Mengerti Pentingnya Marketing di Dalam Perusahaan

mengerti_pentingnya_marketing_di_dalam_perusahaan

Marketing merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam sebuah bisnis maupun perusahaan. Penting untuk mengetahui apa peran marketing di dalam sebuah perusahaan mengingat bahwa marketing ini memiliki peranan yang cukup penting untuk kemajuan sebuah perusahaan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar marketing mulai dari definisi marketing adalah, apa itu tujuan marketing, elemen-elemen penting dalam marketing hingga fungsinya untuk bisnis. Simak lengkapnya di bawah ini! 

Definisi Marketing 

Marketing adalah kegiatan di dalam perusahaan dalam mempromosikan atau menjual produk maupun jasa mereka. Kegiatan marketing ini termasuk riset pasar dan juga periklanan. Pada masa sekarang, marketing memegang peranan yang cukup penting di dalam sebuah perusahaan dan menjadi salah satu growth strategy untuk mengembangkan perusahaan. Selain itu marketing juga didefinisikan sebagai aktifitas bisnis yang berkaitan dengan jual beli jasa maupun produk. Marketing merupakan aktifitas dimana perusahaan menemukan apa yang konsumen inginkan dan menentukan apakah mereka mampu memproduksi jasa atau produk tersebut dengan harga yang tepat. Marketing memiliki beberapa cakupan pada bisnis yang meliputi bagaimana perusahaan dapat berkomunikasi dengan konsumen, brand perusahaan, desain, riset pemasaran, harga, psikologi konsumen, dan juga pengukuran efektivitas. Inti dari marketing adalah bagaimana perusahaan dapat mengerti apa nilai dan keinginan konsumen. Kesuksesan jangka panjang perusahaan ditentukan dari bagaimana perusahaan memenuhi kebutuhan konsumen. Sekarang anda mengerti bagaimana definisi marketing kan? 

Tujuan Marketing 

Jika sudah mengerti mengenai marketing adalah, maka penting untuk mengetahui juga bagaimana tujuan marketing untuk perusahaan. Tujuan dari marketing yang pertama adalah untuk menarik perhatian konsumen atau target pasar anda, walau mungkin kedengarannya sederhana namun perusahaan memerlukan perencanaan dan juga implementasi strategis untuk dapat melakukannya. Kemudian marketing juga bertujuan untuk mengedukasi konsumen dengan informasi yang tepat sehingga apa yang ingin perusahaan sampaikan ke konsumen dapat diterima secara efektif. Selain itu, marketing juga berguna untuk mengubah kebutuhan atau motivasi konsumen menjadi sebuah produk atau layanan yang dapat memberikan manfaat dan dapat menjawab permasalahan konsumen. 

Elemen-Elemen Penting Dalam Marketing 

Jika tadi kita sudah bersama-sama membahas mengenai marketing adalah dan apa saja tujuan marketing, maka kali ini kami juga akan memberikan informasi penting terkait elemen-elemen penting yang ada di dalam marketing. Menurut seorang ahli marketing dan penulis dari Amerika Serikat, E. Jerome McCarthy terdapat beberapa elemen penting dalam marketing yang disebut sebagai 4 Ps of Marketing yang meurpakan formula sederhana yang berguna untuk mengidentifikasi strategi marketing perusahaan. Berikut merupakan beberapa elemen penting tersebut: 1) Product (Produk)Elemen pertama yang penting adalah produk, memiliki produk merupakan salah satu kunci dan akar dari semua yang berkaitan dengan marketing. Produk yang seperti apa? Produk yang dimaksudkan di poin ini adalah apapun yang ditawarkan oleh perusahan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka. Hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menentukan produk atau jasa adalah berdasarkan kebutuhan dan juga motivasi dari konsumen, serta bagaimana produk yang ditawarkan perusahaan dapat memberikan manfaat bagi konsumen, tidak hanya didasarkan pada karakter fisik produk atau jasa itu saja. 2) Place (Tempat) Elemen penting yang kedua adalah tempat, tempat untuk melakukan marketing atau pemasaran di era modern ini bisa dilakukan secara online di marketplace misalnya hingga bisa dilakukan di toko fisik juga. Tujuan dalam strategi distribusi perusahaan ini haruslah memudahkan potential consuments untuk mendapatkan akses yang mudah untuk mengakses produk atau jasa yang perusahaan tawarkan, sehingga nantinya konsumen juga bisa mendapatkan pengalaman yang baik dengan perusahaan anda. 3) Price (Harga)Bagaimana perusahaan menentukan harga pada produk atau jasa layanan merupakan salah satu hal penting dari strategi marketing. Aspek ini akan mempengaruhi beberapa faktor lainnya seperti goals keuangan dari perusahaan, keuntungan yang ingin didapatkan perusahaan, daya tarik konsumen, persaingan dengan perusahaan lainnya, serta trend atau mode. 4) Promotion (Promosi) Promosi mengacu kepada semua hal pada marketing dan juga komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menunjukkan manfaat produk maupun layanan perusahaan di pasar. Ini merupakan salah satu aspek yang dapat meningkatkan penjualan perusahaan. 

Fungsi Marketing Untuk Bisnis 

Marketing dapat membantu untuk mengembangkan sebuah bisnis maupun perusahaan. Berikut merupakan beberapa fungsi dari marketing untuk bisnis atau perusahaan: 1) Meningkatkan brand awareness Marketing sangatlah penting untuk sebuah bisnis, salah satu fungsi utamanya adalah dapat membuat konsumen untuk lebih mengenal produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Ini juga akan membuat brand anda menjadi memorable untuk konsumen sehingga konsumen dapat mempercayai brand anda dan menjadi konsumen loyal. Marketing yang tepat sasaran bisa meningkatkan brand awareness konsumen. 2) Membangun kepercayaan terhadap perusahaan Fungsi kedua marketing adalah dapat membangun kepercayaan terhadap perusahaan atau brand. Sangat penting untuk mendapatkan level kepercayaan yang tinggi dari konsumen karena itu merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan konsumen yang loyal dan melakukan pembelian ulang terhadap produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Ini juga akan membantu konsumen memberikan review yang baik terhadap perusahaan atau brand anda. 3) Dapat meningkatkan pendapatan Setiap perusahaan dalam menjalankan bisnisnya tentu saja ingin meningkatkan penjualan mereka sehingga pendapatan juga ikut meningkat. Marketing atau pemasaran ternyata dapat membantu untuk mencapai tujuan perusahaan. Banyak sekali teknik marketing yang bisa dilakukan perusahaan, mulai dari mengoptimalkan situs website perusahaan menggunakan SEO, membuat email campaigns, periklanan, dan masih banyak lagi strategi marketing di era modern yang bisa membantu meningkatkan perusahaan. 4) Meningkatkan traffic Meningkatkan jumlah pengunjung pada website atau sosial media perusahan artinya juga akan membantu untuk meningkatkan jumlah calon konsumen baru, dan secara tidak langsung juga dapat meningkatkan jumlah penjualan. Strategi marketing yang efektif dapat membantu perusahaan anda untuk meningkatkan traffic website ataupun sosial media perusahaan.  Itulah beberapa informasi penting yang dapat kami sampaikan terkait dengan marketing di dalam perusahaan. Apakah sekarang anda sudah memahami marketing adalah dan informasi penting terkait marketing yang lain? Pada intinya, marketing merupakan salah satu teknik yang bisa dilakukan perusahaan untuk dikenal konsumen sehingga dapat mencapai goals jangka pendek-jangka panjang perusahaan. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang masih bingung dengan marketing!


You Might Also Like