Manfaat Etika Bisnis dan Tanggung Jawab

manfaat_etika_bisnis_dan_tanggung_jawab

Di dalam menjalankan sebuah bisnis dalam suatu perusahaan akan ada yang namanya etika dalam berbisnis dan juga tanggung jawab. Etika bisnis dan tanggung jawab merupakan dua hal penting di dalam menjalankan sebuah bisnis agar bisnis tersebut dapat mencapai kesuksesan. Adanya etika dan tanggung jawab dalam bisnis akan membantu perusahaan dalam mengatur dan mengelola bisnis serta menghindari terjadinya tindakan-tindakan yang tidak diinginkan. Etika-etika yang diterapkan dapat membentuk suatu norma atau nilai yang kemudian dapat menciptakan hubungan yang harmonis dan adil antara sesama rekan kerja maupun perusahaan dengan pelanggan/pembeli dan juga visi dan misi dalam suatu perusahaan dapat tercapai dengan baik. Kedinamisan antara etika dan tanggung jawab dalam bisnis yang diterapkan dengan baik dalam sebuah perusahaan dapat membuat segala aktivitas bisnis berjalan dengan lancar.Penerapan etika dan tanggung jawab dalam sebuah bisnis dapat memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan. Berikut beberapa manfaat dari etika bisnis dan tanggung jawab jika diterapkan dengan benar dan baik dalam sebuah perusahaan:

  1. Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan

Etika bisnis yang harus selalu diterapkan dalam menjalankan sebuah bisnis adalah kejujuran. Kejujuran merupakan hal yang sangat penting di dalam melakukan transaksi penjualan dengan pelanggan atau pembeli. Perusahaan yang berhasil mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan akan menerima dampak positifnya seperti pelanggan sebelumnya bisa jadi akan merekomendasikan perusahaan tersebut ke rekan kerjanya sehingga perusahaan akan memiliki banyak pelanggan dan bisnis pun akan terus melonjak dan memperoleh keuntungan yang besar.

  1. Menarik pelanggan baru untuk membeli produk

Di dalam sebuah visi dan misi yang dituturkan oleh sebuah perusahaan dapat diselipkan etika bisnis yang diterapkan perusahaan tersebut. Misalnya seperti produk-produk yang diproduksi oleh perusahaan memakai bahan-bahan yang alami dan sehat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan langka. Hal ini akan membuat para pelanggan menjadi tertarik dan ingin mencoba untuk membeli produk tersebut.Satu hal yang perlu diingat adalah kualitas produk yang akan dikirimkan kepada pelanggan harus tetap terjamin dan stabil. Sehingga pelanggan akan tetap setia memesan produk kepada perusahaan tersebut dan di kemudian pelanggan dapat merekomendasikan kepada rekan kerjanya. Hal tersebut akan membuat penjualan perusahaan tersebut meningkat dan keuntungan yang didapatkan akan bertambah besar.

  1. Karyawan dalam suatu perusahaan akan merasa betah dalam bekerja

Selain menerapkan etika bisnis kepada para pelanggan,  suatu perusahaan juga menerapkan etika bisnis kepada para karyawannya. Dengan adanya etika bisnis dan tanggung jawab maka kenyamanan dan kesejahteraan karyawan akan tetap terjaga. Selain itu, keharmonisan antar sesama rekan kerja akan terlihat dinamis dan para karyawan pun akan merasa betah lama-lama untuk bekerja di perusahaan tersebut. Sisi positif dari manfaat etika bisnis dan tanggung jawab bagi perusahaan terhadap karyawannya adalah kesetiaan para karyawan akan bertambah yang akan menyebabkan produktivitas pekerjaan meningkat dan akan menghambat laju keluar masuknya karyawan baru yang membuat biaya untuk merekrut karyawan baru menjadi berkurang. Bagi para karyawan, mereka akan melihat bahwa perusahaan tersebut sangat baik dan reputasi perusahaan semakin meningkat sehingga perusahaan dapat memperkerjakan karyawan yang lebih berkualitas.

  1. Menarik perhatian para investor

Perusahaan yang meyakini dan memegang teguh etika bisnis dan tanggung jawab yang baik di dalam menjalankan bisnisnya maka akan mudah untuk mencuri perhatian para investor. Terutama bagi perusahaan pemula yang membutuhkan dana yang cukup besar untuk mengembangkan bisnisnya lebih jauh. Mereka dapat memperoleh kesempatan dari para investor berdasarkan etika bisnis dan tanggung jawab yang diterapkannya dengan baik sebelum investor benar-benar mencairkan dananya kepada perusahaan tersebut. Setelah perusahaan berhasil memperoleh investor maka tahap selanjutnya adalah perusahaan mengembangkan bisnisnya sendiri.

  1. Menjadikan perusahaan sebagai perusahaan bermutu

Penerapan etika bisnis dan tanggung jawab yang baik dalam suatu perusahaan akan menciptakan nilai mutu pada perusahaan tersebut. Melalui mutu tersebut, perusahaan akan mendapatkan peluang untuk memperoleh kepercayaan dari para pelanggan, mendapatkan karyawan yang lebih berkualitas, mendapatkan investor yang layak, dan sebagainya. Etika bisnis dan tanggung jawab merupakan dua komponen yang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis dalam sebuah perusahaan dan menjadikan perusahaan semakin berkembang dan sukses.


You Might Also Like