banner iklan

Keuntungan Sewa Software Dibanding Membuat Software Sendiri

keuntungan_sewa_software_dibanding_membuat_software_sendiri

Apa yang terlintas di benak Anda ketika membandingkan dua kata kerja “menyewa” dan “membuat”? Keduanya tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada hal yang membuat orang memilih satu pilihan dibandingkan yang lainnya karena banyak faktor. Nah, kali ini kami akan mengajak Anda membedah lebih lanjut keuntungan sewa software dibanding membuat software sendiri.Pertama-tama, mari kita analogikan dengan hal yang akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari, misalnya soal memiliki kendaraan pribadi. Berbeda dengan Jakarta yang menurut Dinas Perhubungan terus “kedatangan” 300 kendaraan roda empat dan 1.200 roda dua setiap harinya, tidak demikian dengan kota berbukit di Amerika Serikat, San Francisco. Di kota tujuan wisata internasional itu, sebagian besar masyarakatnya tidak memasukkan kepemilikan mobil sebagai salah satu tujuan hidup mereka. Justru sebaliknya, mereka memilih untuk menyewa selain menggunakan moda transportasi umum. Mengapa demikian? Dengan menyewa, ada begitu banyak biaya yang bisa ditekan, sebut saja pengeluaran bahan bakar, parkir, perawatan, belum lagi jika kendaraan perlu perbaikan.Itu sebabnya, jasa penyewaan kendaraan seperti Zipcar dan City CarShare di sana mendapat sambutan positif karena pilihan menyewa akan jauh menghemat biaya yang dikeluarkan. Hal ini sejalan dengan konsep menyewa software jika kita bandingkan dengan membuat software sendiri.

Bukan Kepemilikan Penuh, Hanya Berlisensi

Secara teknis, peranti lunak atau software tidak bisa dimiliki sepenuhnya oleh suatu perusahaan. Kepemilikannya lebih berupa lisensi atau izin untuk menggunakannya. Bagi beberapa perusahaan, memiliki software akan membuat kinerja mereka kian produktif.Namun, apakah hal ini berlaku setara dan terus sejalan terlebih di dunia bisnis yang dinamis? Belum tentu. Terkadang, apa yang Anda butuhkan dalam mendukung sebuah kinerja bisa jadi berbeda dengan apa yang disediakan dalam sebuah software. Artinya, software yang telah ada perlu pembaharuan atau justru muncul kebutuhan untuk memiliki software yang berbeda. Tentunya, hal ini kurang efisien. Jika hal ini terjadi, menyewa software bisa menjadi pilihan yang lebih baik bagi Anda. Mengapa? Keep on reading!

Keuntungan Sewa Software

Terlepas dari seberapa besar dan bidang bisnis Anda, software tetap menjadi hal yang krusial. Jika menyewa bisa membantu Anda dalam mengelola pengeluaran dengan lebih baik, mengapa tidak? Berikut kami telah rangkum beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari menyewa software, seperti:

  • Opsi Pembayaran Fleksibel

Berbeda dengan memiliki software yang mengharuskan Anda untuk membayar sejumlah uang untuk mendapatkan lisensinya, menyewa software memberi ruang bagi Anda dalam hal fleksibilitas pembayaran. Apalagi, seringkali bisnis skala kecil akan lebih fokus pada project per project jangka pendek, bukan?Dengan menyewa software, Anda bisa memilih durasi sewa sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak sedang digunakan, tak perlu membayar. Lewat cara ini juga Anda bisa lebih mudah mengkalkulasi kebutuhan biaya produksi jangka pendek.

  • Tidak “Boros” di Awal

Memiliki atau bahkan membuat software sendiri dengan berbagai keistimewaannya memang setara dengan apa yang dikeluarkan, termasuk biaya besar di awal. Namun dengan menyewa, Anda tak perlu mengeluarkan investasi terlalu besar di depan. Justru, menyewa software memungkinkan Anda untuk segera menggunakannya hanya dengan biaya ringan.

  • Memungkinkan Upgrade

Kelebihan lain dari menyewa software adalah opsi untuk mengakses versi terbaru atau upgrade yang tersedia. Tentunya, tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Jika hal ini dilakukan untuk jangka panjang, pastinya akan menjadi bentuk investasi jangka panjang yang menguntungkan.

  • Tujuan Beragam

Lagi-lagi, terlepas dari skala perusahaan atau bidang yang Anda geluti, menyewa software bisa memenuhi tujuan apapun. Contohnya, jika perusahaan Anda bergerak di bidang jasa yang selalu berkaitan dengan klien, maka biaya untuk menyewa software dapat Anda masukkan ke dalam total biaya yang harus mereka bayarkan.Dengan cara ini, artinya proses produksi menjadi lebih sederhana karena akses peranti lunak menjadi bagian dari pengeluaran produksi klien, bukan sebagai modal yang harus Anda bayarkan sendiri.

Menyewa Software Jadi Pilihan Populer

Tentu ada alasan mengapa popularitas penyewaan software kian berkembang. Kabar baiknya, hal ini membuat pilihan untuk menyewa bagi jiwa-jiwa kreatif seperti Anda pun semakin bervariasi. Dengan menyewa software, bisa dipastikan pengeluaran operasional dan modal yang harus Anda kucurkan semakin efisien.Pernah merasa khawatir bahwa memiliki software sendiri akan membuat Anda lebih leluasa sementara menyewa sarat dengan batasan? Kesampingkan kekhawatiran itu. Menyewa software justru akan menempatkan Anda pada posisi yang fleksibel sekaligus leluasa dalam memilih upgrade atau mendapat bantuan terkait hal teknis.

Berbasis Cloud, Kontrol Kian Mudah

Kelebihan lain yang bisa Anda peroleh dari menyewa software adalah mengontrol segala kebutuhan operasional dengan berbasis cloud. Anda bisa lihat simulasinya seperti yang disediakan oleh software Ukirama Enterprise Resource Planning ( https://ukirama.com/get-demo ). Dalam fitur milik Ukirama, seluruh kontrol pembelian, penjualan, manajemen stok, akuntansi, keuangan, reparasi, hingga HRD akan berbasis cloud.Dengan cloud, artinya Anda tak perlu repot-repot melakukan instalasi karena semuanya berjalan berbasis web. Untuk mengaksesnya pun mudah. Bisa di mana saja, mulai dari laptop hingga semudah membuka ponsel pintar di genggaman Anda. Bagaimana dengan waktunya? Tenang, seluruhnya bisa diakses kapan saja secara real time.Baik dalam kurun waktu jangka pendek maupun panjang, pilihan untuk menyewa software yang tepat memungkinkan Anda mengambil keputusan bisnis dengan cepat dan mudah. Sudah bukan zamannya lagi bukan, mencatat seluruh transaksi bisnis secara manual? Waktu Anda terlalu berharga dihabiskan untuk itu.

Semua dalam Satu Aplikasi

Dengan software, semuanya ada dalam satu aplikasi. Mulai dari urusan keuangan dan akuntansi yang minim kesalahan, kemudahan transaksi pembelian sekaligus penjualan, hingga sistem payroll yang bisa menghitung otomatis gaji karyawan!Lebih jauh lagi, Anda juga akan mendapat kejelasan dan kontrol yang lebih besar. Ada sistem audit yang memungkinkan Anda melacak seluruh transaksi dan aktivitas bisnis dari hulu ke hilir. Yup, Anda bisa melacak mulai dari entri data hingga aktivitas yang dilakukan dengan fitur document tracker dan riwayat. Selain itu, jika Anda tidak ingin sembarang orang memiliki akses untuk kontrol, cukup terapkan batasan sesuai dengan kebutuhan.Hemat waktu, energi, dan sumber daya Anda dengan mengambil langkah cerdas yaitu menyewa software yang sesuai dengan sistem bisnis Anda. Coba daftar dan uji coba secara cuma-cuma di https://ukirama.com/get-demo . Cukup registrasi dan kami akan berkunjung ke tempat Anda untuk presentasi, demonstrasi, hingga uji coba gratis. Kenali kami lebih jauh dengan mengunjungi ukirama.com dan jangan kelewatan simak artikel menarik kami lainnya, ya!


You Might Also Like