Memahami Pentingnya Logo dalam Bisnis dan Tips Membuat Konsep Desainnya

memahami_pentingnya_logo_dalam_bisnis_dan_tips_membuat_konsep_desainnya

Setiap pemilik bisnis, apapun itu jenis usahanya dan seberapa besar skalanya pasti ingin tampil menonjol di keramaian pasar yang kompetitif. Maka dari itu Anda harus selangkah lebih maju dari pesaing Anda untuk menggapai pencapaian yang luar biasa. Ini bisa dimulai dengan menyiapkan sebuah logo. Dari sebuah logo, Anda bisa memikat dan membuat dampak yang signifikan di pasar dalam menarik perhatian pelanggan potensial. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menyepelekan sebuah logo! Bagi Anda yang membutuhkan jasa desain logo terbaik guna kepentingan usaha yang sedang Anda bangun, kami merekomendasikan Sribu sebagai tempat membuat logo dengan hasil yang terbaik dan harga yang terjangkau. Nah, agar semakin mantap untuk menyiapkan logo secara matang, marilah bersama kita memahami apa pentingnya logo dalam bisnis sekaligus mengetahui tips membuat konsep desainnya melalui pembahasan berikut ini.  

Pengertian Logo

Pada tingkat yang paling dasar, logo merupakan desain visual yang terdiri dari gambar dan teks untuk membantu mengidentifikasi suatu merek sehingga antara merek yang satu dengan yang lain tidak terlihat sama. Tapi makna logo bisa lebih dari itu. Nyatanya, gambar yang umumnya berukuran kecil ini memiliki peran yang lebih besar.  Ya, logo adalah landasan merek Anda. Logo membantu pelanggan memahami siapa Anda dan apa yang bisnis Anda lakukan. Setiap elemen dalam desainnya menunjukkan kepribadian bisnis Anda dengan cara yang sangat menarik.  

Apa Saja Keuntungan Memiliki Logo Bisnis Yang Hebat?

Pengenalan Merek Lebih Impresif

Seperti yang kita ketahui, logo menjadi elemen bisnis yang paling sering terlihat setiap kali orang menelusuri sebuah perusahaan. Ini berarti logo berperan sebagai titik kontak pertama bisnis Anda dengan dunia luar. Jika logo Anda tampak stand out dan terlihat menarik dalam sekali pandang, maka bisnis Anda akan lebih mudah masuk dalam pikiran dan benak konsumen. Setelah itu, pun mereka akan lebih terbuka terhadap apa pun yang perusahaan Anda tawarkan. 

Membuat Anda Menonjol Dari Persaingan

Salah satu ciri logo yang hebat itu adalah unik. Keunikan logo akan memberi bisnis Anda menonjol dari persaingan karena terdapat tanda yang jelas untuk membedakan merek Anda dari merek lainnya.  

Logo Mengidentifikasi Informasi Penting Tentang Bisnis Anda

Logo yang hebat dapat bekerja memberi pelanggan beberapa informasi penting tentang perusahaan Anda. Seperti mengomunikasikan bidang industri, layanan, target konsumen, dan nilai-nilai lain dari merek Anda. Hal ini dapat terwujud ketika mungkin logo Anda mengandung unsur tertentu. Misalnya, penggunaan warna tertentu untuk mengkomunikasikan etos kerja perusahaan. Atau penggunaan tanda plus sehingga mencerminkan bahwa merek Anda berjalan dalam bidang kesehatan Sekarang Anda telah tahu apa pentingnya logo dalam bisnis bukan? Setelah itu, mari simak tips-tips membuat konsep desain logo yang hebat untuk bisnis Anda. 

Tips Membuat Konsep Desain Logo Untuk Bisnis

Tentukan Nilai-nilai Bisnis Yang Ingin Disampaikan

Pertama, Anda perlu memiliki gambaran yang jelas mengenai nilai-nilai bisnis Anda sehingga tahu kesan apa yang akan Anda sampaikan dari logo tersebut. Ketahui dahulu bidang bisnis Anda yang berjalan? Apa keunggulan dari bisnis Anda? Apa yang membuat merek Anda lebih baik dari merek sejenis lainnya? Jika sudah, Anda dapat menggunakan informasi tadi sebagai bahan untuk menggali ide dan mencari inspirasi.  Lakukan Riset Pasar Dan KompetitorSangat tidak bijaksana jika membuat logo tanpa melakukan riset dan penelitian menyeluruh ke dalam industri. Riset pasar dan kompetitor sangat penting. Dengan itu Anda akan memperoleh manfaat besar seperti mendapatkan gambaran tentang apa merek yang sudah booming dikalangan audiens sehingga Anda dapat memposisikan merek Anda sendiri. Demikian ini juga dapat untuk menghindari ketidaksengajaan meniru identitas merek yang sudah mapan yang berakhir pada konsekuensi hukum. 

Kenali Elemen-elemen Logo

  • Warna

Warna adalah elemen visual nomor satu yang paling diingat. Pada nilai praktis, warna dapat membantu merek Anda menonjol di kerumunan. Selain itu warna juga bernilai emosional, warna dapat mempengaruhi bagaimana perasaan konsumen ketika melihat sebuah merek, ini erat berkaitan dengan konsep psikologi warna. Meski palet warna logo dapat terdiri dari satu atau beberapa warna. Tetapi lebih direkomendasikan untuk tetap menggunakan maksimal kombinasi dua atau tiga warna saja agar tidak terkesan berlebihan. 

  • Tipografi

Tipografi adalah elemen desain yang pada dasarnya berupa huruf yang telah melalui proses pemilihan dan penataan sedemikian rupa demi terciptanya estetika dan kesan tertentu. Pemilihan huruf pada logo ini harus unik dan orisinil. Sebaiknya gunakan huruf yang belum pernah ada sebelumnya, atau meskipun ada kesamaan, tidak serta merta sama. Anda pun dapat membuat logo yang terdiri satu huruf mewakili merek Anda, logo monogram (inisial merek), atau bahkan nama lengkap bisnis Anda (logo wordmark). 

  • Gambar

Sebuah logo juga dapat terdiri dari gambar ilustrasi. Elemen gambar ini dapat berkisar dari grafis yang paling sederhana hingga penampilan detail gambar abstrak. Ini bisa berupa ikon, simbol, dan gambar yang mewakili sesuatu yang Anda jual atau nilai yang Anda perjuangkan. Adanya gambar menjadi penegas makna logo atau identitas yang membuat merek lebih mudah diingat atau dikenali. 

  • Tagline

Elemen tagline umumnya terletak di bawah logo. Tagline biasanya terdiri dari kalimat atau slogan yang berguna untuk memikat audiens Anda, mendeskripsikan kualitas perusahaan, atau menjelaskan apa yang perusahaan lakukan Anda. Walaupun tagline tidak harus ada dalam logo, tetapi itu adalah sesuatu yang juga perlu masuk dalam pertimbangan Anda karena tagline dapat menambah rasa percaya diri dan keanggunan sebuah brand. 

Perhatikan Skala

Sebagai identitas bisnis/ merek, tentu logo akan ditemukan dimana saja pada aset perusahaan Anda, ditempatkan secara mencolok di beberapa saluran media dan dalam berbagai ukuran. Oleh karena itu, logo hebat adalah logo yang diskalakan agar menjadi serbaguna. Serbaguna berarti logo dapat dengan mudah diaplikasikan di media cetak maupun elektronik dan tetap terlihat jelas, terukur. Serta tidak ada elemen logo yang berubah maupun rusak sehingga pesan Anda dapat tetap tersampaikan dengan baik.Semoga tips tersebut dapat memberikan wawasan dan pandangan dalam membuat konsep desain logo yang tepat dan hebat untuk penguatan merek bisnis Anda. Jangan ragu untuk berinvestasi pada logo karena akan memberi Anda hasil bagus yang tidak terduga di tahun-tahun mendatang.


You Might Also Like