Ketahui 8 Modul Penting Yang Ada Pada Software ERP

Gambar Blog Ukirama Ketahui 8 Modul Penting Yang Ada Pada Software ERP

ERP adalah kepanjangan dari Enterprise Resource Planning yaitu suatu model sistem informasi yang memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan proses bisnis nya. ERP adalah sistem terpadu yang digunakan dan dipakai oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh kegiatan bisnis dan sumber daya perusahaan. Penggunaan sistem ERP ini, akan memudahkan perencanaan hingga pengelolaan semua sumber daya perusahaan yang tersedia. Dengan adanya sistem ERP, seluruh divisi dapat saling terhubung pada satu sistem yang sama. Hal ini akan memudahkan perencanaan dan pengelolaan antara divisi Satu dan lainnya. 

Manfaat ERP Software Bagi Bisnis Anda

Pernahkah anda berpikir mengapa saat ini banyak perusahaan dan bisnis mencari solusi ERP? Dan apa yang mereka butuhkan? Mereka tidak akan mempertimbangkan untuk memakai software ini jika software ini tidak memiliki  keuntungan untuk perusahaan mereka. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan perangkat lunak ERP di perusahaan anda:

  • Mengoptimalkan Efisiensi

Aplikasi ERP adalah aplikasi yang berfungsi untuk menyederhanakan berbagai aktivitas operasional yang mungkin saja memakan banyak waktu dan tenaga. Tugas tugas kompleks yang biasanya dilakukan secara manual seperti pemantauan kinerja karyawan, penggajian, pembuatan laporan keuangan, dan lainnya dapat dilakukan secara otomatis melalui sistem ERP. Dengan berkurangnya pengerjaan manual, maka tim akan lebih fokus untuk pekerjaan mereka dan tidak mengganggu tim lainnya dengan bertanya setiap saat. Misalnya saja saat divisi lain membutuhkan data, maka mereka dapat melihat sendiri melalui sistem ERP yang saling terintegrasi ini. 

  • Meningkatkan Kolaborasi

Kolaborasi dan kerjasama yang baik antar setiap divisi perusahaan merupakan hal yang paling krusial dan diperlukan dalam bisnis. ERP yang saling terintegrasi akan membuat karyawan dapat saling berhubungan melalui satu sistem yang sama. 

  • Menghemat Biaya Operasional

Penerapan sistem ERP pada bisnis anda juga akan sangat membantu dalam menghemat biaya operasional perusahaan. Karena sebagian besar aktivitas operasional akan dilakukan secara otomatis melalui sistem, maka berbagai hambatan dan kendala dapat diantisipasi dengan baik. Pekerjaan juga akan semakin lebih cepat sehingga akan mengurangi beberapa biaya yang seharusnya dikeluarkan, misalnya saja tagihan faktur yang dapat perusahaan kirimkan melalui ERP tanpa harus mengeluarkan biaya pengiriman pos. 

Modul Penting Yang Ada Pada Software ERP

Setelah mengetahui apa itu sistem ERP, kini anda perlu mengetahui mengenai modul-modul penting yang mungkin saja anda perlukan dalam menjalankan proses bisnisnya. Perusahaan sangat memerlukan software ERP terbaik di Indonesia untuk mengoptimalkan operasional bisnis nya. Tapi, perlu anda ketahui bahwa setiap sistem ERP akan memiliki modul yang berbeda juga dan cara kerjanya pun akan berbeda. Perusahaan sendiri akan membutuhkan modul ERP yang sangat berguna penting untuk proses bisnisnya. Setiap modul akan menyesuaikan kebutuhan industri perusahaan agar modul dapat bekerja secara maksimal. Aplikasi ERP yang digunakan harus mampu terintegrasi untuk dapat menyelesaikan setiap masalah yang ada pada perusahaan. Dan perusahaan yang telah menggunakan sistem ERP ini akan mampu berkembang menjadi semakin pesat dari sebelumnya. Anda akan mendapatkan efisiensi serta produktivitas pada setiap kegiatan operasional perusahaan melalui beragam modul ERP yang software tawarkan. Modul modul ini juga lah yang dapat menjadi solusi utama untuk segala proses operasional yang akan lebih efektif. Berikut beberapa modul ERP yang wajib anda ketahui:

  1. Modul Accounting Management

Adalah jenis modul ERP yang mengelola manajemen akuntansi dan manajemen keuangannya. Karena kedua manajemen ini menjadi sangat penting bagi setiap perusahaan karena akan mengelola berbagai transaksi akuntansi seperti arus kas, pembayaran utang piutang hingga laporan keuangan. Fitur fitur yang ada dalam modul ini diantaranya adalah manajemen tagihan ( billing), manajemen aset dan penyusutan nya, manajemen pajak, manufaktur, laporan analisis keuangan, mata uang asing, dan lainnya. 

  1. Modul Financial Resource Management

Merupakan  modul keuangan yang menyediakan proses bisnis keuangan dan analisis laporan keuangan perusahaan. Adapun yang ditawarkan oleh fitur nya dalam modul ini adalah laporan keuangan perusahaan, laporan aset tetap, laporan investasi dan penyusunan anggaran perusahaan. Pada perusahaan manufaktur sendiri terdapat manajemen kas, biaya operasional pabrik, biaya produksi akuntansi, hingga perencanaan proses bisnis. 

  1. Modul Purchase & Sales Management

Modul pembelian dan penjualan merupakan modul yang penting bagi perusahaan retail, grosir, serta manufaktur. Maka dari itu, modul ini akan membantu perusahaan untuk mengelola barang pembelian dan penjualan ke pemasok. Dengan modul ini, pengeluaran biaya perusahaan akan dapat lebih terkontrol dan barang yang akan dibeli sesuai dengan spesifikasi yang konsumen minta. Sehingga tidak terjadi kesalahan dalam proses pembeliannya. Sebelum melakukan pembelian barang, sebaiknya perusahaan juga harus mengetahui perkiraan biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, modul ini akan sangat berguna agar proses bisnis perusahaan tetap terkendali. Perusahaan juga akan dapat melakukan pengelolaan data prospek dan pelanggan, pemantauan siklus penjualan, penjadwalan follow up ke prospek, pembuatan dan penawaran faktur, dan pembuatan laporan penjualan. 

  1. Modul Manufacturing Resource Management

Pada ERP ini, modul ini berfungsi dalam kegiatan proses bisnis manufaktur yaitu meliputi perencanaan proses produksi, pengaturan rute produksi, pengelolaan anggaran biaya produksi yang akan dikeluarkan, pemantauan stock bahan baku dan barang jadi yang akan dipasarkan, hingga proses akhir pengemasan barang produksi. 

  1. Modul Human Resource Management

Pada modul sistem HRM online ini, perusahaan akan sangat terbantu untuk pengelolaan SDM mereka secara lebih efisien. Fungsinya berupa pengelolaan informasi karyawan, pelacakan jam kerja dan kehadiran, penggajian, pengelolaan pajak karyawan, proses rekrutmen karyawan baru, demosi serta promosi karyawan, hingga penilaian kinerja karyawan. Pada intinya, melalui modul ini maka perusahaan dapat lebih dimudahkan dalam pengelolaan sumber daya manusia nya. 

  1. Modul Supply Chain Management

Sejatinya, setiap perusahaan membutuhkan pengelolaan sistem manajemen inventaris digital, tak terkecuali pada perusahaan manufaktur. Pada modul ini, akan membuat perusahaan dapat mengelola manajemen inventaris secara baik. Fitur-fitur yang ditawarkan diantaranya manajemen inventaris, manajemen pelacakan logistik, pengiriman barang produksi dan lainnya. Online Supply Chain Management adalah salah satu modul ERP yang sangat penting bagi perusahaan manufaktur, karena akan memberikan perusahaan visibilitas ke seluruh rantai pemasok dari awal hingga selesai proses. 

  1. Modul Warehouse Management

Dapat disebut juga sebagai sistem manajemen gudang, modul ini merupakan salah satu modul penting bagi perusahaan retail dan manufaktur. Karena modul ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola operasi harian gudang, mengurus pesanan barang, memantau pekerjaan gudang, hingga menyediakan informasi stock barang yang real time. Sistem manajemen inventaris online sangat dibutuhkan perusahaan untuk mengelola stok barang serta aset inventaris di gudang. Fitur fitur yang ada pada modul ini diantaranya pelacakan dan perpindahan stok barang, audit inventaris, prakiraan barang inventaris yang tersedia, pengemasan barang, manajemen pemasok, hingga manajemen pengiriman barang. 

  1. Modul Project Management

Yang terakhir adalah modul manajemen proyek. Modul ERP ini biasanya digunakan oleh perusahaan konstruksi dan teknik permesinan. Selain itu, modul ini juga memiliki fungsi membuat perencanaan proyek, mengatur anggaran untuk setiap proyek, mendistribusikan tugas, membuat tagihan ke klien dan lainnya. Modul ERP ini dapat memudahkan perusahaan untuk merencanakan proyek, serta mengatur alokasi budget tiap proyek. Fitur yang akan di dapatkan diantaranya : perusahaan akan mendapatkan laporan laba rugi untuk setiap proyek, dapat menganalisis pengeluaran proyek, apakah menyesuaikan dengan budget atau tidak, serta pengecekan riwayat penagihan sehingga tidak terjadi kesalahan penagihan pada proyek yang sedang dikerjakan. Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan berbagai tipe aplikasi ERP terbaik di Indonesia dengan software terbaiknya. Sebaiknya anda memilih ERP yang dapat memfasilitasi semua fungsi bisnis yang anda butuhkan mulai dari akuntansi, keuangan, manufaktur, penjualan dan pembelian serta yang lainnya. Karena jika anda masih menggunakan software yang berbeda dan tidak saling terintegrasi di setiap divisi nya, hal ini tentu saja akan lebih sulit dan proses bisnis menjadi lebih lama. Dan jika anda sudah menggunakan ERP yang saling terintegrasi, proses bisnis akan cepat dan mudah sehingga perusahaan akan lebih cepat berkembang. 


You Might Also Like