Mengenal Reklame: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Manfaatnya

mengenal_reklame_pengertian_jenis-jenis_dan_manfaatnya

Dalam sebuah bisnis, reklame menjadi bagian penting untuk kegiatan promosi. Jika dilihat sekilas, reklame memang punya fungsi serupa dengan iklan. Namun, tahukah Anda bahwa keduanya ternyata memiliki pengertian yang berbeda? Berikut pengertian reklame dan perbedaanya dengan iklan:

Pengertian Reklame

Reklame adalah media yang digunakan untuk menyampaikan informasi singkat kepada banyak orang secara terus menerus, baik melalui gambar, teks, atau audio. Dari asal katanya, reklame berasal dari bahasa Spanyol, yaitu “reclamos” yang bermakna seruan berulang. Karena itu, reklame bisa kita definisikan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi, baik berupa promosi, ajakan, atau penawaran, secara kontinyu.Reklame biasanya mengandung gambar terkait produk yang ingin dipromosikan atau mengandung pesan yang ingin disampaikan. Tujuan utama reklame adalah memicu reaksi banyak orang sekaligus membuat mereka melakukan hal yang ingin disampaikan dalam pesan tersebut. Dalam dunia bisnis, pemasangan reklame ini sangat penting untuk mempromosikan produk yang dihasilkan. Dengan adanya reklame, Anda bisa menawarkan produk dengan mudah dan membujuk orang agar mau membeli produk tersebut. Bentuk reklame sendiri tak hanya berupa papan promosi seperti billboard. Kita juga bisa menemukan reklame saat mendengarkan radio, menonton televisi, atau berselancar di internet. Reklame juga harus dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian orang.

Perbedaan Reklame dan Iklan

Kerap dianggap sama, reklame sebenarnya memiliki perbedaan besar dengan iklan. Secara fungsi tujuan, reklame dan iklan memang sama sehingga banyak orang yang sering keliru dengan penggunaan istilah keduanya. Perbedaan besar antara reklame dan iklan terletak di isi konten.Reklame biasanya menggunakan seni grafis mencolok agar bisa memikat hati orang yang melihat atau membacanya. Sementara itu, iklan biasanya berisi teks yang panjang dan detail, seperti artikel. Isi teks tersebut bertujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dipromosikan. Media iklan juga beragam, bisa berupa buletin, majalah, koran, atau platform seperti website khusus, blog, dan Google. Sementara itu, isi reklame cenderung lebih singkat dan dipublikasikan lewat media seperti radio, televisi, baliho, spanduk, dan sejenisnya, yang dipasang di tempat strategis agar bisa dibaca atau dilihat banyak orang.

Ciri-Ciri Reklame

Pembuatan reklame juga tidak bisa sembarang karena harus memenuhi ciri-ciri tertentu. Berikut ciri-ciri reklame:

  • Memiliki isi yang singkat, padat. dan jela, agar lebih mudah dimengerti oleh orang yang membacanya.
  • Isi harus mencolok dan menarik, baik dari segi penempatan gambar, huruf, atau desain grafisnya. ini diperlukan agar reklame tersebut bisa menarik perhatian orang.
  • reklame juga harus mengandung kejujuran. Dengan kata lain, isi pesan atau produk yang diinformasikan harus bisa dibuktikan ke konsumen.
  • Dilakukan berlangsung agar meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk atau mengikuti pesan yang ingin disampaikan.

Jenis-Jenis Reklame

Jenis-jenis reklame bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu berdasarkan pengadaan, sifat, tempat, dan media yang digunakan. Secara rinci, berikut jenis-jenis tersebut:Berdasarkan pengadaan

  • Reklame komersial

Reklame komersial adalah reklame yang dibuat untuk kepentingan suatu perusahaan.Tujuan reklame ini dibuat adalah untuk meningkatkan keuntungan atau pendapatan perusahaan tersebut.

  • Reklame non komersial

Reklame non komersial adalah reklame yang dibuat untuk tujuan memberikan informasi ke masyarakat tanpa adanya unsur promosi. Reklame ini berisi informasi, himbauan, atau ajakan agar masyarakat mau mengikuti isi pesan yang disampaikan lewat reklame tersebut.Berdasarkan sifat

  • Reklame penerangan

Reklame ini berisi informasi penting yang harus diketahui orang banyak atau masyarakat luas.

  • Reklame peringatan

Reklame ini berisi tentang hal yang perlu dihindari atau dicegah oleh masyarakat luas.

  • Reklame ajakan

Reklame ini berisi ajakan agar  masyarakat mau mengikuti pesan yang ada dalam reklame tersebut.Berdasarkan tempat

  • Reklame outdoor

Reklame ini dipasang di ruangan terbuka dan strategis seperti jalan raya, terminal, atau stasiun. Reklame outdoor biasanya memiliki ukuran besar dengan warna mencolok.

  • Reklame indoor

Jenis reklame ini bisa ditempatkan dalam ruangan dan ukurannya tidak terlalu besar, misalnya poster atau pamflet.Berdasarkan media 

  • Reklame audio

Reklame audio menggunakan media suara yang bisa diputar di radio atau pengeras suara suatu tempat.

  • Reklame visual

Reklame visual isa menggunakan gambar yang mampu menarik perhatian orang. Buk reklame ini bisa berupa spanduk, baliho,  plakat, atau poster.

  • Reklame Audio Visual

Jenis reklame ini memanfaatkan media suara dan gambar secara bersamaan. Reklame ini bisa diputar di videotron atau televisi.

Manfaat Reklame

Dalam dunia bisnis, reklame memiliki manfaat sebagai berikut

  1. Media promosi

Reklame bisa menjadi sarana atau media promosi agar menarik calon konsumen membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Dengan begitu, angka penjualan pun bisa meningkat.

  1. Memperkenalkan produk

Reklame juga bisa kita manfaatkan untuk memperkenalkan produk yang kita hasilkan ke khalayak luas. Sebab, reklame juga harus berisi informasi yang jelas, singkat, dan padat sehingga mudah dipahami banyak orang. Dengan begitu, produk kita jadi lebih dikenal dan jangkauan konsumen pun lebih luas.

  1. Meningkatkan citra produk

Dengan reklame, perusahaan bisa meningkatkan citra produk yang dihasilkan. Reklame juga bisa menjadi ajang untuk membentuk citra baik sebuah barang sekaligus memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang sudah diinformasikan.

  1. Media komunikasi

Reklame juga bisa menjadi media komunikasi antara produsen dan perusahaan. Sebab dengan adanya reklame, produsen bisa mengkomunikasikan kelebihan produk yang dihasilkannya.Selain memiliki manfaat untuk dunia bisnis, reklame juga memiliki manfaat sosial. Berikut manfaat sosial reklame:

  • Mengajak khalayak ramai untuk mengikuti suatu himbauan atau aturan.
  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang adanya bahaya, kejadian, peringatan, atau suatu fenomena yang sedang terjadi di dalam masyarakat. Dengan begitu, masyarakat bisa lebih waspada.

Itulah pengertian reklame dan manfaatnya dalam dunia usaha. Dari ulasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa reklame dan iklan memiliki tujuan yang sama namun berbeda isi kontennya. Reklame juga tak hanya bermanfaat dalam dunia bisnis namun juga bisa memberi manfaat sosial untuk masyarakat luas. Bagi Anda yang ingin membuat reklame, Anda juga harus memperhatikan ciri-ciri reklame. Sebab, sebuah reklame yang baik harus mengandung ciri-ciri khusus agar bisa memberikan informasi yang mudah dimengerti dengan cara yang menarik.


You Might Also Like