Lupa EFIN dan Mau Lapor SPT? Ini Langkah-langkahnya!

Ilustrasi Pajak Hiburan

Daftar Isi


Batas Masa Lapor SPT Perorangan di 2024

Ingat! masa lapor Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak untuk perorangan pribadi akan berakhir di 31 Maret 2024. Sudahkah kamu melapor? Untuk melaporkan SPT secara online, kita butuh nomor Electronic Filing Identification Number (EFIN) Masalahnya, tidak jarang kita lupa menyimpan nomor EFIN. Apa yang harus dilakukan kalau lupa nomor EFIN dan ingin melaporkan SPT?

Apa Itu EFIN?

EFIN atau Electronic Filing Identification Number adalah 10 digit nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada wajib pajak. Kode EFIN digunakan sebagai identifikasi bagi setiap wajib pajak agar dapat melakukan transaksi elektronik seperti pelaporan SPT. Kalau kamu belum pernah membuat EFIN, bisa baca caranya di sini.

Di tahun 2024, layanan bagi kita yang lupa nomor EFIN sudah tidak bisa diakses lewat direct message ke akun media sosial Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Bagi kamu yang pernah bertanya atau mengajukan keluhan ke DJP lewat situs Twitter, sekarang sudah tidak bisa lagi.

"Mulai 5 Februari 2024, layanan lupa EFIN beralih dari X/Twitter Kring Pajak ke email," tutur DJP melalui akun Instagram @ditjenpajakri, hari Rabu (7/2/2024).

Cara Urus Lupa Nomor EFIN

Sekarang, kamu yang punya kewajiban pajak pribadi dan lupa nomor EFIN bisa melakukan permohonan bantuan untuk lupa EFIN melalui email lupa.efin@pajak.go.id. Cukup kirim satu email saja, karena satu alamat email berlaku untuk satu permohonan EFIN. Adapun kelengkapan yang harus dikirimkan di dalam email tersebut adalah:

  • Hasil scan formulir permohonan EFIN dari www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN yang sudah diisi
  • Foto identitas (KTP) atau KITAP/KITAS bagi warga negara asing.
  • Foto Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atau NPWP.
  • Foto diri sendiri (selfie) dengan memegang KTP.
  • Foto selfie dengan memegang NPWP.

Setelah mengirimkan email, petugas DJP akan memberi respon perihal EFIN lewat email yang kamu gunakan. Ingin tahu lebih banyak tentang pajak, bisnis, akuntansi, dan ERP? Lihat selengkapnya di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like