banner iklan

Ketahui Apa Saja Indikator Laporan Keuangan Perusahaan

ketahui_apa_saja_indikator_laporan_keuangan_perusahaan

Sebelum membahas indikatornya, Sebenarnya apa itu laporan keuangan? Seberapa penting perannya dalam pembangunan negara? Mari kita bedah satu – persatu mulai dari pengertian laporan keuangan menurut PSAK no 1 (2015:1), “Laporan keuangan adalah penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas”. Menurut Khasmir (2013:7), “Secara sederhana pengertian laporan keuangan adalah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan saat ini atau periode kedepannya.Dapat disimpulkan bahwa pengertian laporan keuangan terdiri dari beberapa lembar kertas yang berisi angka – angka yang tertulis sesuai dengan PSAK (Peraturan standar akuntansi yang berlaku), laporan keuangan ini kumpulan dari beberapa laporan yang menjadi satu yaitu laporan neraca, laporan laba rugi, laporan ekuitas, laporan arus kas dan CALK yang   mencakup media informasi tentang sumber, alokasi, pendanaan perusahaan dll. Untuk itu biasanya orang yang membuat laporan keuangan ini harus benar – benar ahli dalam bidang ini, untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam laporan keuangan.Berdasarkan pengertian laporan keuangan diatas, menunjukkan peran penting dalam pembangunan negara. Bisa dilihat suatu negara pasti memiliki penggolongan industri berdasarkan sektor yang dimiliki, artinya setiap sektor industri pasti akan menerbitkan suatu laporan keuangan yang berguna bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya terhadap sektor tersebut. Nah, semakin banyak investor yang menanamkan modalnya akan meningkatkan kinerja perusahaan tersebut dan menghasilkan lebih banyak pendapatan yang digunakan untuk kebutuhan negara sehingga masyarakat dapat ikut merasakan prasarana umum yang disediakan oleh negara untuk rakyat. Dapat dikatakan para investor maupun perusahaan ikut berkontribusi dalam pembangunan negara. Laporan keuangan menjadi sangat penting bagi para keuangan global dan masyarakat terutama para manajer perusahaan untuk dapat mengevaluasi seberapa besar tingkat keberhasilan yang telah berjalan, dan sebagai sarana pengambilan keputusan mengenai cara terbaik untuk meningkatkan atau bahkan mengembangkan perusahaan di masa depan. Meskipun begitu para investor harus paham tentang jenis – jenis laporan keuangan karena setiap jenis laporan berbeda namun saling berkaitan dengan lainnya serta pelajari indikator laporan keuangan.  Indikator – indikator laporan keuangan perusahaan sebagai berikut:

  1. Sebagai kartu catatan skor (Scorecards)

Ketika anda memutuskan untuk berinvestasi dalam bidang apapun, perhatikan catatan skor atau laporan keuangan dan skor dalam mata uang yang didapatkan. Karena berbisnis bukan sekedar mengutamakan keuntungan melainkan skor yang harus didapatkan yaitu aset, aliran kas, dan hasil investasi. Untuk mendapatkan informasi yang akurat, berkualitas dengan melihat neraca yang solid, keuntungan bagus, dan aliran kas yang positif. Ditekankan untuk para investor pelajari lebih dalam dunia laporan keuangan dan melihat peluang dari tren kondisi ekonomi dalam setiap tahunnya mengalami perubahan seperti; industri dan pertimbangan kompetitif, kekuatan pasar, perubahan teknologi, dan kualitas manajemen dan tenaga kerja tidak secara langsung tercermin dalam laporan keuangan perusahaan, sehingga dapat meminimalisir kebangkrutan disebabkan kesalahan dalam memilih industri. Untuk para industri diharapkan transparan, akurat, benar dalam menerbitkan sebuah laporan keuangan sehingga nilai perusahaan bisa dinilai dengan baik.

  1. Manfaat laporan keuangan

Laporan keuangan ini menjadi media informasi yang amat penting bagi investor dalam menilai apakah perusahaan tersebut dapat dinyatakan sehat atau tidak, artinya sehat disini mengenai kondisi secara keseluruhan perusahaan. Umumnya investor dalam menganalisis nilai investasi adalah balance sheet, income statement, cash flow statement, shareholders’ equity, untuk retained earning ini jarang digunakan.

  1. Memahami setiap angka dalam laporan keuangan

Cobalah untuk lebih detail memahami makna dari setiap angka dalam laporan keuangan, untuk setiap angka yang tertulis menggambarkan kondisi perusahaan secara real, angka – angka ini menjadi acuan para investor dalam menganalisis diharapkan dengan indikator keuangan ini dapat mempermudah analisis investasi. Posisi laporan keuangan perusahaan yang tercatat dalam laporan keuangan dapat dipengaruhi salah satunya oleh estimasi dan penilaian manajemen. 

  1. Dua konvensi akuntansi yang penting

Pencatatan laporan keuangan menggunakan standar prinsip-prinsip akuntansi  yang telah diterima secara umum berdasarkan generally accepted accounting principles (GAAP). Berdasarkan konsep dasar akuntansi secara umum, diharapkan para investor dapat memahami setidaknya dua konsep akuntansi yaitu biaya historis dan akuntansi. Menurut GAAP, aset dapat  dinilai secara benar dengan melihat harga pembelian (historical cost) yang berbeda secara signifikan dengan harga pasar saat ini. Penerimaan pendapatan dapat dicatat ketika barang atau jasa diterima serta biaya-biaya dicatat sesuai kejadian tersebut. Pendapat ini kurang tepat berdasarkan aktual penerimaan dan pencairan uang tunai sehingga  cara memahami laporan arus kas  menjadi sangat penting.

  1. Rasio dan Indikator Finansial

Angka - angka tidak terbatas dalam laporan keuangan nilainya kecil untuk menganalisis investasi. Angka-angka tersebut harus dilakukan perubahan agar dapat menilai kinerja dan kondisi keuangan perusahaan.  Jenis - jenis rasio  dan indikator yang dihasilkan harus melihat dalam periode jangka panjang agar dapat mencerminkan tren. Diketahui bahwa ukuran-ukuran penilaian keuangan sangat berbeda dalam industri, ukuran, dan tahap perkembangan perusahaan. 

  1. Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

Angka-angka dalam laporan keuangan belum dapat mencerminkan semua standard tuntutan transparansi yang diwajibkan oleh otoritas. Pemahaman secara mendalam mengenai tentang  catatan atas laporan keuangan  paling penting untuk mengevaluasi keadaan dan kinerja keuangan perusahaan dengan benar. Investor senior yang tahu benar tentang investasi hanya mempertimbangkan investasi di perusahaan dengan menggunakan laporan keuangan sudah diaudit seperti disyaratkan dalam semua perusahaan publik. Opini auditor terhadap laporan keuangan terdapat dua yaitu jika opini yang bersih, laporan keuangan tersebut dianggap telah sah, benar dan sesuai dengan standar akuntansi. Namun, jika opini pengecualian terhadap laporan keuangan artinya ada masalah terjadi dalam keuangan perusahaan. Indikator kinerja yang menyusun kinerja proses (performance indicator) yaitu indikator yang menghitung jalannya suatu proses atau tindakan yang menunjang organisasi dalam pencapaian kesuksesan.

Itulah indikator – indikator yang penting dalam laporan keuangan yang harus diketahui, dipahami agar tujuan dapat tercapai secara maksimal.


You Might Also Like