Manfaat Enofa bagi bisnis Anda, beserta cara mendapatkan NSFP

Enofa Indonesia

Beberapa tahun terakhir, Direktorat Jenderal Pajak sedang gencar-gencarnya memperbarui sistem dalam urusan perpajakan mereka. Mulai dari yang awalnya dijalankan dengan cara konvensional, maka dengan kemajuan teknologi pelan-pelan mulai beralih ke platform digital. Hal ini dapat dilihat dari mulai munculnya fitur-fitur terbaru yang bisa diakses secara online seperti NPWP online, efin, e-Filing, hingga yang terbaru meluncurkan fitur Enofa online. Nah, apa sih sebenarnya fitur Enofa ini? Bagaimana cara menggunakannya? Apa saja manfaat dan fungsinya? Simak terus pembahasannya di bawah ini. 

Sekilas Tentang Enofa Online

Elektronik Penomoran Faktur Pajak atau enofa adalah sebuah website yang diterbitkan oleh Dirjen Pajak untuk membantu dan memudahkan Pengusaha Kena Pajak (PKP) dalam mengajukan permohonan Nomor Seri Faktur Pajak atau NSFP secara daring atau online. Seperti diketahui, NSFP itu sendiri adalah nomor seri yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak atau DJP untuk para PKP melalui mekanisme khusus untuk penomoran faktur pajak. Selain mempermudah PKP mengirimkan permintaan NSFP secara online dimana sebelumnya dilakukan dengan manual, diterbitkannya Enofa juga membantu mempermudah pihak yang berwenang untuk mengawasi sekaligus meminimalisir terjadinya faktur pajak ilegal atau fiktif. Mengapa faktur yang ilegal atau fiktif ini harus diawasi? Alasannya karena dengan adanya faktur pajak illegal yang dilakukan oleh beberapa oknum maka akan mengakibatkan negara mengalami kerugian dalam jumlah yang besar bahkan hingga triliunan rupiah tiap tahunnya.

Dasar Hukum Enofa

Berdasarkan literatur, sebenarnya Enofa tak memiliki dasar hukum tersendiri. Namun, penggunaannya disebutkan dalam Peraturan Dirjen Pajak Nomor PeR-24/PJ/2014 yang pada perjalanannya telah mengalami beberapa kali perubahan. Kini peraturan yang berlaku adalah PER-04/PJ/2020. Nah, dalam peraturan tersebut dijelaskan secara tertulis bahwa bila ingin mengajukan permintaan nomor seri NSFP, maka PKP harus melakukannya secara online lewat laman resmi yang sudah disediakan yakni Enofa.

Cara Menginstal Enofa Online

Untuk mendaftar masuk dan menggunakan enofa, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menginstal aplikasi Enofa online di perangkat laptop atau komputer yang Anda gunakan untuk urusan perpajakan.Bagaimana caranya?

  • Download terlebih dahulu installer Enofa yang sesuai dengan spesifikasi laptop atau komputer Anda
  • Install file ETaxInvoice.exe pada laptop Anda yang sebelumnya sudah terhubung ke internet
  • Tunggu proses instalasi selesai, maka aplikasi akan melakukan pembaruan secara otomatis

Nah, barulah setelah Enofa berhasil diinstall, PKP bisa melakukan pengajuan permintaan NSFP secara langsung hanya lewat aplikasi itu. Namun, pastikan juga bahwa sertifikat elekronik Anda telah terpasang di browser website sebelumnya tentunya pada perangkat yang sama supaya bisa langsung mengajukan permohonan NSFP. 

Syarat-syarat Supaya Bisa Menggunakan Enofa DJP Online

Aplikasi Enofa DJP online dibutuhkan untuk mengajukan permintaan Nomor Seri Faktur Pajak atau NSFP ke Ditjen Pajak secara elektronik.Sebagai informasi, NSFP ini digunakan untuk membuat Faktur Pajak supaya e-Faktur pajak valid dan sah serta bisa diakui oleh DJP (Direktorat Jenderal Pajak.Adapun syarat-syarat agar bisa memakai aplikasi Enofa DJP secara online untuk meminta NSFP yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut.

  • Telah berstatus sebagai PKP atau Pengusaha Kena Pajak ataupun sudah dikukuhkan sebagai PKP
  • Telah punya akun PKP
  • Punya kode aktivasi dan password dari DJP
  • Punya sertifikat elektronik ataupun sertifikat digital dari DJP
  • Sudah melaporkan SPT Masa PPN untuk tiga masa pajak terakhir sesuai dengan kewajibannya yang sudah jatuh tempo secara berturut-turut pada tanggal PKP mengajukan permintaan PKP

Cara Mendapatkan NSFP Melalui Enofa Online

NSFP sendiri merupakan singkatan dari Nomor Seri Faktur Pajak yang digunakan oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP). NSFP ini dipakai sebagai sebuah syarat untuk membuat Faktur Pajak atau dengan kata lain bukti pungutan pajak pertambahan nilai. Faktur Pajak ini nantinya bisa digunakan oleh PKP sebagai sebuah bukti pemungutan atau pemotongan pajak atas transaksi barang ataupun jasa yang kena pajak yang dilakukan ketika melaporkan SPT Pajak. Dan sebagai informasi, nomor NSFP sendiri umumnya merupakan kombinasi antara angka dan huruf yang berjumlah sekitar 16 digit dengan ketentuan tertentu yakni kode transaksi untuk dua digit pertama, kode status satu digit, kemudian barulah nomor seri fakturnya berjumlah 13 digit.NSFP sendiri hanya dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bagi para PKP. Dan landasan hukumnya adalah Peraturan Dirjen Pajak Nomor Per-04/PJ/2020.Nah, untuk mengajukan permohonan supaya bisa mendapatkan NSFP melalui web Enofa atau aplikasi Enofa online ini, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengunduh sertifikat elektronik seperti dahulu.Cara mengunduh sertifikat elektronik-nya adalah sebagai berikut.

  • Pertama masuk dulu pada menu “Setting” atau “Pengaturan” di bagian pojok kanan atas layar web
  • Dalam menu “Setting” maka klik tombol “Setting Advance” untuk pengaturan lanjutan

Lalu klik “Manage Certificates” atau yang artinya “Kelola Sertifikat”

  • Terakhir, klik “Impor”

Setelah berhasil mengunduh sertifikat elektronik, maka barulah Anda bisa mengajukan permohonan NSFP. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi web Enofa yaitu di https://efaktur.pajak.go.id

  • Lalu masukkan username serta password PKP Anda ataupun nomor NPWP yang telah didaftarkan
  • Klik menu “Permintaan NSFP” pada aplikasi enofa atau enofa online tersebut
  • Pilih sertifikat elektronik yang sudah Anda unduh sebelumnya dan baru saja diimpor dari browser
  • Kemudian lakukan pengajuan permintaan rentang NSFP
  • Lengkapi data Permohonan NSFP jika ini baru pertama kalinya ANda mengajukan permintaan NSFP 
  • Lalu klik “Proses”
  • Selanjutnya konfirmasi dengan cara memasukkan password enofa pada aplikasi enofa atau enofa online Anda. Pada layar akan muncul keterangan jika permohonan NSFP Anda sudah berhasil dan siap untuk dicetak

Bagaimana Jika Lupa Password Saat Enofa Login?

Lantas bagaimana jika Anda lupa password enofa ketika Enofa login?Nah, sebagai informasi, salah satu penyebab kegagalan login Enofa adalah lupa password akun Enofa. Tentunya hal ini umum terjadi apalagi memang ada banyak password yang harus Anda hafal. Untuk mengatasinya, solusinya mudah. Beberapa cara berikut bisa Anda coba.

  • Cek email yang pernah Anda gunakan untuk login Enofa
  • Jika password Enofa Anda tak pernah diganti sejak pertama kali menerimanya, maka harap cek kotak masuk atau inbox
  • Dalam inbox atau kotak masuk, cari email masuk dari [email protected]

  • Anda akan bisa menemukan password akun Anda dalam pesan tersebut. Password Enofa tersebut sudah secara otomatis dikirim oleh DJP secara online dan terdiri atas angka dan huruf yang sukar dikenali

Lantas, bagaimana bila Anda sudah pernah mengganti password tersebut.Maka cara yang harus dilakukan adalah dengan menekan tombol “Lupa Password” pada layar web Enofa saat masuk login Enofa. Tombol tersebut pun akan mengarahkan Anda untuk memasukkan identitas NPWP Anda. Setelah itu, barulah Anda bisa mendapatkan password baru yang akan dikirim langsung ke email Anda. 

Fungsi Enofa Faktur atau Enofa Online Bagi PKP

Seperti yang sudah disebutkan di atas, maka Enofa online sangat berperan penting dalam proses pembuatan Faktur Pajak elektronik. Beberapa fungsi dari enofa online atau biasa juga disebut sebagai Enofa faktur adalah sebagai berikut.

  • Sangat fleksibel karena sistemnya berbasis online sehingga PKP dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet
  • Mempermudah proses penerbitan NSFP bagi para PKP
  • Hemat waktu juga tenaga karena PKP tak perlu repot-repot lagi langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) untuk mengajukan permohonan NSFP
  • Membantu mengawasi dan mengendalikan serta memantau setiap permohonan NSFP yang diajukan oleh masing-masing PKP
  • Tampilannya sangat user friendly sehingga semua PKP dapat mengaksesnya dengan mudah
  • Untuk memantau aksi-aksi ilegal sehingga bisa membantu mencegah munculnya Faktur Pajak yang ilegal
  • Menertibkan aktivitas perpajakan PKP yang secara langsung diharapkan bisa meningkatkan pendapatan negara dari sektor pajak
  • Meminimalisir terjadinya penyalahgunaan pada Enofa Faktur Pajak
  • Menelusuri jejak Faktur Pajak jika terjadi penyelewengan oleh karena penerbitan NSFP hanya bisa melalui persetujuan DJP
  • Sebagai media bagi para Wajib Pajak badan untuk memenuhi kewajiban perpajakannya terutama dalam hal permintaan NSFP untuk mengelola efaktur

Intinya, bisa dikatakan bahwa salah satu fungsi paling penting dari Enofa adalah sebagai dasar bagi DJP untuk menyiasati kasus Faktur Pajak yang ilegal yang dapat membuat negara merugi dalam jumlah yang tidak sedikitDemikanlah penjelasan mengenai apa itu Enofa hingga fungsi atau manfaatnya bagi PKP. Semoga bermanfaat untuk Anda.


You Might Also Like