Mengenal Apa Itu Benchmarking dan Fungsinya dalam Perusahaan

mengenal_apa_itu_benchmarking_dan_fungsinya_dalam_perusahaan

Benchmarking mungkin masih menjadi istilah asing bagi sebagian besar orang. Padahal, benchmarking merupakan hal penting dalam bidang manajemen. Benchmarking menjadi hal penting dalam proses operasional perusahaan. Dengan melakukan benchmarking. kita juga bisa mengetahui seberapa jauh perkembangan perusahaan. Karena itu, semua orang yang terlibat dalam bisnis juga harus mengetahui apa itu benchmarking.

Apa itu benchmarking?

Benchmarking adalah proses pengukuran produk, layanan, dan proses terhadap organisasi atau perusahaan yang dikenal sebagai pemimpin dalam satu atau lebih aspek operasi mereka. Benchmarking memberikan wawasan yang diperlukan untuk membantu Anda memahami bagaimana perusahaan Anda dibandingkan dengan perusahaan serupa, bahkan jika mereka berada dalam bisnis yang berbeda atau memiliki kelompok pelanggan yang berbeda. Benchmarking juga dapat membantu perusahaan mengidentifikasi area, sistem, atau proses untuk perbaikan, baik peningkatan bertahap (berkelanjutan) atau peningkatan dramatis (rekayasa ulang proses bisnis).Bisa dibilang, benchmarking adalah proses di mana Anda mengukur keberhasilan perusahaan Anda terhadap perusahaan sejenis lainnya untuk mengetahui apakah ada kesenjangan dalam kinerja yang dapat ditutup dengan meningkatkan kinerja Anda. Benchmarking membantu Anda menemukan apa yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan Anda dan menjadi pemain yang lebih besar di industri Anda.

Manfaat benchmarking

Beberapa manfaat benchmarking dalam bisnis antara lain:

  1. Analisis Kompetitif

Dengan mengidentifikasi area yang ingin Anda tingkatkan dalam bisnis Anda dan membandingkan kinerja Anda saat ini dengan pesaing, Anda dapat meningkatkan eksekusi bisnis Anda sepuluh kali lipat. Benchmarking memungkinkan bisnis untuk mendapatkan keunggulan strategis atas pesaing dan menumbuhkan rata-rata industri.

  1. Memantau kinerja

Proses benchmarking melibatkan melihat tren saat ini dan memproyeksikan tren masa depan berdasarkan apa yang ingin Anda capai. Proses benchmarking harus menjadi hal yang berkesinambungan untuk mengetahui tingkat kesuksesan Anda. Karena itu, Anda perlu memantau kinerja agar proses benchmarking berjalan maksimal. Dengan begitu, proses benchmarking ini akan membuat Anda lebih giat dalam memantau kinerja perusahaan.

  1. Perbaikan berkesinambungan

Selain memantau kinerja, perbaikan yang berkesinambungan adalah hal penting dari benchmarking. Sebab, tujuan benchmarking adalah untuk meningkatkan elemen tertentu dari bisnis. Peningkatan ini seharusnya tidak hanya menjadi sesuatu yang meningkat sekali dan dilupakan, tetapi sesuatu yang meningkat dari waktu ke waktu dan secara terus menerus.

  1. Memahami Keuntungan Perusahaan Anda

Benchmarking membantu mengidentifikasi posisi perusahaan Anda saat ini. Jika Anda ingin meningkatkan proses apa pun dalam bisnis Anda, benchmarking adalah cara untuk melihat bagaimana Anda bisa unggul dan menjadi lebih sukses dengan menguraikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

Tahapan melakukan benchmarking

Untuk melakukan benchmarking, ada serangkaian proses yang harus dilakukan. Berikut proses-proses dalam melakukan benchmarking:

  1. Persiapan

Tahap utama benchmarking adalah persiapan. Saat melakukan proses ini, Anda harus  Perencanaan menyoroti hal apa saja yang ingin ditingkatkan, siapa yang menjadi pembandingnya, serta bagaimana bentuk kesuksesan yang ingin diraih. Proses benchmarking juga harus dipahami dengan jelas dan terkendali. Benchmarking membutuhkan investasi tenaga dan waktu yang signifikan, sehingga manajemen harus memperjuangkan proses secara menyeluruh, termasuk persiapan dan kemauan membuat perubahan berdasarkan apa yang dipelajari.Semakin persiapan Anda, semakin efisien benchmarking yang Anda lakukan. Setelah proses ini selesai, Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

  1. Perencanaan

Dalam proses ini, Anda harus menentukan subjek yang sangat terfokus dari studi benchmarking. Pilih masalah yang penting bagi keberhasilan perusahaan. Anda juga bisa  membentuk tim lintas fungsi. Lalu pelajari proses Anda sendiri dan identifikasi perusahaan mitra yang mungkin memiliki praktik terbaik. Cakupan yang terlalu luas membuat proyek gagal. Subjek yang tidak penting bagi keberhasilan organisasi tidak akan memberikan manfaat yang cukup untuk membuat penelitian ini bermanfaat.

  1. Pengumpulan data

Kumpulkan informasi langsung dari organisasi mitra. Data bisa berupa deskripsi proses atau data numerik, yang diperoleh dari penyebaran kuesioner, wawancara telepon, dan/atau kunjungan lapangan secara langsung.

  1. Menganalisa

Dalam proses ini, Anda harus membandingkan data yang terkumpul, baik numerik maupun deskriptif. Lalu tentukan kesenjangan antara pengukuran kinerja Anda dan pengukuran mitra Anda. Setelah itu, tentukan perbedaan dalam praktik yang menyebabkan kesenjangan.

  1. Penyesuaian

Kembangkan tujuan untuk proses perusahaan Anda. Kengembangkan rencana aksi untuk mencapai tujuan tersebut lalu lakukan aksi dan pantau rencana.

Jenis-Jenis benchmarking

Benchmarking sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti berikut:

  1. Berdasarkan subjeknya

Berdasarkan subjeknya, benchmarking terdiri atas internal benchmarking dan eksternal benchmarking. Internal benchmarking adalah kegiatan membandingkan kegiatan atau proses yang sama dalam satu perusahaan. Benchmarking ini bisa dilakukan di dalam perusahana yang memiliki cbang agar memiliki standardisasi sama dengan induk perusahaan. Sementara itu, eksternal benchmarking dilakukan dengan membandingkan perusahaan milik sendiri dengan perusahaan lain yang bergerak di industri serupa. Benchmarking eksternal terdiri dari dua macam, yaitu functional non competitive dan generic non competitive. Functional non competitive dilakukan dengan membandingkan fungsi yang sama dari perusahaan di berbagai bidang industri. Sementara itu. generic non competitive adalah membandingkan proses fundamental bisnis yang dianggap sama dari berbagai perusahaan.

  1. Berdasarkan objeknya

Berdasarkan objeknya, benchmarking dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu technical benchmarking, competitive benchmarking, strategic benchmarking, process benchmarking, dan performance benchmarking. Berikut masing-masing penjelasannya:

  • Technical benchmarking 

Technical benchmarking dilakukan untuk membandingkan hal-hal teknis. Hal ini biasanya dilakukan oleh staf desain untuk menentukan kemampuan produk atau layanan, terutama dibandingkan dengan produk atau layanan pesaing terkemuka.

  • Competitive benchmarking 

competitive benchmarking dilakukan dengan membandingkan seberapa baik (atau buruk) kinerja suatu organisasi sehubungan dengan persaingan terkemuka, terutama sehubungan dengan atribut, fungsi, atau nilai yang sangat penting yang terkait dengan produk atau layanan organisasi. 

  • Strategic benchmarking 

Strategic benchmarking adalah upaya pembangunan untuk meningkatkan bagian-bagian perusahaan Anda dengan melihat bagian lain dalam industri. Strategic benchmarking berkaitan dengan strategi dan cara membuat strategi yang memungkinkan Anda untuk lebih kompetitif di wilayah Anda. 

  • Process benchmarking

Process benchmarking membantu Anda untuk lebih memahami bagaimana proses dalam perusahaan Anda dibandingkan dengan proses lain di industri sejenis. Dengan melihat perusahaan lain di industri sejenis, Anda bisa mencoba untuk membuat proses di dalam perusahaan Anda menjadi lebih efisien dan hemat biaya. ,

  • Performance benchmarking

Performance benchmarking melibatkan pembelajaran tentang metrik dan prosedur kinerja pesaing, dan juga membuat perubahan pada proses dalam bisnis Anda dalam tingkat yang lebih rendah. Memperkenalkan proses baru adalah tindakan yang menantang dalam bisnis apapun karena memerlukan dukungan dari berbagai tingkatan di perusahaan. Performance benchmarking dapat mengungkap temuan yang tidak mungkin diterapkan dalam bisnis tanpa membuat rencana perubahan jangka panjang. Hal ini juga bisa menjadi perubahan yang paling efektif dan berhasil bagi perusahaan.


You Might Also Like