Ketahui 7 Fungsi Penting Software Kwitansi Dan Invoice Untuk Bisnis Anda

Gambar Blog Ukirama Ketahui 7 Fungsi Penting Software Kwitansi Dan Invoice Untuk Bisnis Anda

Membuat kwitansi dan invoice dalam dunia bisnis tentu saja sangat familiar. Tentu saja anda pernah menemukan nya bukan terutama saat anda melakukan transaksi jual beli bahkan jual beli online sekalipun. Untuk menjalankan toko online, biasanya online shop akan membuatkan invoice untuk pelanggan ketika akan menagihkan pembayaran. Begitu juga jika anda memiliki usaha di bidang penjualan jasa, misalnya saja desain iklan. Saat proyek yang Anda kerjakan selesai, anda akan mengirimkan invoice untuk konsumen, dan konsumen akan meminta kwitansi ketika mereka melakukan pembayaran. Saat ini, telah banyak hadir software yang menawarkan jasa aplikasi kwitansi gratis yang beberapa diantaranya dapat Anda install melalui google Play Store. 

Apa Yang Dimaksud Aplikasi Kwitansi? 

Kwitansi adalah bukti tertulis bahwa sesuatu yang anda serah Terima kan atau sesuatu yang berharga telah di transfer / diberikan dari pihak satu ke pihak lainnya. Kwitansi biasanya digunakan sebagai transaksi bisnis. Sebelumnya, kwitansi biasa dibuat secara manual oleh para pelaku bisnis dengan cara mengirimkan kertas setelah pembayaran diterima dengan melalui kantor pos. Namun, pada saat ini para pelaku bisnis dapat melakukan pengelolaan kwitansi secara digital. Anda dapat menggunakan software kwitansi online dengan cara yang mudah, yaitu dengan anda tidak perlu mengirimkan kertas karena transaksi dapat direkam secara digital dan kwitansi dapat dikirim melalui email atau aplikasi sejenisnya. Dapat dikatakan, aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama, hanya saja pengerjaan dan pendistribusian nya yang berbeda. 

Fungsi Penting Software Kwitansi Dan Invoice Untuk Bisnis

Dengan aplikasi digital dalam pembuatan kwitansi dan invoice, memberikan banyak manfaat bagi pelaku bisnis. Manfaat dan fungsi tersebut dapat berupa materi maupun non materi, berikut diantaranya:

  • Mempercepat Proses

Dalam melakukan proses pembuatan kwitansi dan invoice, anda tidak perlu lagi bergantung pada tim keuangan karena dengan memiliki software kwitansi dan invoice, sebagian pekerjaan sudah dikerjakan secara otomatis, hanya perlu mengklik nya lewat komputer atau laptop, maka kwitansi dan invoice tersebut akan terkirim ke konsumen. Tentu saja proses ini sangat cepat bukan? 

  • Menghemat Biaya

Secara Otomatis, proses ini dapat memangkas biaya operasional yang harusnya akan lebih besar dikeluarkan oleh perusahaan termasuk dalam proses pencetakan dokumen fisik, bahkan biaya pengiriman dokumen tersebut. Dengan menggunakan software, akan lebih memudahkan proses bisnis anda nanti nya. 

  • Meningkatkan Efisiensi Dan Produktivitas Karyawan

Manfaat lainnya adalah tim keuangan dan accounting dapat mengalihkan waktu dan tenaga mereka untuk melakukan pekerjaan lain yang lebih strategis dan benar benar diperlukan. Proses ini tentu saja akan menjadi lebih efisien, dan produktivitas karyawan pun akan lebih meningkat.Dan tentu saja hal ini akan memberikan manfaat yang lebih baik untuk perkembangan perusahaan ke depan nya. 

  • Meningkatkan Kepatuhan Proses

Setiap perusahaan tentu saja memiliki SOP ( standar operasional prosedur) yang harus dipatuhi. Dengan adanya aplikasi kwitansi dan invoice secara online, pengelolaan SOP akan lebih terluka arah. Karena, sistem akan menolak proses invoice atau kwitansi yang diminta oleh konsumen jika ada prosedur yang terlewat atau belum dijalani. 

  • Proses Pembukuan Akan Lebih Akurat

Dengan menerapkan software ini, perusahaan akan dapat lebih meminimalisir kesalahan yang mungkin saja akan dibuat oleh tim akuntansi dan penginputan, karena biasanya komputer akan lebih sedikit terjadi kesalahan. Hal ini akan sangat berguna dalam mengurangi resiko yang tentunya akan lebih sulit dikendalikan oleh perusahaan di kemudian hari. Dengan begitu, proses bisnis akan lebih lancar dan bebas hambatan bukan? 

  • Menjalin Hubungan Kerjasama Yang Lebih Baik

Fungsi penting software ini yang terakhir adalah memudahkan perusahaan dan konsumen dalam melakukan penagihan serta pembayaran setiap bulan nya. Proses pembayaran pun akan menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan dengan beberapa klik saja. Dengan begitu, konsumen juga akan membayar tagihan tepat pada waktunya, dan konsumen pun akan lebih percaya kepada perusahaan sehingga tidak akan telat membayar tagihan. 

  • Dokumen Bisnis Akan Lebih Terorganisir

Yang terakhir, anda tidak perlu khawatir lagi mengenai dokumen kwitansi atau invoice yang mungkin saja terselip atau hilang, karena dengan software tersebut, anda dapat mencetak ulang apa saja dokumen yang anda butuhkan, hanya dengan mendownload dan mencetak nya, tentu saja akan lebih memudahkan user. Selain itu, anda juga dapat mengunduh file tersebut dan menyimpan nya pada perangkat komputer atau laptop, sehingga minim sekali resiko kehilangan yang dapat anda temukan. Sebagai pengelola bisnis, tentu saja anda akan mengharapkan keuntungan yang lebih baik untuk kedepannya bukan? Hal ini tentu saja berguna untuk sistem penagihan yang lancar serta laporan keuangan yang lebih akurat untuk ke depan nya. Kemajuan teknologi membawa kemudahan di berbagai sektor kehidupan, tanpa terkecuali untuk mendukung kebutuhan penagihan bisnis anda. Biasanya, pembuatan invoice dan kwitansi kerap kali akan menghabiskan banyak waktu, terlebih lagi jika ada data yang tidak sinkron dan berakhir dengan selisih nya laporan keuangan di akhir bulan, dari 7 fungsi penting software kwitansi dan invoice yang telah kita bahas di atas, laporan keuangan yang anda buat akan real time sehingga jika terjadi kesalahan atau selisih dapat anda temukan di awal waktu tanpa harus menunggu akhir bulan. 

Rekomendasi Aplikasi Kwitansi Online

Hadirnya aplikasi invoice dan kwitansi secara digital memberikan banyak dampak positif dari perkembangan teknologi di bidang ekonomi. Aplikasi kwitansi digital saat ini sudah banyak digunakan oleh pengusaha kecil, menengah hingga perusahaan besar. Aplikasi pembuatan invoice dan kwitansi ini dinilai mampu mempermudah proses pencatatan dan akuntansi bisnis. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, banyak pihak mulai tergiur untuk menggunakan aplikasi kwitansi digital tersebut. Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi kwitansi online yang menawarkan kemudahan untuk para penggunanya. Akan tetapi, anda perlu lebih cermat dan teliti lagi sebelum memilih nya, agar terhindar dari aplikasi ilegal yang merugikan anda kedepannya.Berikut rekomendasi aplikasi pembuat kwitansi dan invoice online untuk bisnis yang dapat anda coba:

  1. Ukirama ERP

Aplikasi Kwitansi digital dari Ukirama ERP dapat mempermudah anda mengelola keuangan serta bisnis anda dengan banyaknya fitur yang tersedia, diantaranya adalah fitur laporan keuangan, fitur kelola stok persediaan barang, pencatatan invoice penjualan bahkan rekonsiliasi bank dan transaksi lainnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat menghemat biaya, waktu, serta energi karena data keuangan dan bisnis yang perusahaan anda miliki akan diproses dengan sangat baik. Selain itu, Aplikasi ERP kwitansi Ukirama juga dapat memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan dengan lebih praktis dan akurat. Dengan menggunakan aplikasi pembuat kwitansi digital dan invoice, ternyata dapat membuat perusahaan anda lebih dipercaya di mata konsumen, hal ini tentu saja dapat meningkatkan branding perusahaan dan customer akan merasa ia dilayani dengan sangat hormat.  Minat konsumen untuk mengenal dan membeli produk barang atau jasa yang anda tawarkan juga akan meningkat.  Oleh karena itu, pilihlah aplikasi kwitansi online dan invoice yang tepat dan terbaik untuk perusahaan! 

  1. Receipt & Invoice 

Lewat aplikasi receipt & invoice ini, anda dapat dengan mudah membuat invoice dan kwitansi. Hanya dengan sekali klik, invoice dan kwitansi dapat anda kirimkan, terdapat fitur untuk mengirim secara berulang dan dengan jadwal otomatis yang juga dapat anda gunakan. Selain itu, pada receipt & invoice memiliki fitur yang user friendly, yang invoice dan kwitansi nya bahkan dapat disimpan dengan berbagai format excel dan juga pdf. Anda juga dapat menambahkan logo serta nama perusahaan disini, bahkan kolom tanda tangan pada salinan kwitansi juga tersedia disini. 

  1. Invoice Maker & Billing App

Aplikasi jenis cash receipt ini juga sangat banyak direkomendasikan oleh para pengguna nya, karena memiliki fitur yang memadai. Aplikasi online ini dapat digunakan untuk membuat invoice, kwitansi, dan juga purchase order. Cara pembuatan nya pun cukup mudah, karena user hanya perlu menginput item dan selanjutnya menggunakan template yang sudah disediakan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu anda untuk mengetahui rincian penjualan anda, termasuk data produk dan barang yang terlaris. Invoice Maker & Billing App juga dapat memberikan data hutang konsumen melalui fitur nya. Sangat menarik bukan? 


You Might Also Like

Hubungi kami via whatsapp