Mengenali Kelebihan dan Kekuatan Bisnis Melalui Online Marketplace

Mengenali_Kelebihan_dan_Kekuatan_Bisnis

Marketplace adalah platform atau tempat dimana penjual dapat menjual barang secara online. Mengapa Anda harus mulai mempertimbangkan untuk memulai bisnis online marketplace? Istilah Market atau pasar online mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang akhir-akhir ini, meskipun istilah pasar adalah kata bahasa Inggris untuk “market”. Namun, istilah pasar memiliki istilah yang lebih spesifik dan mengandung banyak arti, terutama dalam bisnis, seperti; di mana ada banyak penjual produk yang sama dan pembeli memiliki minat yang sama atau hanya di mana penjual dan pembeli bertemu dalam arti pasar yang sebenarnya. 

Jadi Apa Artinya Berbisnis Melalui Online Marketplace? 

Apapun istilah yang digunakan, saat ini salah satu pasar yang paling banyak diperdagangkan adalah pasar online. Orang suka membeli dan menjual di pasar online karena mudah dan nyaman. Berkat platform marketplace, Anda tidak perlu menyewa tempat untuk membuka kios Anda. Namun, sebelum membuka booth bisnis Anda di online marketplace, Anda harus memperhatikan kelebihan dan keuntungan berjualan di platform online marketplace. Tahukah Anda bahwa aplikasi akuntansi online Journal by Mekari dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis online dengan lebih mudah dan akurat. 

Manfaat Berbisnis Online di Marketplace

Berikut beberapa keuntungan berbisnis online melalui marketplace: 

  1. Peluang Lebih Besar Melalui Komunitas 

Ruang pasar online dapat dilihat sebagai tempat bagi banyak penjual. Melalui platform ini, maka Anda bisa menciptakan suatu peluang bisnis yang juga lebih besar. Hal ini dengan cara membangun hubungan dengan para penjual lain melalui sebuah komunitas. Anda bisa berbagi pengetahuan, dan berbagi peluang, serta juga berkolaborasi untuk bisa menciptakan peluang baru. 

  1. Tidak Perlu Takut Kehilangan Pelanggan 

Berkat platform online, Anda tidak perlu kehilangan pelanggan. Setiap hari, untuk platform penjualan online akan dikunjungi oleh jutaan orang. Bahkan, menurut laporan iPrice yang dikutip oleh Databoks, pada kuartal ketiga 2019 saja, 66 juta platform belanja online di Indonesia dikunjungi. Hal ini menunjukkan bahwa belanja online khususnya di Indonesia sangat penting. Dan pada umumnya konsumen yang mengunjungi online marketplace termotivasi untuk membeli produk tertentu. Bisnis Anda juga akan dipromosikan secara otomatis oleh pemilik pasar online. Jadi untuk ini Anda tidak perlu suatu alat promosi yang sangat mahal ataupun rumit untuk bisa memasarkan produk milik Anda. Konsumen sudah mempercayai pasar online, jadi Anda tidak perlu membangun kepercayaan konsumen. Selain itu, kemudahan akses yang diberikan oleh kurator online memudahkan konsumen untuk terus mengakses toko Anda. konsumen akan mudah mengakses online marketplace kapan saja dan juga dimana saja. 

  1. Fitur dan Peraturan Online Marketplace yang Baik 

Pemilik atau pelaku bisnis Pasar Online biasanya memiliki sejumlah fitur atau peraturan yang dapat meningkatkan reputasi dan keamanan toko Anda. Salah satu fitur yang Anda dapatkan adalah asuransi, integrasi pembayaran, promosi, rekening bersama dan verifikasi toko serta bentuk penilaian perusahaan marketplace online. Reputasi dan fitur verifikasi yang biasa dimiliki oleh online marketplace dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat untuk membeli produk Anda di tengah ketatnya persaingan di online marketplace. 

  1. Tidak Memerlukan Modal Besar 

Tidak seperti pasar offline, platform online tidak memerlukan perumahan sewa. Beberapa pasar online terintegrasi sering mengenakan biaya “sewa”, tetapi tidak sebesar biaya untuk menyewa tempat seperti toko atau tanah. Tapi di pasar online gratis seperti grup Facebook, forum jual beli online, Anda tidak perlu membayar biaya sama sekali. 

  1. Anda Dapat Melacak Kemajuan Bisnis Anda 

Beberapa pengelola online marketplace sering memiliki fungsi analitis. Fitur wawasan dapat melacak berapa banyak orang yang telah mengunjungi toko Anda, berapa banyak yang merespons, berapa banyak orang yang telah berkomunikasi, dan berapa banyak yang telah membeli produk Anda. Dengan dapat melacak pertumbuhan bisnis Anda, Anda dapat mengevaluasi produk, strategi pemasaran, atau bahkan mempelajari efektivitas dan kinerja manajer pasar online. 

Kekurangan Berbisnis di Online Marketplace

Berikut beberapa kerugian berbisnis di pasar online: 

  1. Sulit Mendapatkan Kepercayaan 

Salah satu kelemahan spidol online adalah sulitnya mendapatkan kepercayaan. Jualan online telah lama dikenal dengan penipuan, penipuan, dan produk ilegal. Terutama di pasar online Anda harus bersaing dengan penjual yang tidak bertanggung jawab. Bahkan produk Anda kemungkinan besar palsu. Pada tahun 

  1. Persaingan Tinggi Antar Pedagang 

Karena platform online memiliki banyak pelanggan dan cenderung menjual produk yang sama, persaingan antar pedagang di pasar online sangat tinggi. Anda harus beradu strategi dalam mendapatkan penjual. Tips untuk berjualan online marketplace, maka Anda harus rajin dalam hal mengawasi pasar dan juga melakukan diferensiasi berbagai produk dengan para penjual lain. Anda juga bisa memanfaatkan suatu fitur gratis ongkir yang akan diberikan oleh para pengelola platform. 

  1. Bergantung pada Pengelola Online Marketplace 

Jika pengelola memiliki reputasi buruk, kurangnya promosi dan tidak ada peraturan yang baik, semua ini akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda. 

  1. Sporadis

Salah satu kelemahan berbisnis melalui pasar online adalah kondisi pasar yang terfragmentasi. Jika Anda menjual di pasar yang beragam, akan sulit menemukan pembeli potensial. Karena pengelola pasar online tidak akan membuka toko. Online marketplace menawarkan berbagai macam produk yang akan menyulitkan pembeli untuk menemukan produknya. Pembeli akan mencari menggunakan kata kunci, tetapi dari kata kunci yang diberikan, pembeli juga akan memilih dari ribuan, bahkan jutaan produk yang identik. Di antara berbagai kemudahan dan keuntungan tersebut, banyak pakar bisnis yang menganjurkan berjualan melalui platform online marketplace, karena dalam industri digital dan informasi, orang tidak akan lagi menginvestasikan sebagian kecil uang, waktu dan tenaganya hanya untuk memilih dan membeli barang. Saat ini, orang memprioritaskan aksesibilitas dan kenyamanan saat memilih produk. Online marketplace ini juga bukan hanya akan berbicara seputar produk. Seperti pada awal dari artikel ini, maka marketplace sendiri pada saat ini mempunyai ragam arti. Marketplace itu bisa saja berupa suatu jual-beli jasa : seperti halnya desainer, karyawan, serta juga tenaga ahli. Sehingga jika memang Anda mempunyai bisnis penyediaan jasa, maka Anda bisa bergabung pada suatu online marketplace yang terlihat sejenis. Itulah pembahasan seputar kelebihan dan juga keuntungan menjalankan suatu bisnis online dengan menggunakan platform seperti marketplace. Semoga informasi di atas bermanfaat.


You Might Also Like