Ketahui Apa Itu Capital Account (Akun Modal) dan Contohnya

ketahui_apa_itu_capital_account__akun_modal__dan_contohnya

Satu lagi istilah perlu Anda ketahui dan pahami agar dapat mengoperasikan bisnis Anda dengan lancar. Beberapa pebisnis mungkin sudah mengetahui istilah yang satu ini, tetapi tidak menutup kemungkinan masih banyak pebisnis yang masih bingung apa yang dimaksud dengan Capital Account atau Akun Modal. Tak dapat dipungkiri bahwa penjelasan dan pengertian Capital Account memiliki arti yang cukup sulit untuk dipahami bagi orang awam apabila Anda mencoba untuk mencari tahu pada mesin pencarian. Oleh karena itu, mungkin penjelasan di bawah ini akan sedikit membantu Anda dalam memahami yang dimaksud dengan Capital Account (Akun Modal).

Apa itu Capital?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai arti dari Capital Account atau akun modal, tidak ada salahnya untuk mempelajari sesuatu dari dasar untuk memperkuat pengetahuan yang telah dimiliki.Capital atau modal merupakan aset dan uang tunai yang dimiliki oleh suatu bisnis atau perusahaan. Modal disini bisa jadi berupa uang tunai, peralatan atau piutang, tanah maupun bangunan. Selain itu juga modal bisa mewakili akumulasi dari kekayaan yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan tersebut, atau juga besaran investasi dari pemilik dalam bisnis tersebut.

Definisi Capital Account (Akun Modal)

Yang membingungkan dari penjelasan Capital Account adalah definisi dari dua sudut pandang yang berbeda, yaitu dari sisi makro ekonomi internasional dan juga akuntansi perusahaan.Capital Account atau juga Akun Modal atau yang juga dikenal sebagai neraca modal, dalam makro ekonomi internasional, merupakan bagian dari neraca pembayaran yang mencatat semua transaksi yang dilakukan entitas atau lembaga atau perusahaan di satu negara dengan entitas di seluruh dunia. Transaksi-transaksi yang tercatat pada neraca modal ini meliputi kegiatan impor dan ekspor barang, layanan, modal, dan sebagai transfer pembayaran seperti bantuan dari luar negeri serta pengiriman uang.Sedangkan dalam akuntansi, akun modal menunjukkan kekayaan bersih suatu perusahaan atau bisnis pada titik waktu tertentu. Akun modal juga dikenal sebagai ekuitas pemilik untuk kepemilikan perseorangan atau ekuitas pemegang saham untuk perusahaan, dan biasanya dilaporkan pada bagian bawah neraca.Selain itu, akun modal atau Capital Account pada akuntansi juga merupakan akun buku besar yang pada umumnya digunakan untuk melakukan pencatatan atas kontribusi modal dan laba ditahan pemilik. Jumlahnya sendiri biasanya merupakan kumulatif dari pendapatan yang didapatkan oleh perusahaan tersebut sejak perusahaan didirikan, yang kemudian dikurangi dengan dividen kumulatif yang harus dibayarkan kepada para pemegang saham. Pencatatan ini akan dilaporkan di bagian bawah neraca perusahaan pada bagian ekuitas. Dalam kepemilikan perseorangan, maka pada bagian ini akan disebutkan sebagai ekuitas pemilik. Sedangkan dalam perusahaan maka akan disebut sebagai ekuitas pemegang saham.Pada neraca perusahaan, ekuitas biasanya akan dipecah menjadi saham biasa, saham preferen, tambahan modal disetor, laba ditahan, dan akun saham treasury. Semua akun ekuitas tersebut memiliki saldo kredit alami terkecuali saham treasury yang memiliki saldo yang sedari awal telah tercatat pada sisi debit. Untuk saham biasa dan saham preferen akan dicatat sesuai dengan besaran nilai nominal dari total saham yang dimiliki oleh para pemegang saham.Dengan kata lain, akun modal atau Capital Account pada perusahaan menunjukkan nilai dari berapa banyaknya hutang yang dimiliki oleh perusahaan kepada para pemangku kepentingan, dalam hal ini pemilik bisnis dan pemegang saham.Tergantung dari ukuran serta tingkat kompleksitas bisnis Anda, kemungkinan Anda perlu memiliki beberapa akun modal. Jika Anda merupakan seorang pelaku bisnis atau memiliki perusahaan, maka Anda perlu untuk memiliki akun laba ditahan seperti yang telah disebutkan diatas bahwa pada akun laba ditahan ini, akun menunjukkan penghasilan kumulatif dari bisnis Anda sejak perusahaan dibentuk. Selain itu juga angka pada akun tersebut harus dikurangi dengan pendapatan kumulatif dari dividen yang telah dibayarkan oleh perusahaan kepada para pemegang sahamnya.

Tipe Pemilik Bisnis yang Memiliki Akun Modal

  • Penyusunan akun modal pemilik bisnis tergantung dari bidang usaha yang digeluti. Apabila bisnis atau perusahaan tersebut memiliki pemilik tunggal yang memiliki 100% kepemilikan dalam bisnis, maka akun modal yang terlampir akan ditampilkan di neraca bisnis sebagai “[nama pemilik] akun modal”.
  • Pemilik bisnis dengan bentuk mitra seperti partnership atau kemitraan dan anggota perseroan terbatas pun juga memiliki akun modal, dimana orang-orang tersebut berkontribusi dalam bentuk modal yang diberikan ke dalam bisnis atau perusahaan pada saat pertama kali bergabung dan berinvestasi pada bisnis tersebut. Pada struktur kepemilikan dengan cara kemitraan ini, pembagian keuntungan dan kerugian mitra biasanya ditentukan oleh perjanjian kemitraan dan berdasarkan dari besaran modal yang mereka tanamkan di bisnis.
  • Pemegang saham di dalam suatu perusahaan yang memiliki saham kepemilikan. Para pemegang saham ini membeli saham dan mendapatkan dividen berdasarkan jumlah saham yang dimiliki. Selain itu juga mereka memiliki hak suara berdasarkan kepemilikan saham tersebut.

Apa Saja Yang Masuk Dan Keluar Dari Akun Modal Pemilik Bisnis?

Setiap pemilik bisnis, kecuali perusahaan yang berbentuk korporasi, memiliki akun modal yang biasanya ditampilkan pada neraca sebagai akun ekuitas. Kata lain dari ekuitas adalah kepemilikan. Adapun akun modal atau Capital Account akan ditambahkan atau dikurangi dari beberapa hal berikut dibawah ini:

  1. Akun ditambahkan ke/oleh kontribusi dari pemilik bisnis yang mungkin diberikan pada saat awal bergabung dengan perusahaan atau memulai perusahaan. Bisa juga kontribusi yang nantinya akan diminta atau diputuskan oleh pemilik.
  2. Akun tersebut juga kemudian ditambahkan atau dikurangi pada setiap akhir tahun fiskal atau keuangan. Hal ini untuk mengetahui atau memperlihatkan bagian dari pemilik individu atas pendapatan bersih yang dihasilkan atau kerugian bisnis.
  3. Akun tersebut juga dikurangi dari setiap distribusi yang diambil oleh pemilik untuk penggunaan pribadinya.

Contoh Akun Modal

PT Karya Maju BaktiLaporan Perubahan EkuitasPer 31 Desember 2020

Modal Awal (1 Desember 2020)Rp 5.000.000.000
Penambahan:
      Setoran PemilikRp 200.000.000
      Laba Setelah PajakRp 85.000.000
      Total PenambahanRp 285.000.000
Rp 5.285.000.000
Pengurangan:
      Prive PemilikRp 50.000.000
      RugiRp 62.000.000
      Total Pengurangan(Rp 112.000.000)
Modal (pemilik) akhir periodeRp 5.173.000.000

You Might Also Like