banner iklan

Mengenal Istilah Analisis PEST (Political, Economy, Social, Technology) dalam Ekonomi

mengenal_istilah_analisis_pest__political_economy_social_technology__dalam_ekonomi

Sebuah bisnis tidak akan berakhir dengan kesuksesan ketika dijalankan tanpa membuat perencanaan serta analisis yang baik. Oleh sebab itu, salah satu faktor penting yang dibutuhkan dalam membangun sebuah perusahaan adalah PEST analysis. Sebuah metode yang berasal dari profesor asal Harvard yang sekarang sangat populer.Sudah banyak perusahaan yang menggunakan metode ini. Bahkan bisnis-bisnis besar dari seluruh dunia pun sudah menggunakannya. Lalu apa itu PEST? Seperti apa perannya di dalam sebuah bisnis? Berikut ini kami akan kami berikan penjelasannya untuk Anda.

Pengertian PEST Analysis

PEST analysis merupakan sebuah manajemen risiko yang juga merupakan sebuah proses dari desain strategi. Awalnya, metode ini dibuat oleh seorang profesor yang berasal dari Harvard University bernama Francis Aguilar di tahun 1967. Adapun PEST merupakan akronim dari political, economic, social, dan technology. Keempat faktor inilah menjadi hal yang sangat penting agar dianalisis oleh sebuah organisasi.Tujuannya adalah agar mampu menghasilkan bisnis yang lebih baik. Berdasarkan keterangan dari Business News Daily, PEST analysis harus dilakukan pada saat membuat rancangan bisnis. Analisis tersebut juga harus disertai dengan SWOT analysis agar memberikan hasil yang lebih baik.Seperti yang sudah kami sebutkan bahwa terdapat empat faktor yang berhubungan dengan PEST. Keempat faktor tersebut akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini :

  1. Political

Faktor politik menjadi faktor pertama yang ada di dalam PEST analysis. Faktor ini berkaitan dengan peninjauan terhadap berbagai kebijakan politik yang berpotensi memberikan dampak terhadap bisnis yang akan dijalankan. Salah satu contohnya adalah meninjau peraturan atau kebijakan pemerintah khususnya yang berhubungan dengan legalitas, hukum, hak cipta, pajak, dan lain sebagainya.Hal-hal tersebut nanti bisa berpengaruh terhadap kemampuan dari sebuah bisnis yang dijalankan di dalam mendapatkan keuntungan dan menjadi bisnis yang sukses pada saat beroperasi baik dalam sebuah daerah maupun negara. Bukan hanya melihat dampak yang ditimbulkan untuk saat ini, namun aspek politik juga dibutuhkan untuk mengetahui dampak yang akan ditimbulkan di masa yang akan datang.

  1. Economical

Faktor kedua di dalam PEST analysis adalah faktor ekonomi. Faktor ini berhubungan dengan isu ekonomi (faktor eksternal) yang berpotensi memberikan pengaruh terhadap sebuah bisnis dalam beroperasi. Beberapa contoh dari faktor ekonomi yang harus diperhatikan antara lain inflasi pertukaran, bunga, maupun naik-turunnya ekonomi pada kelas menengah.

  1. Social

Adapun faktor sosial yang perlu diperhatikan pada PEST analysis yaitu faktor lingkungan (makro) pada sebuah organisasi yang direncanakan. Faktor ini penting untuk diperhatikan untuk mengetahui seberapa besar potensi pasar yang tersedia untuk bisnis yang Anda jalankan. Adapun contoh faktor sosial yang perlu Anda perhatikan antara lain populasi penduduk, distribusi usia, dan berbagai faktor lainnya.Analisis sosial juga membantu bisnis Anda di dalam mengetahui seperti apa kebutuhan konsumen sehingga bisa diketahui kira-kira apa saja hal dapat menarik konsumen agar melakukan pembelian.

  1. Technological

Faktor keempat dari PEST analysis adalah faktor teknologi. Meskipun berada di posisi terakhir, bukan berarti faktor teknologi bisa Anda abaikan. Faktor teknologi pun juga perlu Anda analisis karena pada dasarnya faktor ini dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Maka dari itu, perlu adanya sebuah analisis yang baik agar memberikan hasil yang positif.Penilaian terhadap aspek teknologi harus dilakukan dari berbagai sisi. Hal ini juga berkaitan dengan pengeluaran pemerintah untuk melakukan riset teknologi, peran internet serta dampak yang ditimbulkan terhadap bisnis, maupun life cycle terhadap teknologi yang ada, maupun perubahan yang terjadi karena adanya teknologi informasi.

Mengapa Perlu Melakukan PEST Analysis?

Mengapa kita perlu melakukan PEST analysis?  Analisis ini diperlukan agar Anda bisa mengatur dan menentukan strategi bisnis yang tepat. PEST analysis juga diperlukan agar Anda bisa mendapatkan keputusan yang tepat. Selain itu, analisis tersebut juga memberikan gambaran tentang pengaruh eksternal atau faktor luar yang penting untuk perusahaan. PEST analysis juga membantu di dalam melakukan proses perencanaan, pengembangan produk dan juga bisnis, marketing, manajemen proyek, dan lain sebagainya.

Manfaat PEST Analysis

PEST analysis bermanfaat dalam membantu sebuah organisasi maupun perusahaan dalam mengoptimalkan maupun mengetahui kesempatan yang muncul di pasar dengan berdasarkan kondisi lingkungan yang ada. Dengan begitu, keputusan yang dibuat untuk sekarang dan masa yang akan datang bisa lebih efektif.PEST analysis juga merupakan sebuah cara bisnis di dalam memahami perusahaan secara mendalam sehingga bisa membuat sebuah strategi yang sesuai sasaran. Bukan itu saja, perusahaan juga akan lebih siap di dalam menghadapi bahaya maupun ancaman yang mungkin bisa dialami selama menjalankan operasinya.

Lalu Siapa yang Melaksanakan PEST Analysis?

Mungkin Anda bertanya kira-kira siapa yang akan melakukan analisis PEST? PEST analysis bisa dilakukan oleh perusahaan maupun organisasi mana saja yang ingin mengetahui potensi pasar sekarang dan yang akan datang. Bahkan disarankan untuk melakukan PEST analysis sebelum membuat keputusan atau menyusun strategi.Tidak masalah jika perusahaan atau organisasi tersebut tidak melakukan analisa terhadap setiap aspek menggunakan intensitas yang sama. Hal ini karena beberapa bisnis lebih berfokus terhadap satu aspek dibandingkan dengan aspek yang lainnya. Sebagai contoh, Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang teknologi, maka tentu saja aspek teknologi merupakan faktor yang sangat penting Anda perhatikan dibandingkan dengan politik.Begitu juga ketika Anda menjalankan bisnis yang bergerak di bidang lainnya, kemungkinan besar ada salah satu aspek yang lebih Anda perhatikan dibandingkan dengan aspek lainnya. Namun perlu diingat bahwa bukan berarti aspek lainnya tersebut tidak penting atau malah Anda abaikan. Hanya saja, Anda hanya perlu memberikan fokus yang lebih terhadap satu aspek yang memang menurut Anda paling penting.

Kesimpulan 

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai PEST analysis. Kesimpulannya, PEST analysis perlu dilakukan sebelum Anda menjalankan sebuah bisnis. Keempat faktor yaitu politik, ekonomi, sosial, dan teknologi memegang perannya masing-masing dan Anda perlu memperhatikan seluruh aspek tersebut. Semoga bermanfaat.


You Might Also Like