Mengenal Pameran Secara Lengkap dan Tujuannya Dalam Marketing

Mengenal_Pameran_Secara_Lengkap_dan_Tujuannya_Dalam_Marketing

Pameran merupakan salah satu dari sekian banyak media yang digunakan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat  dengan tujuan untuk saling bertukar informasi dan juga melakukan negosiasi bisnis. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan pameran? Dan apa saja manfaat dan tujuan dalam dunia marketing?Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang pengertian pameran secara lengkap serta tujuan, jenis dan manfaat dari pameran.

Pengertian Pameran

Pada dasarnya Exposition atau biasa disebut Eksibisi berasal dari bahasa asing yaitu bahasa Inggris yaitu Exhibition. Sederhananya, pameran adalah peragaan, demonstrasi atau suatu tontonan.Menurut laman wikipedia,  pameran diartikan sebagai suatu bentuk kegiatan di mana  banyak penjual memasarkan produknya, baik berupa barang maupun jasa, kepada calon pembeli.Para ahli mengatakan bahwa pengertian pameran adalah suatu bentuk kegiatan yang memperkenalkan karya seni atau produk tertentu kepada banyak orang sehingga dapat dinikmati dalam bentuk apapun.Pameran ini mempunyai ciri-ciri tertentu yang membedakannya dengan peristiwa lain, yaitu pameran merupakan sarana mengkomunikasikan sesuatu secara intuitif, kompleks, visual dan tidak ambigu. Selain itu, selama pameran akan terjadi komunikasi  dua arah  antara  penyelenggara dan publik.Secara umum pameran ini akan menarik banyak orang, sehingga sering dijadikan sebagai ajang bagi publik untuk menunjukkan citra perusahaan. Pameran merupakan kegiatan publik berskala besar yang bersifat global, sehingga dapat diberitakan sebagai berita.Dengan demikian, pameran adalah kegiatan yang diselenggarakan sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan kepada publik dalam berbagai bentuk, seperti budaya, pendidikan, karya seni, produksi, produk tertentu, dll. Dengan kata lain,  pameran diartikan sebagai suatu bentuk kegiatan promosi yang dilakukan oleh produsen, organisasi, atau asosiasi tertentu dalam rangka mempresentasikan produknya kepada calon pembeli.

Pengertian Pameran Menurut Ahli

  • Isabel Briggs Myers

Isabel Briggs Myers berpendapat bahwa pengertian pameran adalah  kegiatan yang berkaitan dengan ruang dan tampilan karya seni rupa seperti patung, foto, lukisan, dll.

  • Evelina Lidia

Evelina Lidia berpendapat bahwa pengertian pameran adalah suatu bentuk kegiatan yang dapat diselenggarakan oleh organisasi  independen dan terbuka untuk umum.

  • Rilis E. Han dan Kenneth G. Mangun

Rilis E. Han dan Kenneth G. Mangun mengatakan, membangun pameran merupakan bentuk pemasaran yang sangat efektif untuk kampanye produk tertentu, mensosialisasikan beberapa program perusahaan dan juga menginformasikan kepada masyarakat tentang manfaat produk, juga sebagai upaya untuk meningkatkan pangsa pasar.

  • Frank William Jefkins

Frank William Jefkins menganggap konsep pameran sebagai bentuk pemasaran yang mampu menyentuh panca indera banyak orang.

  • Adi Irwanto

Adi Irwanto mengatakan bahwa konsep pameran merupakan salah satu  cara untuk menampilkan karya seni rupa secara visual dalam dua atau tiga dimensi.

Tujuan Pameran

Pameran ini juga memiliki tujuan lain, yaitu:

  1. Kepentingan Komersial

Pameran untuk kepentingan komersial adalah kegiatan pameran dengan tujuan agar pengunjung dapat membeli setiap karya yang dipamerkan sehingga penyelenggara dapat memperoleh keuntungan di kemudian hari.Setiap peserta pameran juga dapat menjual produknya kepada konsumen yang tepat. Selain itu, perusahaan memiliki kemampuan untuk menjangkau secara intim dengan pelanggannya secara efektif dan efisien.

  1. Mengumpulkan informasi

Dengan menyelenggarakan kegiatan pameran, semua pemangku kepentingan memiliki kesempatan untuk mengumpulkan dan juga mendapatkan informasi tentang tren yang  berkembang dalam suatu industri. Dengan demikian, setiap pihak yang mengikuti pameran akan memahami dengan jelas apa yang menjadi bidang usaha perusahaan.

  1. Untuk Kemanusiaan

Pameran yang diadakan untuk tujuan kemanusiaan adalah suatu bentuk kegiatan pameran yang dilakukan dengan tujuan untuk memajukan, melestarikan, memperindah, dan mengembangkan karya seni, Seni dan budaya berkembang di masyarakat.Hasil penjualan karya-karya yang dihasilkan oleh pameran tersebut selanjutnya akan disumbangkan untuk kegiatan kemanusiaan, seperti panti asuhan, korban bencana, dll.

  1. Tujuan sosial

Aktivitas kontak yang dilakukan untuk tujuan sosial adalah aktivitas kontak yang dilakukan hanya untuk tujuan sosial. Setelah itu, hasil penjualan produk atau pembelian tiket pameran akan disumbangkan untuk kegiatan sosial.

Fungsi Pameran

Dalam prosesnya, beberapa fungsi pameran dapat diperoleh oleh banyak pihak. Beberapa fungsi pameran  adalah:

  1. Fungsi pendidikan

Fungsi pendidikan pameran adalah untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat umum untuk memahami pentingnya pengetahuan mental manusia. Mengapa sangat berguna? Karena aktivitas ini memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kembali ingatan tetapi juga pandangan seseorang terhadap lingkungan di sekitarnya.

  1. Fungsi Apresiasi

Pameran ini sangat bermanfaat sebagai sarana untuk menunjukkan rasa hormat kepada seniman, sehingga pengunjung akan menyampaikan apresiasinya terhadap seniman dan  karyanya.

  1. Fungsi Prestasi

Pameran ini juga membantu para penggiat seni untuk berprestasi dalam menciptakan karya-karya inspiratif.

  1. Fungsi Rekreasi

Pameran juga bermanfaat sebagai sarana relaksasi dan juga untuk melepaskan diri dari  tekanan aktivitas sehari-hari yang banyak menguras  pikiran dan tenaga.

Manfaat Pameran

Berdasarkan pengertian pameran serta fungsi dan tujuannya, manfaat penyelenggaraan kegiatan pameran sebagai wadah yang tepat bagi  seniman dan orang yang menciptakan suatu karya untuk meningkatkan dan mengembangkan suatu produk atau suatu karya seni. Pameran juga bermanfaat sebagai sarana bagi masyarakat untuk meningkatkan dan mengembangkan apresiasi terhadap seniman dan desainer produk.Tidak hanya itu, pameran bersama akan membantu masyarakat memiliki kesempatan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi karya secara objektif, bukan subjektif. Pameran ini juga menawarkan pengalaman yang memperkaya bagi seniman dan desainer produk.Manfaat lain dari pameran adalah sebagai sarana melatih masyarakat dalam menyelenggarakan atau merencanakan suatu kegiatan dan sebagai sarana relaksasi dan peremajaan mental, baik bagi masyarakat maupun penyelenggara.

Jenis Pameran

Secara umum, ada dua jenis pameran yang dibagi menjadi pameran dagang dan pameran berorientasi  pelanggan.

  1. Pameran Dagang

Pengertian Pameran Dagang adalah  jenis pameran yang diselenggarakan untuk industri tertentu, seperti industri perdagangan dan manufaktur. Tujuan utamanya adalah untuk bertukar informasi dan juga untuk melakukan negosiasi bisnis.Pada umumnya hanya orang-orang tertentu saja yang diundang dalam pekan raya ini, jarang sekali masyarakat umum dapat diterima dalam pekan raya seperti ini. Beberapa contohnya adalah East Food Indonesia, Communic Asia, IFFINA dan Hong Kong Fashion Week.

  1. Pameran yang berfokus pada konsumen

Pengertian pameran yang berfokus pada konsumen adalah suatu bentuk pameran yang melibatkan sejumlah industri yang berbeda untuk memasarkan produknya kepada publik. Pada dasarnya, pameran ini akan menampilkan barang-barang konsumsi untuk dijual langsung. Pameran ini juga diselenggarakan untuk menarik minat atau orang tertentu.Beberapa contoh pameran yang berorientasi konsumen adalah GIIAS, Big Bad Wolf Book Sale, Jakarta Smart Living Expo, dll.Pameran juga dapat dibedakan berdasarkan lamanya waktu penyelenggaraan pameran, yaitu :

  1. Pameran Tetap

Pengertian pameran tetap adalah suatu bentuk pameran yang menampilkan berbagai koleksi karya dari Galeri Nasional Indonesia yang diselenggarakan secara berkala berdasarkan konsep kurasi yang dilaksanakan oleh Galeri Nasional Indonesia. Biasanya, jenis pameran ini akan terjadi secara teratur selama periode waktu tertentu, seperti setahun sekali atau setiap beberapa bulan.

  1. Pameran Temporer

Pengertian pameran temporer adalah suatu jenis pameran yang diadakan secara bersama-sama atau sendiri-sendiri dalam jangka waktu tertentu dengan menampilkan karya seni yang berbeda oleh Galeri Nasional, yang diselenggarakan oleh perusahaan Indonesia atau dikoordinasikan dengan perusahaan lain. Biasanya pameran jenis  ini diadakan minimal 10 hari atau maksimal 30 hari.

  1. Pameran Keliling

Pengertian pameran keliling adalah pameran yang menampilkan berbagai koleksi dari Galeri Nasional Indonesia atau dari luar galeri yang dipindahkan ke beberapa daerah di Indonesia atau kepada orang asing. Pameran ini akan diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau bekerjasama dengan pihak lain dengan durasi minimal 10 hariBerdasarkan uraian di atas, dapat Anda simpulkan bahwa pengertian pameran adalah suatu bentuk kegiatan yang diselenggarakan untuk mempresentasikan suatu produk, karya seni atau  karya lain kepada publik. Tujuannya adalah untuk memamerkan produk dari berbagai industri mulai dari teknologi, buku,  seni, real estate, bisnis, otomotif, dan banyak lagi.Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian pameran beserta fungsi, tujuan, manfaat, dan jenisnya. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda dalam dunia marketing. Namun,  penting bagi perusahaan untuk tidak hanya fokus pada pemasaran, tetapi juga pada manajemen keuangan, manajemen produk, dan aspek akuntansi lainnya.


You Might Also Like