Keuntungan Menggunakan ERP Lokal bagi Penanam Modal Asing

keuntungan_menggunakan_erp_lokal_bagi_penanam_modal_asing

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah suatu sistem perencanaan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada di dalam perusahaan. Sumber daya disini setidaknya terdiri dari sumber daya manusia (karyawan), modal (finansial), dan aset (inventaris). Sederhananya, ERP digunakan oleh perusahaan untuk mengkoordinasikan informasi dan membantu perusahaan mengelola keseluruhan proses bisnis dengan menggunakan database terpusat.Seiring perkembangan teknologi, sistem ERP melalui aplikasi software sudah bisa dijangkau oleh semua kalangan bisnis termasuk UKM. Penggunaan software ERP dari Ukirama yang berbasis komputasi awan termasuk yang sangat cocok untuk kondisi bisnis di Indonesia. Didukung dengan harga yang terjangkau, software ERP juga terintegrasi untuk UKM dengan metode operasional yang mudah dipahami.Lantas bagaimana dengan Penanam Modal Asing (Foreign Direct Investor)? Apakah penggunaan ERP lokal memberi keuntungan? Jawabnya tentu saja iya. Seperti yang sudah diungkap diatas, penggunaan ERP lokal memiliki keuntungan karena lebih cocok untuk kondisi dan iklim bisnis dalam negeri. Apa saja keuntungan tersebut? Berikut penjelasannya.

  1. Harga Lebih Terjangkau

Tak bisa dipungkiri bahwa sistem software ERP memiliki harga yang sangat mahal sehingga hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang mampu menggunakannya. Beruntung, saat ini di Indonesia software ERP lokal memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Penyedia software ERP lokal memang menyasar perusahaan skala UKM hingga menengah yang mendominasi industri dalam negeri. Keunggulan inilah yang akan menguntungkan Penanam Modal Asing karena mereka tetap mendapat keuntungan dari penggunaan sistem ERP namun dengan biaya investasi yang kecil. Hal ini lantaran hanya dengan on-premise ERP, kegiatan pemeliharaan server, penyimpanan, mengkonfigurasi, dan memelihara perangkat adalah tanggung jawab penyewa Cloud Hosting. Itu artinya anda tidak perlu lagi menambah pekerja untuk pengoperasian software.

  1. Mudah Diaplikasikan

Software ERP lokal saat ini juga tidak hanya dapat diaplikasikan melalui proses instalasi ke komputer terlebih dahulu saja, melainkan dapat diimplementasikan dengan 2 cara yaitu web-based dan desktop. Pengembangan dengan web-based artinya tidak perlu lagi menginstal software untuk dapat menjalankannya. Pengguna hanya butuh koneksi internet untuk menjalankan aplikasi ERP di berbagai web browser.

  1. Fitur yang Sesuai Kebutuhan

Fitur yang lengkap dan sesuai kebutuhan adalah hal penting dari sebuah software agar optimal difungsikan. Sistem ERP lokal nyatanya juga menyediakan fitur-fitur yang sesuai yaitu pembelian, penjualan, manajemen stok, keuangan, akuntansi, manufaktur, manajemen, proyek, jasa servis, hingga HRD. Salah satu penyedia ERP, Ukirama juga membagi sistem ERP menjadi beberapa spesialisasi seperti Distributor, Retail, Simple Manufacturing, Contractor, dan Reparasi.Hal ini artinya dengan satu software ERP saja, semua kegiatan perusahaan sudah bisa tercover dan terintegrasi. Selain itu, bentuk laporan yang diberikan juga sudah disiapkan untuk membantu menganalisis performa perusahaan secara mendalam. Inilah mengapa, software ERP lokal bisa digunakan secara luas untuk berbagai bidang usaha.

  1. Bisnis dan Akurasi Data Terintegrasi dengan Baik

Oleh karena bersifat real time, sistem ERP yang digunakan perusahaan akan menunjukan perubahan pada setiap modul penilaian secara terintegrasi antara satu bagian dan bagian lain. Pekerjaan di dalam perusahaan juga akan lebih terstruktur dan tidak bergantung dengan individu tertentu. Selain itu, kegiatan perusahaan akan berjalan lebih seragam karena semua bagian perusahaan memakai fitur yang sama saat menjalankan bisnis.

  1. Menghindari Kesalahan

Bagi Penanam Modal Asing, penggunaan ERP juga bisa menghindari kesalahan pengguna (human eror) yang sering mengakibatkan terjadinya pencurian data dan duplikasi. Selain itu, dengan menggunakan ERP, perselisihan antar divisi bisa dikurangi karena kolaborasi tim yang baik dengan penggunaan sistem yang sama. Penyelesaian masalah dan pencarian solusi juga bisa dilakukan dengan lebih baik dan cepat.Sistem ERP yang disediakan vendor lokal juga tentu akan menyesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan tanpa perlu proses programming ulang. Kebutuhan kegiatan akuntansi misalkan akan disesuaikan penyusunan laporan keuangannya sehingga bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

  1. Lebih Efisien dan Produktif

Dengan berbagai keunggulan yang sudah dimiliki sistem ERP lokal, artinya Penanam Modal Asing juga akan mendapat keuntungan berupa efisiensi dan produktifitas kerja yang lebih baik. Selain mengurangi biaya, sistem ERP dapat memprediksi aspek yang tidak menguntungkan. Hal ini karena sistem ERP memiliki alat-alat pendukung dalam pengambilan keputusan seperti perencanaan dan simulasi. Sistem ERP juga memiliki fleksibilitas untuk dapat beradaptasi dengan kebutuhan di masa yang akan datang. Kemampuan perusahaan dalam melakukan perencanaan karena bantuan ERP menjadikan perusahaan siap menghadapi tantangan dimasa depan. Semua kembali lagi karena kinerja dan alur informasi yang berjalan baik berkat sistem ERP yang terintegrasi antara semua divisi dalam perusahaan.Itulah 6 hal yang bisa menjadi keuntungan bagi Penanaman Modal Asing untuk tetap menggunakan ERP lokal. Penggunaan ERP lokal sejatinya sama dengan ERP lain namun hasilnya akan lebih menguntungkan karena selain lebih murah, sistem pengoperasiannya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis lokal pula. Perlu diperhatikan pula dalam memilih software ERP harus dipertimbangkan beberapa hal. Beberapa diantaranya ialah seperti disesuaikan dengan kebutuhan bisnis seperti dari segi tantangan yang dihadapi agar vendor bisa melengkapi fitur yang tepat sasaran. Pilihlah vendor yang memiliki rekam jejak yang baik dan dukungan apa yang akan mereka berikan. Hal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah kemudahan integrasi atau penyesuaian dengan perkembangan bisnis serta berapa lama proses implementasi yang dibutuhkan.


You Might Also Like