banner iklan

Mengenal Direct Marketing dan Manfaatnya

Mengenal_Direct_Marketing_dan_Manfaatnya

Pemasaran langsung atau direct marketing adalah cara Anda membuat kontak langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan Anda dengan menjalankan kampanye yang mengiklankan layanan atau produk. Lebih mudah bagi seorang profesional pemasaran untuk mencapai tujuan tertentu dan dapat menyampaikan pesan pribadi melalui teknik pemasaran langsung.Jika dilakukan dengan benar, pemasaran langsung dapat menghasilkan nilai jual yang tinggi dengan nilai biaya yang rendah. Saat ini ada banyak bentuk pemasaran langsung, dari cara tradisional hingga cara modern dengan menggunakan internet.Contoh pemasaran langsung adalah pemasaran jarak jauh, pemasaran email, penjualan pribadi, sindikasi katalog langsung, dll. 

Direct Marketing Menurut Para Ahli

Beberapa pakar bisnis dan pemasaran memberikan penjelasan singkat tentang pemasaran langsung. Berikut penjelasan pemasaran langsung menurut para ahli:

  • Suyanto

Menurut Suyanto (2007:219), pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang menggunakan saluran langsung untuk menjangkau konsumen dan memberikan barang atau jasa kepada konsumen tanpa bantuan pusat waktu.

  • Duncan

Menurut Duncan (2002:573), pemasaran langsung adalah teknik pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk memelihara dan menjalin komunikasi langsung dengan pelanggannya. Strategi ini dinilai lebih efektif karena bersifat interaktif dengan membuat database yang dapat digunakan untuk memicu komunikasi pemasaran dengan berbagai cara untuk mendorong respon pelanggan.

  • Kotler - Gary Armstrong

Menurut Kotler-Gary Armstrong (1996:53), pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang menggunakan berbagai media periklanan untuk berinteraksi langsung dengan konsumen sasaran. Biasanya, interaksi ini akan dilakukan melalui email, melalui telepon, atau secara langsung untuk mendapatkan umpan balik.

Variabel Keputusan Direct Marketing

Ada beberapa variabel penentu yang membentuk kerangka dasar teknik pemasaran langsung:

  • Offering

Penawaran adalah bentuk penawaran lengkap berupa produk dan jasa, harga, dan atribut lain yang termasuk dalam produk yang ditawarkan kepada pelanggan.

  • Creative

Variabel yang relevan meliputi latar belakang salinan, teknik, elemen desain grafis, serta semua aspek produksi seperti kustomisasi.

  • Media

Ada berbagai jenis media yang tersedia untuk teknik pemasaran langsung, seperti telepon, teks, email, situs web, media sosial, dan banyak lagi.

  • Timing dan Sequencing

Ada pilihan waktu dan pengaturan komunikasi dalam teknik pemasaran langsung, seperti pada periklanan pada umumnya. Pemasaran langsung memiliki kendali lebih besar atas teknik pemasaran lainnya, seperti kapan email dikirim, media apa yang digunakan, dan di segmen mana pemasaran langsung dilakukan.Ini tentu saja berbeda dengan teknik pemasaran umum yang sering mengikuti publikasi mereka, dan keterbatasan ruang dan program dapat berubah sesuka hati.

  • Customer Services

Dalam hal ini, perusahaan harus menyediakan saluran gratis dimana pelanggan dapat dengan mudah dan cepat mengakses semua informasi dan memberikan komentar, keluhan atau saran kepada perusahaan.

Jenis-jenis Direct Marketing

Ada banyak bentuk pemasaran langsung yang bisa dilakukan oleh sebuah bisnis, antara lain:

  • Direct Mail

Surat langsung adalah surat yang mengiklankan perusahaan kami atau produk dan layanan kami yang dikirim langsung ke pelanggan sasaran di suatu daerah. Beberapa bentuk surat langsung dapat berupa katalog produk, kartu pos produk, surat, dan banyak lagi. 

  • Telemarketing

Dalam teknik telemarketing, calon pelanggan dapat dihubungi melalui telepon untuk menjual suatu jasa atau produk. Teknik ini cukup ampuh untuk menarik pelanggan baru dalam jumlah yang relatif besar, dan sangat efektif jika langsung ditindaklanjuti dengan kampanye iklan pemasaran.Teknik telemarketing paling efektif bila didukung oleh prospek atau data konsumen dengan profil yang lengkap.

  • Email Marketing

Pemasaran email adalah cara sederhana, hemat biaya, dan skalabel untuk menjangkau pelanggan Adna. Pemasaran email dapat berbentuk e-newsletter, email promosi atau penawaran baru untuk pelanggan yang telah melakukan pembelian, atau iklan yang dapat muncul di email perusahaan. 

  • SMS Blasting

Dengan menggunakan SMS, bisnis dapat menjangkau pelanggan individu dan dapat mengirim pesan ke sekelompok konsumen dengan biaya yang relatif terjangkau. Anda dapat menggunakan layanan SMS untuk mengirim peringatan penjualan kepada pelanggan, memberikan tautan ke situs web Anda, atau memberikan pengingat pengiriman atau pesan pribadi.

  • Social Media Marketing

Anda dapat secara efektif menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran untuk bisnis Anda karena media sosial memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan Anda dan bertukar informasi terkait dengan bisnis, layanan, atau produk Anda.Platform media sosial juga akan memudahkan pelanggan untuk membagikan konten Anda ke seluruh jaringan, yang dapat meningkatkan jangkauan merek Anda secara eksponensial.

  • Direct Selling

Direct Selling adalah cara yang sangat efektif untuk menciptakan bisnis yang lebih fleksibel dan efisien. Penjualan langsung akan lebih mudah dipahami oleh calon pelanggan Anda. Ini dapat dilakukan dengan pergi langsung ke rumah atau tempat kerja klien.

  • Leaflet Marketing

Flyer marketing adalah metode pemasaran langsung dimana flyer dikirim ke target pelanggan.

  • Online Marketing

Teknik pemasaran langsung juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan pemasaran online atau sarana online melalui internet. Saat ini ada banyak bentuk komunikasi online, seperti marketplace, halaman toko online pribadi, iklan online seperti google atau facebook ads, dll.Faktanya, hampir setiap bisnis saat ini memiliki situs web atau portal untuk memamerkan produk atau layanan mereka.

  • TV Home Shopping

Teknik pemasaran menggunakan televisi atau door-to-door shopping sebenarnya cukup populer dalam beberapa dekade terakhir. Banyak saluran TV menyiarkan iklan ini. Cara ini dinilai efektif karena selain jangkauan yang luas, sesi penjualan tatap muka juga akan lebih sering dan panggilan telepon kemungkinan akan lebih sering terjadi.

Manfaat Direct Marketing

Pada dasarnya tujuan utama pemasaran langsung pada umumnya adalah untuk memasarkan suatu produk atau jasa kepada konsumen dengan biaya pemasaran yang lebih rendah. Teknik pemasaran langsung merupakan suatu bentuk kegiatan pemasaran yang terjalin secara langsung dengan target audience, dimana contact person harus bersifat personal dan mampu memanfaatkan media tertentu.Namun, yang lebih penting adalah bagaimana Anda dapat memilih cara dan metode yang paling efektif dan nyaman bagi Anda. 

  • Manfaat Bagi Penjual

Pemasaran langsung sangat fleksibel, di mana setiap pemasar dapat memilih metode yang paling tepat, waktu yang paling tepat, dan sarana yang paling tepat untuk menjangkau pelanggan sasarannya.Pemasaran langsung juga akan memberi setiap pemasar kemampuan untuk memilih di antara opsi yang berbeda dan melakukan tes pasar untuk menemukan yang paling efektif. Setiap profesional pemasaran dapat membuat strategi pemasaran yang dirancang khusus untuk mereka dan sangat sulit untuk ditiru, sehingga calon pelanggan juga memiliki pengalaman yang berbeda.

  • Manfaat Bagi Konsumen

Setiap konsumen akan merasa nyaman dengan teknik pemasaran langsung ini karena mereka dapat mengenali dan mengetahui kelebihan dan kekurangan produk yang ditawarkan.Selain itu, pelanggan juga akan merasa lebih nyaman karena dapat membeli produk yang diinginkan langsung di rumah tanpa harus melihat keluar. Pelanggan juga akan memiliki kebebasan dan kenyamanan untuk memilih dari beberapa variasi produk dari katalog produk.Pelanggan juga memiliki kemampuan untuk mencari informasi produk dari kategori, email, dll. bagi mereka untuk mempertimbangkan pro dan kontra dari produk.Pemasaran langsung atau direct marketing adalah cara Anda menjalin hubungan langsung dengan pelanggan dan calon pelanggan Anda dengan menjalankan kampanye yang mempromosikan layanan atau produk. Lebih mudah bagi seorang profesional pemasaran untuk mencapai tujuan tertentu dan dapat menyampaikan pesan pribadi melalui teknik pemasaran langsung. Jika dilakukan dengan benar, pemasaran langsung dapat menghasilkan nilai jual yang tinggi dengan nilai biaya yang rendah. Contoh pemasaran langsung adalah pemasaran jarak jauh, pemasaran email, penjualan pribadi, sindikasi katalog langsung, dll.Namun, Anda tidak bisa hanya mengandalkan strategi pemasaran langsung untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik. Mengapa? Karena Anda memerlukan perencanaan keuangan untuk menjalankan strategi ini, serta berbagai buku akuntansi dan keuangan yang berguna untuk merumuskan kebijakan keuangan bagi perusahaan.


You Might Also Like