Mengetahui Proses Implementasi Software ERP di Indonesia

mengetahui_proses_implementasi_software_erp_di_indonesia

Belakangan tren mendirikan bisnis sendiri semakin meningkat dan diminati oleh masyarakat terutama generasi millennial dan gen Z yang enggan untuk bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Alasannya, banyak yang merasa kalau mereka akan tidak cocok berada di bawah perintah orang lain dan ingin melakukan apa yang mereka suka tanpa harus diperintah. Tentunya meningkatnya kesadaran masyarakat terutama mereka yang pada usia produktif untuk membangun usaha sendiri menjadi nilai plus tersendiri bagi negara dan masyarakat. Pasalnya, semakin individu yang mendirikan bisnisnya sendiri, maka semakin banyak pula lowongan pekerjaan yang tercipta sehingga dapat menekan angka pengangguran dan meningkatkan pendapatan negara. Tidak hanya sampai disitu, bisnis yang berhasil pun kemungkinan dapat melebarkan sayapnya di pasar internasional dan membawa produk lokal untuk lebih dikenal oleh masyarakat dunia.Namun, mendirikan bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kegigihan, ketelitian serta ilmu yang cukup untuk mulai membangun sebuah usaha dari dasar. Di era digital dimana semua hal dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan internet, menjalankan sebuah bisnis dengan lebih efisien dan efektif bukan lagi hal sulit, apalagi dengan munculnya software ERP di Indonesia.Karena baru belakangan ini muncul, tak heran jika banyak orang yang masih asing dengan istilah ERP, seperti apa yang dimaksud dengan ERP, bagaimana cara kerjanya, apa manfaatnya, apa yang harus dilakukan untuk mulai menggunakannya, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, disini Anda akan bisa memahami lebih mendalam tentang ERP dan bagaimana bisnis Anda dapat memanfaatkan software ini untuk mempermudah operasional bisnis agar lebih efektif dan efisien.

Yang Dimaksud dengan Software ERP

ERP sendiri merupakan singkatan dari Enterprise Resources Planning atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti Perencanaan Sumber Daya Perusahaan. ERP adalah sebuah sistem yang dapat digunakan oleh semua jenis bisnis mulai dari manufaktur hingga perusahaan jasa yang berfungsi untuk mengintegrasi operasional bisnis, distribusi, dan produksi pada perusahaan yang menggunakan software ERP. Selain itu juga perangkat lunak yang satu ini mampu memproses kegiatan operasional bisnis lainnya, seperti pengelolaan pelanggan, pengelolaan prospek, marketing, sales, purchasing, pengelolaan gudang, inventory, akuntansi, dan lain sebagainya.Karena sifatnya yang berbasis komputer, software ERP memungkinkan untuk memproses semua transaksi yang ada pada perusahaan dan memberikan fasilitas untuk membuat sebuah perencanaan yang lebih baik dalam mengelola sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Manfaat Menggunakan Software ERP

Teknologi memang diciptakan untuk mempermudah berbagai macam hal dalam kehidupan manusia, salah satunya dalam mengelola bisnis dimana pemilik usaha diharuskan untuk mengontrol banyak hal dalam satu waktu. Pada zaman sebelum teknologi berkembang hingga seperti saat ini, menjalankan bisnis membutuhkan waktu dan upaya ekstra karena pelaku bisnis harus melakukan banyak hal secara manual secara bersamaan sehingga tak jarang kewalahan dan akhirnya perkembangan bisnis terlalu lambat.Oleh karena itu, software ERP tercipta untuk dapat meringankan beban pelaku bisnis agar dapat lebih fokus dalam mengembangkan usahanya dengan lebih efisien dan efektif. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat dari menggunakan software ERP yang perlu Anda ketahui:

  • Software ERP mempermudah Anda dalam memantau operasional bisnis dengan lebih mudah. Dulu sebelum adanya software ERP, Anda harus memantau operasional bisnis secara manual, seperti dengan melakukan pengecekan dokumen-dokumen transaksi dan itu pun harus menunggu karena tidak dapat dilakukan secara real time. Dengan menggunakan software ERP, Anda bisa secara langsung mengetahui transaksi yang terjadi serta mengetahui informasi lainnya seperti persediaan barang di gudang, akuntansi, dan lain sebagainya secara real time hanya melalui perangkat elektronik yang bisa Anda akses dari mana saja.

Selain itu juga penggunaan software ERP pada bisnis mampu memberikan informasi penting yang diperlukan oleh para pemangku kepentingan yang membuat keputusan atau manajemen untuk memprediksi serta menerapkan strategi yang lebih baik.

  • Karena sifatnya yang mudah diakses dari mana saja serta secara otomatis menyimpan seluruh data dan informasi perusahaan, software ERP mampu menjamin informasi serta data tersebut disalurkan, dicatat, dan disimpan dengan baik.
  • Memungkinkan bisnis untuk beroperasi dengan lebih efektif dan efisien.
  • Mengintegrasikan berbagai macam elemen yang ada pada perusahaan seperti akuntansi, marketing, inventory, sales, dan lainnya sehingga data yang ditampilkan lebih akurat.
  • Penggunaan software ERP mendukung perusahaan untuk mengalokasikan lebih banyak waktu untuk lebih fokus mengembangkan perusahaan dan beradaptasi dengan kebutuhan-kebutuhan lainnya yang akan datang.

Langkah Implementasi Software ERP

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan ERP, sangat disarankan untuk Anda yang memiliki bisnis untuk menerapkan software ERP pada operasional perusahaan. Untuk dapat mengimplementasikan software ERP pada bisnis Anda, ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan sebelum maupun pada saat prosesnya.

  1. Kesiapan SDA (karyawan)

Bagi perusahaan yang masih mengelola informasi dan data perusahaan secara manual tanpa menggunakan sistem integrasi apapun, penggunaan software ERP bisa menjadi hambatan pada awalnya karena banyaknya hal yang bisa dilakukan dan diintegrasikan dalam satu wadah. Oleh karenanya, penting bagi perusahaan untuk mempersiapkan karyawannya untuk mengoperasikan software tersebut agar penggunaan software ERP dapat dioptimalkan bagi keuntungan perusahaan.

  1. Pastikan tujuan perusahaan dan karyawan sejalan

Proses yang satu ini mungkin terlihat sepele, namun faktanya tidak sedikit karyawan yang mengundurkan diri karena adanya perubahan budaya kerja pada perusahaan tempat mereka bekerja. Hampir sama dengan penerapan teknologi pada suatu pabrik yang mungkin akan menyebabkan berkurangnya tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan, penerapan software ERP pada operasional bisnis Anda juga mungkin memberikan efek yang sama.Oleh karena itu, diperlukan adanya edukasi dari pihak manajemen kepada karyawan mengapa penerapan software ERP pada operasional bisnis Anda sangat diperlukan. Nantinya setelah software ERP diimplementasikan, perusahaan Anda mungkin tidak akan membutuhkan tenaga kerja yang terlalu banyak untuk mengelola data dan informasi tersebut seperti ketika Anda melakukannya secara manual.

  1. Mengetahui kebutuhan perusahaan

Sangat penting untuk memahami terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis Anda sebelum menggunakan software ERP. Pasalnya, software ERP yang tersedia untuk Anda gunakan menawarkan fitur yang berbeda-beda sehingga sebelum memilih software ERP mana yang cocok untuk operasional bisnis Anda, perlu diketahui apa saja data dan informasi yang perlu dikelola oleh perusahaan untuk mendukung perkembangan bisnisnya.

  1. Melakukan blueprint/simulasi

Setelah mengetahui kebutuhan perusahaan dan mengetahui software ERP mana yang akan digunakan, Anda perlu mencocokkan proses bisnis perusahaan Anda ketika diimplementasikan ke dalam software ERP untuk memastikan penggunaan software memang sesuai dan dapat dioptimalkan.

  1. Migrasi data

Langkah selanjutnya adalah mulai memindahkan data dan informasi perusahaan ke dalam software ERP sebagai basis data yang akan diintegrasikan oleh software tersebut.

  1. Setup data

Mulai setup data yang selanjutnya secara otomatis akan diproses oleh software ERP dan mempermudah pencatatan data dan informasi di masa mendatang.

  1. Training karyawan

Setelah data dan informasi operasional bisnis telah sepenuhnya berada dalam software ERP, berikan pelatihan kepada karyawan yang akan memegang akses ke dalam software tersebut agar mengetahui dengan pasti bagaimana cara menggunakan software tersebut dan memanfaatkannya secara optimal.

  1. Mulai gunakan software ERP pada operasional bisnis

Tahap terakhir ini adalah proses dimana Anda sudah bisa mulai menggunakan software ERP untuk mendukung operasional bisnis dan mulai mengalokasikan waktu untuk lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan memanfaatkan data yang dikelola oleh software ERP untuk dapat meningkatkan keuntungan perusahaan serta lebih dikenal oleh target market dan pasar.


You Might Also Like