Merchandise untuk Berbagai Acara Bisnis

merchandise_untuk_berbagai_acara_bisnis

Merchandise merupakan salah satu serba-serbi yang sering Anda jumpai dan sudah banyak digunakan oleh pihak-pihak dalam suatu acara atau event tertentu.Merchandise juga sering digunakan untuk mengingat merek perusahaan, oleh karena itu setiap pelanggan selalu ingin menempatkan merek dan merek perusahaan  sebagai pilihan utama.Jadi, selain dapat menampilkan logo  perusahaan, merchandise juga dapat digunakan sebagai semacam media periklanan untuk mengingatkan masyarakat akan merek perusahaan.Bagi penerima merchandise, manfaat tersebut dapat digunakan untuk berbagai kegiatan sehari-hari, seperti mug, pakaian atau tas.

Fungsi Merchandise 

Dalam dunia pemasaran, merchandise memegang peranan yang sangat penting dalam memperkenalkan merek dan membentuk citra perusahaan kepada banyak orang. Hal tersebut tentunya merupakan salah satu bentuk komunikasi sekaligus strategi pemasaran yang penerapannya dapat diterapkan pada banyak media.Dewasa ini, karena merchandise memiliki fungsi yang sangat penting  dalam dunia periklanan,  banyak pengusaha yang mulai memperhatikan aspek promosi, sehingga digunakan sebagai ajang promosi produk, produk yang mereka jual atau jasa yang mereka berikan.Selain itu, merchandise  memiliki fungsi lain untuk bisnis atau strategi pemasaran, antara lain:

  • Menarik  pembeli untuk mengunjungi booth di suatu acara
  • Sebagai sarana komunikasi merek perusahaan Industri
  • Digunakan sebagai alat promosi dari satu konsumen ke konsumen lain .
  • Menjadi  tanda terimakasih
  • Merupakan cara untuk membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Macam-Macam Merchandise

Ini beberapa jenis barang yang sering Anda jumpai di event-event tertentu:

  1. T - Shirts

T-shirt juga bisa digunakan untuk kegiatan promosi perusahaan, triknya adalah dengan memasang logo perusahaan beserta gambar atau tulisan pendukung yang menarik untuk digunakan sebagai Souvenir yang terkadang diberikan secara cuma-cuma pada acara-acara tertentu.Jenis kaos yang biasa digunakan untuk menjual merchandise adalah kaos oblong dan kaos polo. Dengan t-shirt, perusahaan dapat menampilkan logo mereka dengan sablon atau bordir dengan  bahan yang nyaman.

  1. Tote Bag atau Goodie Bag

Tote bag adalah jenis merchandise yang banyak digunakan oleh semua kalangan bisnis. Tas model ini juga sangat digemari oleh anak muda. Selain untuk menyimpan berbagai barang, tas ini juga bisa digunakan sebagai penunjang promosi.Tas ini dapat menggunakan berbagai jenis  bahan antara lain spunbond, belacu, flexi, kanvas, bulu, dll. Namun yang pasti bahan untuk tas ini  cukup terjangkau, jadi jika dibuat dalam jumlah banyak tidak akan memakan banyak biaya.Selain gift bag dan tote bag, jenis tas lain yang dapat digunakan adalah paper bag. Namun, komponen utama dari kantong kertas adalah kertas seni, kertas samson atau kertas kraft.

  1. Jam (Meja / Jarum / Wall Mount)

Jam juga merupakan salah satu merchandise yang biasa digunakan sebagai barang komunikasi terutama untuk  instansi dan organisasi.Seperti yang  Anda ketahui bersama, jam memiliki fungsi penunjuk waktu dan dapat digantung di dinding sebagai jam dinding, pegangan tangan untuk jam dan diletakkan di atas meja.Karena dapat diletakkan di dinding atau di atas meja,  jam tangan merupakan pilihan yang tepat. Bentuk jam tangan juga dapat didekorasi dengan cara terbaik dan sesuai dengan anggaran pemasaran.

  1. Stiker

Sepintas benda ini tampak biasa saja. Bahkan, stiker juga bisa digunakan sebagai ajang branding yang baik, seperti saat seorang pembelanja membeli baju, sepatu, distro,  dll.Beberapa dari Anda pasti suka mengoleksi dan menempel di area tertentu. Ya, secara tidak langsung Anda akan melihat logo merek pada stiker dan secara tidak langsung akan mengingatkan Anda akan keberadaan merek tersebut.

  1. Mug dari keramik/stainless steel

Mug sering juga ditawarkan sebagai angkutan pada acara khusus. Baik  mug  keramik atau stainless steel biasanya juga mengandung unsur-unsur yang berhubungan dengan logo perusahaan untuk mensponsori suatu kegiatan.

  1. Flashdisk / USB

Alat ini juga sering digunakan sebagai salah satu item dalam  seminar atau acara lainnya. Saat ini flash drive hampir digunakan sebagai alat  penting karena dapat menyimpan banyak file yang berbeda dan dapat dibawa kemana-mana. Namun walaupun kecil, alat ini juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan terutama dalam dunia otomasi perkantoran atau  pendidikan.Flashdisk atau USB biasanya digunakan untuk beberapa operasional yang berhubungan dengan pengiriman atau penyimpanan data. Dengan ukurannya yang ringkas, alat ini dapat dibawa kemana saja tanpa memakan banyak tempat.

  1. Jaket dan Helm Jaket

Ini juga dapat digunakan sebagai hadiah pada acara-acara publik, acara pemerintahan. Atau Anda dapat menerima barang yang menarik, ini ketika membeli sepeda motor, baik  kredit maupun tunai.

  1. Payung Box

Merupakan barang yang bisa Anda beli di berbagai acara yang biasanya diselenggarakan oleh  bank atau instansi  besar.

  1. Power Bank

Ini pasti disukai oleh sebagian besar orang karena akan sangat berguna ketika baterai ponsel mulai terkuras. Jika power bank digunakan sebagai produk perusahaan, pasti setiap penonton akan merasa puas dan senang.Tidak perlu power bank yang mahal, Anda bisa memilih power bank dengan harga terjangkau, kapasitas kecil dan ukuran kecil untuk dijadikan komoditas.

  1. Pulpen / Pensil  

Pulpen dan pensil juga biasa digunakan sebagai merchandise klaim untuk diberikan di berbagai  seminar atau workshop. Secara umum, hadiah yang lebih lembut termasuk buku catatan, pensil, dan folder arsip yang biasanya terbuat dari plastik atau kertas.

  1. Gantungan Kunci

Gantungan kunci juga merupakan komoditas yang sering diberikan secara gratis di setiap kesempatan  atau acara. Tersedia juga banyak bahan key fobs, mulai dari besi, aluminium, karet, akrilik, dan lainnya.Pada umumnya key fob dipesan dalam jumlah banyak atau dipesan dalam jumlah banyak, karena akan lebih murah jika Anda membeli dalam jumlah banyak.

  1.  Pin

Pin juga dapat digunakan sebagai salah satu aksesoris berbentuk bulat, dan telah banyak digunakan sebagai merchandise dalam berbagai  acara atau event tertentu.Pin dapat ditempelkan pada kaos, tas, juga dapat digunakan sebagai penanda yang menunjukkan seorang peserta telah berpartisipasi dalam acara atau kegiatan tertentu.Ada banyak jenis pin yang bisa dibuat, mulai dari yang di belakang hingga yang hanya bisa digunakan untuk gantungan kunci.

  1. Kipas angin lipat dan kipas tangan

Biasanya kipas tangan bisa dengan mudah didapatkan di pesta pernikahan. Namun, Anda sekarang dapat menggunakan kipas untuk acara lain juga. Kipas angin lipat atau  lipat ini juga bisa Anda gunakan untuk berbagai acara.Selain itu, dengan ukurannya yang ringkas, kipas ini dapat dibawa kemana saja dengan mudah. Kipas angin juga memiliki berbagai bentuk dan desain yang unik seperti kipas tangan plastik, kipas lipat fleksibel atau kipas lipat  kayu.

  1. Botol minuman

Botol minuman juga banyak digunakan sebagai komoditas, seperti minuman energi, yang hampir pasti merupakan botol minuman yang biasa mereka gunakan pada acara olahraga.Demikianlah penjelasan tentang suatu merchandise dan beberapa contoh merchandise yang dapat dijadikan merchandise. Oleh karena itu, dapat kita simpulkan bahwa merchandise adalah suatu perhiasan yang sering kita jumpai dan digunakan  oleh banyak orang dalam acara-acara tertentu.  Anda dapat menggabungkan beberapa hal di atas untuk  memaksimalkan strategi pemasaran Anda.


You Might Also Like