banner iklan

Memahami Istilah Unique Selling Proposition (Proposisi Penjualan Unik) dan Manfaatnya

memahami_istilah_unique_selling_proposition__proposisi_penjualan_unik__dan_manfaatnya

Sangat penting bagi bisnis untuk membedakan produk yang dihasilkan dengan produk lainnya di pasar, apalagi membedakan dari produk pesaingnya. Semua brand di industri manapun pasti ingin selalu menonjolkan produknya agar selalu diingat oleh konsumen dan menjadi pilihan pertama target pasarnya. Hal ini sangat wajar mengingat prinsip dasar bisnis yang memang dibangun untuk mendapatkan keuntungan, semakin banyak konsumen atau target pasar yang mengenal produk Anda, maka semakin banyak pula yang ingin mencoba produk tersebut. Lalu, semakin banyak konsumen yang mencoba produk Anda dan menyukai kualitasnya, maka pendapatan perusahaan pun akan meningkat.Inilah sebabnya pada saat menciptakan suatu produk dan memasarkannya dibutuhkan strategi-strategi tertentu yang dapat membuat konsumen langsung dapat membedakan dan menyadari yang mana produk Anda dan produk pesaing. Tak jarang banyak brand yang mencoba untuk menjadi viral agar brand dan produknya semakin banyak dikenal dan berharap untuk dapat menggaet konsumen yang belum pernah mencoba produk keluaran brand tersebut maupun membuat konsumen setia produk pesaing berpindah ke produk Anda.Jika Anda memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat brand Anda lebih dikenal dan produk Anda banyak yang mencoba dengan harapan mendapatkan lebih banyak konsumen setia, Anda perlu memahami istilah marketing atau pemasaran yang satu ini. Unique Selling Proposition atau dikenal juga dengan Proposisi Penjualan Unik.Bagi pemilik bisnis yang tidak memiliki latar belakang di bidang marketing atau pemasaran bisa jadi tidak terlalu mengetahui lebih detail mengenai apa itu Unique Selling Proposition atau USP, manfaat serta faktor-faktor apa saja yang dapat menentukan Unique Selling Proposition (USP) untuk produknya. Pasalnya, Anda tidak bisa dengan mudah menentukan USP suatu produk karena nantinya inilah yang akan menjadi nilai jual dari produk Anda dan diharapkan dapat menarik minat konsumen untuk membeli dari brand Anda daripada pesaing di pasaran. Lalu apa yang dimaksud dengan Unique Selling Proposition (USP)?

Arti dari Unique Selling Proposition (USP)

Perlu diingat bahwa Anda mungkin bukan satu-satunya brand yang menjual produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Dengan fakta ini saja kita sudah mengetahui bahwa konsumen memiliki banyak sekali pilihan produk untuk dipilih dengan kualitas yang sama baiknya dan harga yang kompetitif. Untuk dapat mengatasi tantangan ini, tentu saja Anda diharuskan untuk apa yang membuat suatu produk terlihat berbeda dari produk brand lainnya yang serupa. Dengan mengetahui bagaimana memposisikan brand serta produk Anda di pasar dapat memberikan keuntungan dan nilai plus dari konsumen. Oleh karena itu, Unique Selling Proposition (USP) adalah suatu strategi pemasaran yang membuat produk dan brand Anda terlihat lebih baik dari pesaing di industri di mata konsumen. Bisa dikatakan bahwa Unique Selling Proposition (USP) adalah cara untuk menonjolkan produk dan brand Anda. Menentukan USP dari produk dan brand Anda sebelum produk tersebut dipasarkan merupakan langkah awal yang tidak boleh dilewatkan dan dianggap sepele. Pasalnya, USP bertujuan untuk menciptakan opini dan pandangan tertentu yang dibentuk oleh perusahaan agar dapat membantu memfokuskan strategi marketing nantinya. USP yang telah ditentukan juga akan mempengaruhi bagaimana Anda memperkenalkan dan mengkomunikasikan produk tersebut kepada masyarakat melalui iklan, copywriting, branding, dan keputusan-keputusan lainnya.Jika Anda ingin membuat Unique Selling Proposition (USP) bagi produk dan brand Anda, USP yang Anda ciptakan harus bisa menjawab pertanyaan berikut:“Apa yang membuat produk brand Anda berbeda dari pesaing di pasaran dengan produk yang serupa?”USP produk Anda harus dapat memberikan jawaban yang menarik dan unik untuk dapat memainkan peranan penting untuk membuat konsumen melihat nilai lebih dari produk tersebut. 

Ini bukan Unique Selling Proposition (USP)

Unique Selling Proposition (USP) memang sebuah strategi marketing agar produk sukses diterima di pasar. Namun, USP bukanlah penawaran marketing tertentu, seperti contohnya diskon 10%, gratis ongkir, layanan customer service 24/7 maupun kebijakan pengembalian barang yang mudah dan dapat dipercaya. Meskipun hal-hal tersebut tentu saja menarik bagi konsumen, akan tetapi penawaran tersebut tidak terlihat unik karena pesaing Anda dapat dengan mudah memberikan penawaran yang sama kepada konsumen.Selain itu juga Unique Selling Proposition (USP) bukan hanya sekedar kata-kata keren pada website atau aplikasi perusahaan, melainkan suatu posisi atau nilai atau manfaat yang dapat diimplementasikan pada produk, brand, pengalaman konsumen yang ditawarkan, dan hal-hal lainnya yang menjadi titik kontak antara konsumen dengan bisnis Anda.

Manfaat Unique Selling Proposition (USP)

Unique Selling Proposition (USP) yang dibuat dengan baik berperan sangat penting ketika Anda memutuskan untuk melakukan kegiatan marketing apapun. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa USP menentukan bagaimana Anda memperkenalkan dan berkomunikasi dengan konsumen agar mereka bisa menerima produk tersebut sehingga USP produk akan menjadi faktor terbesar konten marketing seperti apa yang akan digunakan. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat dari Unique Selling Proposition (USP):

  • Manfaat yang jelas

Menonjolkan serta memperjelas nilai dari produk Anda di mata konsumen agar mereka membeli produk tersebut dan bukan dari pesaing.

  • Meningkatkan pendapatan

Harapan setiap perusahaan adalah agar produknya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dan oleh karenanya mampu menghasilkan keuntungan yang positif dari tingginya pembelian oleh konsumen.

  • Konsumen setia

Hanya akan sia-sia apabila konsumen hanya membeli dari perusahaan Anda satu kali saja. Hal ini pula yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak perusahaan yang fokus pada membuat strategi untuk mempertahankan konsumen yang mereka miliki agar tetap setia dan hanya membeli produk dari brand perusahaan tersebut. Konsumen setia berarti pendapatan atau keuntungan tetap bagi perusahaan.

  • Strategi penjualan yang efisien

Keberhasilan dalam kegiatan marketing dan penjualan secara umum bisa jadi untung-untungan karena salah satu hal yang paling sulit dalam melakukan bisnis adalah bagaimana caranya menonjolkan produk dan brand Anda diantara begitu banyak pilihan serupa di mata konsumen. Disinilah peran USP yang dibuat dengan baik karena mampu membantu memfokuskan strategi pemasaran Anda dengan mengkomunikasikan kelebihan, manfaat serta nilai lebih yang didapat oleh konsumen.

Faktor yang mempengaruhi Unique Selling Proposition (USP)

Untuk dapat membuat USP bagi produk Anda sendiri, berikut beberapa faktor atau elemen yang dapat mempengaruhi seberapa baiknya USP yang Anda ciptakan.

  • Harus benar-benar unik. Anda harus dapat melihat dari sudut pandang konsumen dan berpikir out of the box untuk bisa menciptakan sesuatu yang mungkin belum digunakan oleh pesaing-pesaing Anda.
  • Unique Selling Proposition (USP) harus bersifat positif dan cukup kuat untuk menarik minat pasar dan membuat mereka membicarakannya yang akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.
  • Harus sulit untuk ditiru. Sangat penting apabila posisi produk Anda berbeda dan unik serta tidak dapat ditiru oleh pesaing pada produk mereka.
  • Mudah untuk dimengerti. Ketika memperkenalkan dan mengkomunikasikan produk Anda, kata-kata serta penjelasan yang digunakan harus mudah untuk dimengerti dan dipahami oleh konsumen agar mereka langsung mengetahui manfaat dan nilai produk tersebut.

You Might Also Like