Mengetahui Berbagai Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur

mengetahui_berbagai_siklus_akuntansi_perusahaan_manufaktur

Mengetahui dan mempelajari tentang transaksi, buku besar, hingga contoh siklus akuntansi lengkap perusahaan manufaktur di postingan ini hadir untuk menjawab pertanyaan seperti “menjelaskan siklus akuntansi perusahaan manufaktur? dan “Apakah log akurat untuk transaksi penyesuaian pasokan pabrik di bisnis manufaktur?“. Sama seperti going concern, perusahaan manufaktur juga menggunakan siklus akuntansi untuk menyiapkan template laporan keuangan yang lengkap. Namun tentu saja ada perbedaan penerapan siklus akuntansi  teknis antara perusahaan manufaktur dan jenis perusahaan lainnya. Sebelum menjelaskan lebih jauh kepada anda, ada baiknya  mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan perusahaan manufaktur. Jadi, perusahaan manufaktur adalah  badan usaha yang mengoperasikan mesin, peralatan, dan tenaga kerja di lingkungan pemrosesan untuk mengubah  bahan mentah menjadi produk jadi dengan nilai pasar. Seluruh proses dan tahapan  dalam operasional manufaktur dilakukan dengan mengacu pada standar operasional prosedur (SOP) perusahaan untuk masing-masing unit kerja. 

Apa Itu Transaksi Bisnis Produksi, Entri Jurnal dan Siklus Akuntansi? 

Siklus akuntansi adalah proses lengkap dari suatu peristiwa yang mencatat transaksi bisnis selama suatu periode akuntansi  menjadi satu set laporan keuangan yang mencakup semua pengeluaran dan pendapatan yang terjadi selama periode akuntansi tersebut. . Dalam siklus akuntansi perusahaan manufaktur, ada persyaratan khusus, yaitu bahwa metode akrual harus digunakan untuk setiap dokumen akuntansi, dan  perusahaan perlu mendefinisikan sistem penilaian persediaan. Salah satu hal yang membedakan bisnis manufaktur dengan bisnis lainnya adalah sistem penetapan harga pokok penjualan. Ditambahkan ke dalam pembukuan aset dan kewajiban yang tersisa pada akhir periode. Berikut langkah-langkah siklus akuntansi  umum yang biasa digunakan oleh perusahaan manufaktur: 

Menerima dokumen transaksi 

Mengetahui dan mempelajari transaksi, penjurnalan umum, hingga contoh siklus akuntansi lengkap perusahaan manufaktur, di sini untuk menjawab pertanyaan seperti “jelaskan siklus akuntansi perusahaan manufaktur?” dan “Apa log yang benar untuk transaksi penyesuaian pasokan pabrik di perusahaan manufaktur?“. Ada banyak jenis  dokumen transaksi yang diterima sebagai bukti  transaksi antara penjual dan pembeli. Dokumentasi dapat berupa surat permintaan pembelian, pesanan pembelian (PO), atau nota faktur. Khusus dalam proses pembelian bahan baku, transaksi perusahaan manufaktur akan melibatkan banyak jenis dokumen. Karena perusahaan manufaktur tidak hanya membeli dan menjual  produk, mereka mengubah berbagai bahan  mentah menjadi produk jadi. 

Penjurnalan Perusahaan Produksi dalam Siklus Akuntansi 

Seperti apa transaksi, jurnal, dan siklus akuntansi perusahaan manufaktur Setelah voucher diterima, informasi dalam voucher Ini akan dicatat dalam  jurnal akuntansi. Kegiatan ini sering disebut dengan penebangan. Dalam akuntansi, ada dua jenis jurnal: jurnal umum dan jurnal khusus. Perbedaan utama antara kedua jenis log adalah rincian informasi yang direkam. Informasi tentang akun-akun yang dicatat dalam jurnal umum dijelaskan lebih rinci dalam jurnal khusus. Sama seperti nama penjual dan lain-lain. 

Pencatatan ke Dalam Buku Besar  

Selama siklus akuntansi perusahaan manufaktur, semua informasi yang dicatat dalam jurnal umum dan jurnal khusus dicatat dalam buku besar. Setelah itu, semua akun yang dicatat dalam jurnal umum dan jurnal khusus selama satu bulan ditambahkan ke buku besar. Misalnya, akun kas, piutang, beban, hutang dan lain-lain akan dirinci dalam buku besar. Misalnya, buku besar adalah jendela dari semua transaksi bisnis yang telah diajukan untuk setiap akun. Seorang akuntan atau manajer akan dapat dengan mudah melacak kesalahan yang terjadi dalam transaksi bisnis dengan membuka buku besar perusahaan. Buku besar juga merupakan alat penting bagi auditor - baik internal maupun eksternal - untuk meninjau dan mengaudit bisnis. 

Neraca Saldo Dalam Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur 

Setelah informasi dimasukkan sepenuhnya ke dalam buku besar, langkah selanjutnya adalah membuat neraca saldo. Neraca saldo  berfungsi sebagai penyesuaian untuk semua transaksi yang tercatat yang telah dieksekusi sampai dengan periode buku besar. Karena  dalam neraca saldo, nilai transaksi debet dan kredit semua akun harus sama (saldo). Karena rata-rata perusahaan manufaktur menggunakan akuntansi akrual, tentu saja siklus akuntansi perusahaan manufaktur tidak berhenti sampai di situ.Kemudian ada berbagai penyesuaian yang biasanya terjadi pada akhir bulan atau pada akhir periode akuntansi. Oleh karena itu, Anda memerlukan entri penyesuaian yang nantinya akan dimasukkan ke dalam neraca saldo. Setelah penyesuaian dilakukan dan dimasukkan ke dalam neraca saldo, neraca saldo akan menjadi neraca saldo setelah penyesuaian. 

Jurnal Penyesuaian 

Langkah inilah yang membedakan siklus akuntansi antara perusahaan manufaktur dengan jenis perusahaan lainnya. Sebagian besar perusahaan manufaktur menggunakan metode akuntansi akrual dalam catatan akuntansi mereka. Singkatnya, metode akrual adalah metode di mana transaksi dicatat berdasarkan pada saat terjadi dan bukan pada terjadinya arus kas masuk atau keluar. Contohnya adalah menjual kredit. Penyesuaian apa pun yang terjadi akan dicatat dalam log penyesuaian. Di perusahaan manufaktur, ada daftar penyesuaian persediaan yang berbeda dari perusahaan lain. Sebagai persediaan disesuaikan bahan baku, barang dalam proses, persediaan barang jadi pada akhir periode. 

Neraca Saldo Setelah Penyesuaian 

Penyesuaian yang dilakukan kemudian akan dimasukkan ke dalam neraca saldo sampai ditemukan saldo debit-kredit yang baru. Ketika proses tersebut dilakukan dalam siklus akuntansi perusahaan manufaktur, berarti Anda dianggap lengkap dalam melakukan neraca saldo yang disesuaikan. Neraca saldo dan buku besar yang disesuaikan akan menjadi sumber penting dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan. 

Menyiapkan Laporan Keuangan 

Setelah semua langkah di atas diselesaikan, Anda siap untuk menyiapkan laporan keuangan untuk bisnis manufaktur Anda. Secara manual, Anda dapat memasukkan data neraca saldo dan buku besar dalam laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas. Namun, jika Anda menggunakan perangkat lunak akuntansi, seluruh proses siklus akuntansi perusahaan manufaktur akan dilakukan dengan cepat, menyeluruh dan di komputer. Bagian lain dari laporan keuangan yang harus disusun adalah Catatan atas Laporan Keuangan (CALK). CALK memuat informasi tentang struktur organisasi, kebijakan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), dan informasi lain yang diperlukan untuk mencegah laporan keuangan menyesatkan pembaca. 

Jurnal Penutup 

Langkah ini diambil ketika perusahaan mencapai akhir periode akuntansi. Fungsi entri adalah untuk menutup akun seperti aset, kewajiban, pendapatan, pengeluaran dan lain-lain. Dengan demikian, pada awal periode berikutnya, akun pelaporan keuangan akan menjadi nol dan siap digunakan untuk transaksi selanjutnya. 

Jurnal Pembalik

Langkah ini tidak diperlukan dalam siklus akuntansi, bahkan untuk perusahaan manufaktur. Entri pembatalan digunakan pada awal periode baru dengan membalik beberapa entri penyesuaian yang terjadi pada periode sebelumnya. Penyesuaian ayat jurnal terbalik untuk periode akuntansi perusahaan manufaktur biasanya terkait dengan akun di neraca perusahaan.  Ini adalah tahapan siklus akuntansi produksi umum yang harus Anda ketahui. Pada dasarnya, apa yang membedakan perusahaan dari yang lain adalah penilaian persediaan dan proses penyesuaiannya. Dapat dikatakan bahwa perhitungan persediaan dan HPP perusahaan manufaktur lebih rumit dibandingkan dengan perusahaan perdagangan atau jasa. Karena salah satunya adalah kegiatan bahan baku dan barang dalam proses oleh perusahaan manufaktur hingga menjadi produk siap jual. 

Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur Lebih Mudah dengan Aplikasi Jurnal 

Tentu saja, Anda memerlukan software akuntansi untuk menerapkan siklus akuntansi perusahaan manufaktur dengan mudah dan cepat. Dengan perangkat lunak akuntansi, semua proses pencatatan transaksi dan aktivitas bisnis dilakukan secara otomatis, waktu nyata, dan disimpan di cloud. Perangkat lunak Akuntansi Jurnal tidak hanya menawarkan fitur akuntansi yang komprehensif, tetapi juga mencakup pencatatan pekerjaan dalam proses, serta perangkat lunak inventaris Indonesia dan aplikasi akuntansi bisnis Anda yang luar biasa untuk menjalankan bisnis manufaktur. Sekarang Anda juga dapat menjawab pertanyaan seperti “jelaskan siklus akuntansi perusahaan manufaktur?” dan “Apakah log akurat untuk transaksi penyesuaian pasokan pabrik di perusahaan manufaktur?“. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa untuk berbagi di jejaring sosial.


You Might Also Like