Langkah Memulai Bisnis Jasa Reparasi Sepatu dengan Modal Kecil dan Menguntungkan

langkah_memulai_bisnis_jasa_reparasi_sepatu_dengan_modal_kecil_dan_menguntungkan

Saat ini semakin banyak usaha baru yang bermunculan. Usaha-usaha ini adalah hasil dari kemahiran para pengusaha melihat peluang yang tersedia. Sebagai contoh, usaha cuci pakaian (laundry) adalah salah satu usaha dengan permintaan yang cukup tinggi dari pelanggan. Usaha laundry banyak ditemukan di area perumahan dimana tidak hanya ada rumah tinggal tetapi juga rumah kos bagi karyawan atau mahasiswa. Selain itu, usaha yang sama juga pasti ditemukan pada tempat tinggal lainnya, seperti apartemen. Ketiga jenis tempat tinggal tersebut memiliki karakteristik yang sama yaitu adanya keterbatasan tempat. Oleh karena itu, akan lebih praktis jika kegiatan seperti mencuci maupun menyetrika pakaian dilakukan oleh usaha yang menyediakan jasa tersebut. Apalagi saat ini ada begitu banyak usaha laundry yang menyediakan jasa dengan tarif yang murah dan waktu pengerjaan yang sangat cepat. Tentunya hal ini menjadi penarik bagi semakin banyak pelanggan untuk menggunakan jasa usaha laundry.Selain usaha laundry, usaha kafe kopi juga menjadi usaha yang semakin digemari. Ada begitu banyak merek kopi baru yang bermunculan dan bahkan bisa langsung menarik pelanggan. Hal ini juga merupakan hasil kejelian melihat minat dan konsumsi kopi di tengah masyarakat yang semakin meningkat. Para pengusaha kopi pun mampu menyediakan tempat yang nyaman bagi para peminum kopi dimana kopi dapat dinikmati dengan harga yang relatif murah. Dengan melihat adanya peluang-peluang untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan masyarakat, ada berbagai usaha yang dapat diciptakan dan ditawarkan kepada masyarakat. Selain usaha laundry dan kafe, reparasi sepatu juga merupakan salah satu jenis usaha yang menarik. Sepatu yang merupakan bagian dari kebutuhan sehari-hari pasti memerlukan perbaikan. Perbaikan ini biasanya dilakukan oleh penyedia jasa reparasi sepatu keliling yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Penyedia jasa tersebut akan berkeliling di area perumahan dan melakukan perbaikan sepatu di area tersebut. Adanya penyedia jasa reparasi sepatu keliling menunjukkan bahwa usaha reparasi sepatu merupakan sesuatu hal yang berpotensi untuk dikembangkan. Namun, untuk memulai suatu bisnis, tentunya diperlukan langkah-langkah yang tepat. Apa saja langkah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis jasa reparasi sepatu dengan modal kecil dan menguntungkan? Berikut ini penjelasannya.

  1. Pastikan bahwa bisnis jasa reparasi sepatu adalah jenis bisnis yang diminati

Pada saat pemilik suatu bisnis menceritakan alasannya memulai suatu bisnis, mereka akan memberitahukan bahwa bisnis tersebut dimulai dari sesuatu hal yang mereka minati. Misalnya, seorang pengusaha kafe kopi memulai usahanya karena kecintaannya pada kopi. Mengapa hal ini penting? Dengan melakukan bisnis yang berkaitan dengan hal yang diminati, seorang pengusaha akan memiliki motivasi yang lebih tinggi untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis nya. Mereka akan terus mencari tahu cara-cara yang dapat dilakukan untuk membuat bisnisnya semakin digemari oleh masyarakat.Sama halnya dengan bisnis jasa reparasi sepatu. Jika seorang pebisnis adalah seseorang yang memiliki minat terhadap bidang pakaian, maka pebisnis tersebut akan terus terpicu untuk mengembangkan usahanya. Mereka akan mencari tahu bagaimana bisnis reparasi tersebut dapat menarik dan mempertahankan pelanggan.

  1. Tidak perlu terburu-buru membuka toko

Sangat memungkinkan untuk memulai bisnis jasa reparasi sepatu dengan modal kecil. Caranya adalah dengan melakukan penjualan jasa secara online. Pebisnis tidak perlu terburu-buru membuka toko. Akan diperlukan modal yang cukup besar untuk membuka toko apalagi jika pebisnis belum memiliki lokasi. Selama belum memiliki toko offline, pebisnis dapat membangun usahanya secara online. Secara bertahap, pebisnis akan mendapatkan informasi jenis reparasi apa saja yang diperlukan pelanggan. Maka pebisnis dapat menyesuaikan kebutuhan peralatan yang diperlukan dan, yang tak kalah penting, keterampilan atau skill yang diperlukan untuk memenuhi permintaan jasa dari pelanggan. Saat pasar mulai terbentuk, maka langkah selanjutnya dapat diambil keputusan kapan dimana akan membuka toko offline.

  1. Melakukan pemasaran melalui media sosial

Jasa reparasi sepatu akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Jika harus menunggu penyedia jasa reparasi sepatu keliling, maka pelanggan tidak tahu pasti kapan penyedia jasa akan berkeliling di area tempat tinggalnya. Kondisi ini menjadi salah satu alasan yang dapat digunakan oleh pebisnis reparasi sepatu. Melalui media sosial, pebisnis dapat melakukan pemasaran yang menampilkan keunggulan bisnisnya dimana reparasi akan dilakukan sesuai dengan waktu yang diminta oleh pelanggan. Dengan adanya keberadaan media sosial, pebisnis akan mudah menyebarkan informasi usahanya secara luas dengan biaya yang murah.

  1. Disiplin waktu

Salah satu kunci dalam memulai bisnis jasa adalah disiplin waktu. Pastikan bahwa bisnis memiliki jam operasional yang pasti. Dengan demikian pelanggan akan dimudahkan dalam melakukan komunikasi dengan penyedia jasa. Selain dalam hal jam operasional, pastikan juga bahwa waktu penyelesaian reparasi sepatu sesuai dengan yang dijanjikan kepada pelanggan. Jika penyedia jasa menjanjikan bahwa sepatu akan selesai direparasi dalam waktu 1 (hari), pastikan sepatu sudah diterima oleh pelanggan dalam waktu tersebut dan dalam kondisi yang baik. Hal ini akan sangat menentukan terutama pada saat baru memulai bisnis jasa reparasi sepatu. Jika pelanggan melihat bahwa bisnis ini disiplin dalam hal waktu, maka pelanggan tidak akan ragu untuk menggunakan jasanya kembali.

  1. Skill yang cukup

Bisnis jasa reparasi sepatu adalah suatu jenis bisnis yang membutuhkan skill secara spesifik. Karena sepatu berkaitan dengan penampilan seorang pelanggan, maka pelanggan pasti menginginkan sepatu yang direparasi kembali ke kondisi yang baik. Oleh karena itu, pastikan bahwa skill reparasi yang dimiliki oleh penyedia jasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Untuk memastikan bahwa keterampilan standar sudah terpenuhi, pebisnis dapat menentukan terlebih dahulu jenis reparasi apa saja yang ingin ditawarkan. Kemudian, sesuaikan keterampilan penyedia jasa, baik karyawan maupun pemilik bisnis, dengan jenis reparasi tersebut.

Jika skill sudah terpenuhi, pastikan bahwa peralatan yang dimiliki memadai untuk melakukan reparasi. Paku, jarum, dan benang merupakan beberapa contoh peralatan yang harus disediakan. Bahan baku seperti sol atau bahan menambal sepatu juga diperlukan dalam bisnis jasa reparasi sepatu. Sebagai contoh, sebagai modal awal, pebisnis dapat melakukan pembelian peralatan dan bahan baku senilai Rp 1.000.000. Kemudian lakukan pencatatan dengan baik untuk memperkirakan berapa lama bahan baku habis. Jika pada pembelian berikutnya pebisnis ingin membeli stok untuk persediaan selama waktu tertentu, kuantitas dapat disesuaikan dengan catatan pembelian awal. 


You Might Also Like