperluan konsumen atau pelanggan.

4. Lakukan Penyusunan Rencana Pengelolaan Stok Barang

Dalam dunia bisnis UMKM , tentunya kita akan membutuhkan tips kelola stok barang dagang anda untuk persiapan lebaran. Yang mana anda harus melakukan penyusunan rencana pengelolaan stok barang. Dalam menentukan tentang kuantitas stok produk, biasanya pelaku bisnis akan mengalami kebingungan mengenai pilihan dari beban biaya yang tertinggi atau mungkin kehilangan kesempatan dalam meraih sebuah keuangan yang ditentukan.Pada hal yang sebenarnya, karena inventory menjadi suatu aset lancar. Yang mana akan memerlukan modal kerja agar bisa mendapatkan sejumlah barang yang dibutuhkan. Biasanya akan memakai strategi pertimbangan dengan melihat besaran investasi modal kerjanya yang telah dihitung dengan suatu modal saat ini. Hal ini akan dijadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan yang akan menyimpan inventory dengan jumlahnya yang sedikit.Mungkin anda dapat memanfaatkan yang namanya kelola inventaris secara mudah sehingga mendapatkan keuntungan di hari lebaran. Sebab, inventory yang berlebihan bisa menanggung modal kerjanya yang besar, pajak, asuransi, penyimpanan serta risiko kehilangan ataupun kerusakan. Begitupun dengan hal sebaliknya, anda bisa menyimpan stok barangnya dengan jumlah yang besar jika mempertimbangkan penjagaan serta meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, mengurangi biaya pesanan, mengurangi biaya dari transportasi dan lain sebagainya.Dikarenakan kekurangan stok produk bisa juga menyebabkan yang namanya kesempatan dalam memenuhi setiap pesanan pelanggan yang ada. Ini juga sudah termasuk dengan kekurangan terhadap material dalam memproduksi sehingga daya saing usahanya akan menurun. Pada intinya,  menyimpan persediaan barang dengan jumlah yang besar atau kecil menjadi salah satu keputusan bisnis yang paling penting dalam mendasari proyeksi yang lebih akurat dengan rencana pengendalian yang lebih matang. Dengan begitu, anda juga dapat mengelola persediaan barang dengan cara yang lebih efektif sehingga biayanya juga akan semakin efisien sebelum hari lebaran tiba.

5. Melakukan Pencatatan Gudang yang Akurat

Tips kelola stok barang dagang anda untuk persiapan lebaran atau tidak habis pada hari raya. Dimana anda akan membutuhkan yang namanya pencatatan gudang yang  lebih akurat pada barang-barang yang masuk maupun keluar dari inventory penyimpanan atau gudang penyimpanan.Dengan anda mempunyai data serta inventory perusahaan, maka anda dapat memegang kendali terhadap penentuan keputusan usaha. Mungkin anda dapat melakukan pencatatan yang akurat dengan software sehingga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan lebih cepat.

6. Menghitung Kembali serta Klasifikasi Stok Barang

Tips kelola stok barang dagang yang paling terakhir dan dapat anda lakukan adalah menghitung kembali persediaan dari bahan baku, stok barang dalam beberapa kategori, dan anda harus menjalankan strategi safety stock. Hal ini bertujuan agar bisa mempermudahkan pengelolaan inventory dengan ketahanan dari pasokan bahan bakunya sehingga dapat memenuhi permintaan pelanggan.Bukan hanya itu saja, anda juga harus mengelompokkan inventory yang terbagi dalam stok lama atau stok baru. Tujuannya agar bisa menghindar dari kerugian yang dikarenakan barangnya tak terpakai akibat masa berlakunya telah habis. Tipsnya anda dapat mengeluarkan yang namanya stok lama buat digunakan untuk produksi atau mungkin langsung dijual. Guna mempermudahkan pengelompokkan dari stok barangnya, anda dapat memakai

barang terbaik.Sesudah anda menghitung ulang serta klasifikasi inventory yang mungkin ada tambahan, maka hal selanjutnya anda harus melakukan yang namanya pengamanan stok. Hal ini hanya tergantung dari jenis bahan bakunya, yang mana akan diperlukan untuk proses produksinya. Dengan demikian pembahasan kita yang mengenai 6 tips kelola stok barang dagang anda untuk persiapan lebaran. Semoga setiap tips yang telah terbahas diatas dapat dimanfaatkan guna kebutuhan penjualan di hari raya lebaran.


You Might Also Like