Lihat 7 Tips dan Trik Ini Untuk Meningkatkan Orderan Bisnis Dropship Anda!

lihat_7_tips_dan_trik_ini_untuk_meningkatkan_orderan_bisnis_dropship_anda

Meskipun kelihatannya semakin banyak orang yang beralih menjadi pelaku bisnis, namun nyatanya di Indonesia masih membutuhkan lebih banyak lagi entrepreneur atau pebisnis terutama dari kalangan anak muda. Pasalnya, anak muda saat ini diyakini memiliki pengetahuan yang lebih luas dan dengan rasa ingin tahunya yang tinggi diharapkan mampu membawa industri perdagangan Indonesia ke arah yang lebih baik.Berkat dukungan pemerintah yang mempersingkat birokrasi pengurusan izin usaha, kini semakin banyak anak muda yang lebih memilih menjejakkan kakinya di dunia bisnis daripada sebagai karyawan sebuah perusahaan. Ya meskipun angka perbandingannya masih jauh lebih tinggi mereka yang memilih bekerja sebagai karyawan, tetapi setidaknya angka pelaku bisnis  kini semakin bertambah. Apalagi di era serba internet seperti saat ini, semakin banyak cara untuk melakukan bisnis dan jenis pekerjaan atau bisnis yang dapat dilakukan pun kian bertambah atau muncul jenis pekerjaan baru yang sebelumnya belum ada. Salah satu bisnis yang kini semakin dinikmati adalah bisnis dropship dimana Anda tidak perlu membuat barang/produk yang akan dijual. Selain itu juga bisnis ini tidak membutuhkan modal besar karena Anda cukup bekerja sama dengan supplier dimana Anda dapat memasarkan barang/produk supplier kepada target pasar dan ketika ada pesanan, Anda cukup memberikan info kepada supplier berapa banyak pesanan yang ingin dibuat. Jenis peluang bisnis dropship ini memang sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis namun tidak memiliki modal yang mumpuni apalagi bagi pebisnis pemula. Bisnis ini menawarkan rendah resiko daripada bisnis lainnya karena Anda bisa minta pembeli/konsumen untuk melakukan pembayaran di awal sehingga Anda bisa langsung memberikannya ke supplier. Dengan menjadi dropshipper, sebutan untuk pelaku bisnis ini, Anda tidak perlu repot untuk mencari bahan baku, produksi, serta modal yang besar. Cukup mengandalkan kemampuan pemasaran atau marketing dan bagaimana caranya menarik perhatian pembeli, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan dari bisnis ini. Bagi Anda yang ingin menekuni bisnis dropship atau ingin meningkatkan penjualan, berikut dibawah ini beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba terapkan secara langsung pada bisnis milik Anda.

  1. Memahami Kebutuhan Pasar

Agar banyak diminati oleh calon pembeli/konsumen, Anda perlu tahu apa yang mereka butuhkan sehingga mereka terdorong untuk membeli barang dagangan milik Anda. Strategi ini tidak hanya berlaku untuk bisnis dropship tetapi juga untuk semua bisnis. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, kebutuhan pasar atau calon pelanggan/konsumen merupakan faktor yang mendorong mereka untuk membeli sesuatu, baik itu kebutuhan primer atau sekunder.Salah satu contoh kebutuhan primer adalah ketika calon pembeli/konsumen membeli sesuatu karena barang tersebut merupakan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak, dan kebutuhan pokok lainnya. Sedangkan salah satu contoh kebutuhan sekunder adalah ketika calon pembeli/konsumen sudah memiliki suatu barang tetapi ingin membeli lagi karena untuk menambah koleksi, membutuhkan warna yang berbeda dari barang tersebut, dan sebagainya.Anda bisa cek kembali apakah produk/barang yang Anda tawarkan merupakan solusi bagi target pasar Anda atau tidak. Jika Anda menjual produk yang diminati oleh konsumen yang ditargetkan, maka Anda bisa fokus kepada hal-hal lain yang dapat membantu meningkatkan orderan.

  1. Jaga Kualitas Produk

Memperhatikan kualitas produk yang dijual merupakan salah satu hal yang paling penting karena akan menentukan kepuasan konsumen dan apakah mereka akan kembali membeli dari Anda dan merekomendasikan toko Anda kepada orang sekitar si konsumen yang puas. Hal dasar berikutnya yang perlu Anda cek adalah supplier dari produk yang Anda jual. Jika kualitasnya tidak sesuai dengan harga, maka ada baiknya Anda mencari supplier lain yang bisa memberikan kualitas yang lebih baik dengan harga yang sepadan.Pemilihan supplier tentunya akan menjadi faktor penting yang mungkinkan bisnis Anda sukses. Dengan memilih supplier yang berkualitas, Anda bisa mendapatkan produk/barang yang berkualitas baik sehingga konsumen akan senang serta mendapatkan harga yang lebih sesuai. Untuk bisa mencari supplier yang berkualitas, Anda perlu memperhatikan 2 hal dibawah ini:

  1. Fokus pada satu produk: Pastikan Anda bekerja sama dengan supplier yang memang memiliki keahlian dalam memproduksi barang yang mereka jual, misalnya seperti mengerti industri, persaingan pasar serta jenis-jenis produk. Sehingga, kualitas dari barang yang diproduksi pun terjamin kualitasnya dan tidak akan mengecewakan konsumen.
  2. Mudah dijangkau: Selain kualitas barang yang perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik, sebaiknya Anda juga memilih supplier yang mudah dijangkau baik dari segi lokasi maupun komunikasi, yang idealnya sebuah supplier berlokasi di pusat kota, agar barang cepat sampai ke pembeli dan ongkos pengirimannya pun akan menjadi lebih murah.

Sedangkan untuk komunikasi, pastikan supplier mudah dijangkau melalui berbagai macam alternatif channel, seperti email, chat, dan telepon agar saat ada orderan menumpuk dan terjadi kendala, supplier dapat dihubungi kapanpun untuk membantu memberikan solusi.

  1. Pelajari dan Pahami Produk yang Dijual

Tentu saja ini hal yang wajib untuk Anda lakukan agar ketika ada calon pembeli yang bertanya tentang detail produk serta fungsinya, Anda bisa menjawab dengan baik. Namun sayangnya tak sedikit dropshipper yang hanya memiliki pengetahuan tentang produk yang dijual seadanya saja sehingga tidak bisa menjelaskan dengan baik kepada calon konsumen.Oleh karena itu, Anda perlu tahu fungsi dan detail dari produk yang Anda jual. Akan lebih baik lagi apabila Anda bisa memberikan rekomendasi kepada konsumen sesuai dengan yang mereka butuhkan. Strategi rekomendasi yang pas dengan kebutuhan calon pembeli/konsumen dapat meningkatkan persentase terjadinya sebuah transaksi. Artinya, jika Anda bisa memberikan mereka solusi yang tepat, maka kemungkinan kecil mereka tidak jadi membeli dari Anda. Selain itu, calon konsumen akan merasa terbantu dengan solusi yang diberikan sehingga akan kembali membeli dari toko Anda. Bahkan, mereka tak akan segan untuk merekomendasikan toko Anda kepada kerabat, teman, dan keluarga konsumen yang merasa puas.

  1. Media Pemasaran yang Tepat

Hal penting selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah tempat untuk memasarkan produk/barang yang Anda jual. Pasalnya, hal ini akan berpengaruh kepada target pasar yang Anda capai dan tingkat penjualan yang akan Anda dapatkan. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam platform marketplace yang dapat menghubungkan Anda dengan jutaan konsumen hanya melalui aplikasi. Tentunya saat ini platform marketplace sudah banyak di Indonesia sehingga Anda bisa memilih salah satu yang menurut Anda paling baik atau paling mudah untuk dioperasikan atau Anda juga bisa memanfaatkan semua platform marketplace secara bersamaan agar toko milik Anda berpotensi untuk dilihat oleh lebih banyak orang.Selain itu juga Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran barang/produk yang Anda jual. Dengan media sosial, calon pembeli/konsumen akan lebih mudah melihat apa saja produk yang bisa mereka beli dan Anda bisa menarik perhatian mereka dengan foto produk yang menarik.


You Might Also Like