banner iklan

Mengenal Sistem Manajemen Aset, Beserta 8 Manfaatnya Untuk Bisnis Anda (2023)

Mengenal Sistem Manajemen Aset, Beserta 8 Manfaatnya Untuk Bisnis Anda

Mengenal Sistem Manajemen Aset, Beserta 8 Manfaatnya Untuk Bisnis Anda (2023)Sistem manajemen aset pada dasarnya menjadi suatu proses pengelolaan kelompok aset dari suatu perusahaan sehingga bisa mendapatkan keuntungan. Perlu diketahui kalau keuntungan yang dimaksud bukan hanya seperti rupiah, melainkan nilai maupun tujuan yang ditentukan.Di jaman yang berteknologi maju saat ini, bisnis biasanya akan mempunyai banyak aset bagi perusahaan. Manajemen dan pelacakan aset TI juga telah berkembang cukup jauh hingga menjadi hal yang baik dari proliferasi device seluler pada tempat kerja.Tak hanya itu saja, sering menggantikan pegawai bisa mengakibatkan concerns mengenai keamanan data. Dengan begitu, berbasis cloud hadir untuk dijadikan sebagai solusi terbaik atas kesalahan yang mengenai manajemen aset organisasi atau perusahaan.

Mengenal Sistem Manajemen Aset

Sistem manajemen aset adalah dengan tujuan agar dapat memonitoring setiap aset yang penting untuk menunjang pengambilan keputusan rencana dari anggaran operasional serta pemeliharaan aset maupun akuisisi investasi baru.Siklus hidup aset perusahaan yang dimulai dari penerapannya dan pembaruan dapat dilihat dengan cara yang logistik oleh Asset management software (AMS). Yang pastinya ini sangat membantu untuk perusahaan yang anda miliki.Pemakaian software monitoring aset berbasis web lebih membantu ketimbang pemakaian spreadsheet secara langsung dalam mengevaluasi data aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Dengan demikian pembuatan keputusan juga makin lebih baik dalam mengelola aset.Sistem manajemen aset online juga memiliki manfaat dalam memudahkan perusahaan sehingga dapat mengontrol prosedur audit perusahaan. Sistem manajemen online ini juga menawarkan gambaran akurat dari aset tetap untuk inventaris perusahaan.

Manfaat Sistem Manajemen Aset bagi Usaha

Seringkali prosedur aset ini akan mencakup beberapa hal yang mengenai dengan tanggal pembelian, model, nomor seri, biaya siklus hidup, pabrikan serta pemeliharaan dan perbaikan, nilai sekarang, lokasi hingga jumlah dari tiap jenis aset.Berdasarkan data disimpan, aplikasi manajemen inventori dapat memutuskan tentang aset seperti apa yang dibutuhkan di masa depan. Maka dari itu sebuah perusahaan bisa mengelola gudang dengan efektif apabila menggunakan aplikasi manajemen aset online.Tentu saja ini berguna dalam pengelolaan aset perusahaan yang umumnya ada beragam manfaat dari aplikasi aset berbasis web. Dalam pembahasan yang ada saat ini, tersedia beberapa manfaat yang perlu anda ketahui. Coba anda perhatikan uraian lengkapnya dibawah ini.

1. Perhitungan Aset lebih Akurat

Salah satu manfaat dari software aset berbasis web adalah perhitungan aset perusahaan akan menjadi lebih akurat. Hal tersebut karena ini memiliki sistem yang dapat mengelola semua data dengan cara yang real time.Yang pastinya skema perhitungan harga otomatis perusahaan bisa dilakukan dengan nilai aset yang lebih akurat. Tidak ada yang namanya ruang buat human error serta ROI, perhitungan depresiasi aset hingga beberapa hal yang mengenai biaya keluar jika sedang maintenance aset.Perlu anda ketahui kalau maintenance aset ini bisa dikalkulasi dengan cara yang otomatis. Tentu saja keunggulan yang seperti ini tak bisa ditemukan apabila melakukan teknik perhitungan mengenai nilai aset dengan cara manual.

2. Maintenance yang Tepat Waktu

Manfaat sistem manajemen aset yang selanjutnya adalah maintenance yang tepat waktu. Umumnya terunggul dapat memudahkan para perusahaan dalam menjadwalkan setiap perawatan bagi aset-aset yang dimilikinya.Sistem manajemen aset terbaik akan menyimpan tiap data yang secara menyeluruh milik perusahaan dengan jadwal dari maintenance aset yang ada. Ini adalah suatu keunggulan yang dimiliki oleh software asset tracking.Apalagi anda yang terhubung dengan sistem unggulan seperti HRM System, dimana ini akan mengelola pegawai yang mempunyai aset perusahaan serta memudahkan tugas-tugas umum dari HR.Dengan begitu, keadaan tiap aset suatu perusahaan bisa selalu terlindungi dan terjaga dengan adanya sistem yang bisa membantu proses dari administrasi maintenance aset kepemilikan perusahaan.

3. Aset akan Teridentifikasi dengan Mudah

Software pengelolaan aset perusahaan dapat menjaminkan kalau aset perusahaan yang dimiliki oleh anda akan teridentifikasi dengan mudah. Pada umumnya, keutamaan dalam implementasi akan berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan.Maksudnya disini adalah segala hal yang mengenai kegiatan operasional usaha akan menjadi lebih mudah dalam mengidentifikasi setiap aset perusahaan yang ada.Karena sistem manajemen aset ini berbasis cloud, maka perusahaan bisa menerima visibilitas yang secara menyeluruh pada setiap informasi terperinci tentang aset.Melalui barcode serta serial number, suatu perusahaan dapat mengelola maupun mengidentifikasi beragam aset dengan cara yang lebih mudah. Dan apabila terintegrasi dengan suatu sistem pembelian, maka perusahaan juga bisa membeli aset baru sesuai anggaran vendor terbaik.

4. Deteksi dinamika Nilai Aset

Jika anda ingin mengenal lebih dalam tentang sistem manajemen aset ini, dimana anda akan melihat beberapa manfaat yang seperti mendeteksi dinamika nilai aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Tentunya ini adalah hal yang sangat baik untuk kita sebagai pebisnis.Tersedia berbagai macam jenis aset yang dapat diprediksi dan menguntungkan, tetapi begitupun juga dengan sebaliknya. Pemahaman yang ada di dalam nilai aset tersebut juga menjadi suatu bahan pertimbangan yang harus dilakukan oleh perusahaan.Pertimbangan tersebut mengenai kegiatan khusus untuk dilakukan pada nilai aset, entah itu akan tetap dikelola, atau mungkin dijual, tidak digunakan untuk sesuatu apapun hingga tidak membawa dampak yang buruk bagi suatu perusahaan.

5. Evaluasi pembelian Perusahaan

Umumnya, manajemen aset memiliki kemungkinan besar untuk perusahaan tetap memahami dengan teliti tentang keadaan aset yang ada pada saat ini. Jadi tiap perusahaan yang memanfaatkan penggunaan sistem manajemen aset ini dapat mengetahui keberadaan nilai asetnya.Pemahaman mengenai data tersebut bisa membantu suatu perusahaan agar dapat mengevaluasi mendalam mengenai rencana pembelian aset perusahaan itu sendiri. Jika ditemukan data valid, perusahaan dapat menjadikannya acuan atau mengurangi rencana beli aset.Perlu diketahui kalau aset yang sudah berlebihan atau mungkin tidak bisa dikelola dengan baik, maka ini akan membuat nilainya menjadi lebih menurun. Yang pastinya perusahaan tersebut akan mendapatkan kerugian yang cukup besar.

6. Keamanan Data makin Terjamin

Sistem aset berbasis cloud tentunya mempunyai kelebihan di dalam keamanan data ketimbang sistem yang masih konvensional atau berbasis lokal. Memungkinkan kalau penyimpanan data aset perusahaan akan jauh lebih aman daripada sebelumnya.Hal tersebut karena basis penyimpanannya memakai cloud, apabila terjadi suatu hal yang tidak diduga, misalnya virus dalam jaringan anda atau bencana cuaca. Nah, data-data yang mengenai aset perusahaan tersebut disimpan dalam cloud hingga tidak dapat dipengaruhi oleh apapun itu.Hal tersebut juga disebabkan karena database sistem yang mungkin terhubung pada internet. Karena inilah yang membuat keamanan data makin terjamin hingga terhindar dari berbagai macam risiko akan terjadinya kerusakan.

7. Penyewaan Aset tetap Terkendali

Selanjutnya manfaat sistem manajemen aset ini juga berdampak pada penyewaan aset. Dimana perusahaan bisa mengelola setiap aset perusahaan yang disewakan sekaligus. Bisa dibilang kalau sistem aset manajemen ini memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan.Proses tracking maupun pengelolaan kontrak nilai aset yang sudah disewakan serta rincian biayanya juga bisa anda lakukan pada sebuah platform atau media yang sama. Jadi, anda tak perlu lagi untuk mengelola setiap aset perusahaan dengan cara manual dan terpisah.Hal ini juga terjadi akibat suatu aplikasi yang telah di otomatiskan tentang proses penyimpanan datanya. Biasanya ini akan terdiri atas penyewaan dari tiap masing-masing aset perusahaan yang sesuai dengan kontraknya yang ada.

8. Terintegrasi dengan Sistem Manajemen Aset Lainnya

Beberapa sistem yang digunakan perusahaan untuk kebutuhan bisnisnya akan makin mudah dalam produktivitas usaha atau bisnisnya. Terutama apabila sistem tersebut memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya.Solusi-solusi sistem aset cloud membuat integrasi sistem lebih sederhana hingga memberikan visibilitas yang total pada aset tetap. Kemungkinan besar perusahaan anda dapat mempertahankan kelancaran operasional bisnis yang dijalankannya.Dengan menggunakan sistem manajemen aset, perusahaan bisa membantu pengelola aset dengan cara real time dan seamless. Dengan adanya sistem ini, secara otomatis anda bisa menghitung ROI, penilaian aset modal hingga pengeluaran yang ada.Pembahasan ini bisa kita simpulkan kalau sistem manajemen aset memiliki daya tarik sendiri dalam melacak pemanfaatan aset perusahaan yang ada. Kecil kerugian akan terjadi dengan mengimplementasikan sistem manajemen aset.


You Might Also Like