Keuntungan dan Kerugian Sistem Pre-Order dan Ready Stock

keuntungan_dan_kerugian_sistem_pre_order_dan_ready_stock

Dalam aktivitas jual beli online pasti tidak asing dengan yang namanya PO (pre-order) dan ready stock. Kedua hal tersebut sering dijumpai saat sedang berbelanja secara online atau melakukan transaksi pembelian secara online. Namun bagi orang awam yang baru mencoba berbelanja secara online, mereka terkadang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan PO dan ready stock. Mari simak penjelasan berikut mengenai apa itu PO (pre-order) dan ready stock serta keuntungan dan kerugian dari keduanya.

  1. PO (pre-order)

PO (pre-order) merupakan sistem pembelian barang dimana barang tidak tersedia secara langsung dari penjual. Barang harus dipesan dan dibayar terlebih dahulu di awal pembelian oleh para pembeli sebelum penjual memesan barang tersebut dan dengan disertai estimasi waktu tunggu hingga barang datang (umumnya barang berasal dari luar negeri misalnya China) atau barang selesai diproduksi. Biasanya penjual yang melakukan pre-order (PO) memberikan batas waktu pemesanan barangnya kepada pembeli. Rata-rata batas waktu yang diberikan adalah 2-3 minggu. Pembayaran awal untuk sistem PO ini terkadang pembeli hanya perlu membayar DP 50% dari total keseluruhan belanjanya, jika barang sudah datang baru pembeli melunasi sisa jumlah keseluruhannya. Kelebihan dari sistem PO (pre-order) adalah:

  • Jenis produk yang dijual lebih bervariasi dan pilihan produk lebih lengkap dibandingkan dengan produk ready stock.
  • Penjual tidak perlu khawatir jika barang tidak laku karena barang yang dipesan sesuai dengan barang yang dipesan oleh pembeli sehingga tidak ada yang namanya stock.
  • Penjual melakukan penjualan tanpa harus mengeluarkan modal awal sehingga minim akan resiko kerugian. Hal ini karena modal yang dikeluarkan oleh penjual sama dengan jumlah pemesanan yang ada.
  • Terkadang para pembeli dapat melakukan pemesanan barang sesuai dengan keinginan atau yang sering disebut dengan custom barang.

Kekurangan dari sistem PO (pre-order) adalah:

  • Masa waktu tunggu datangnya barang hingga sampai ke tangan pembeli lebih lama jika dibandingkan dengan ready stock yang barangnya sudah tersedia secara langsung. Pembeli harus senantiasa sabar menunggu barangnya hingga datang.
  • Dalam sistem PO, ada kemungkinan terjadinya out of stock atau kehabisan stock dari supplier tempat memesan barang (rata-rata supplier dari luar negeri). Jika terjadi hal demikian maka uang yang sudah dibayar akan dikembalikan lagi kepada para pembeli.
  1. Ready Stock

Ready stock merupakan sistem pembelian barang dimana persediaan atau stok barang sudah tersedia secara langsung atau sudah ada di tangan penjual tanpa ada estimasi waktu pemesanan. Barang yang sudah dipesan dan dibayar oleh pembeli akan langsung dikirimkan oleh penjual. Estimasi waktu kedatangan barang tergantung oleh ekspedisi pengiriman yang dipilih oleh pembeli. Rata-rata waktu datangnya barang ke tangan pembeli adalah 2-3 hari setelah pengiriman barang.Kelebihan dari sistem ready stock adalah:

  • Proses transaksi pembelian dapat dilakukan dengan cepat sehingga produk dapat langsung dikirim dan produk dapat cepat sampai ke tangan pembeli sehingga meminimalisir barang atau produk ada yang cacat atau rusak. Pembeli pun tidak harus menunggu terlalu lama hingga barang datang.

Kekurangan dari sistem ready stock adalah:

  • Jenis produk yang dijual terbatas (tergantung pada stok yang tersedia), kurang bervariasi, dan tidak selengkap barang dengan sistem PO.
  • Barang tidak dapat dibooking terlebih dahulu. Ready stock menerapkan sistem ‘siapa cepat dia yang dapat’. Jadi pembeli yang membayar terlebih dahulu maka dia yang akan mendapatkan barangnya. Hal ini terjadi saat stock barang sangat terbatas, hanya tersisa beberapa item saja. Pada umumnya maksimal pembayaran yang harus dilakukan adalah 1x24 jam.

Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem PO dan ready stock. Semoga penjelasan yang disampaikan dapat memberikan pengetahuan lebih dalam melakukan transaksi jual beli online.


You Might Also Like