banner iklan

Mudahkan Proses Bisnis Retail Anda Dengan 7 Fitur Aplikasi ERP Online

Mudahkan Proses Bisnis Retail Anda Dengan 7 Fitur Aplikasi ERP Online

Sebelum kita mencari tahu tentang fitur aplikasi ERP retail, sebaiknya kita mencari tahu tentang pengertiannya terlebih dahulu. Pada umumnya, pengertian ERP adalah sistem yang telah terintegrasi dengan setiap operational back office. Meski beragam dan kompleks, ERP bisa memberikan fasilitas database yang dipakai dalam divisi berbeda pada perusahaan hanya dengan satu tempat. Divisi tertentu juga mempunyai akses pada informasi maupun data yang berdasarkan keperluan spesifik mereka. Contohnya divisi keuangan memerlukan data keuangan serta divisi produksi memerlukan data modul manufaktur.ERP retail merupakan sistem ERP yang dibuat dengan cara khusus dalam “pengecer” (retailer) dengan proses usaha yang sedang berlangsung. Hal ini menunjukkan tentang software ERP retail accounting yang mempunyai modul penting dalam implementasi teknologi pada sebuah bisnis retail. Apalagi dalam bisnis retail, ini adalah suatu hal yang kompleks akibat berbagai macam aktivitas operasional dalam sehari-hari.Dari banyaknya kegiatan bisnis retail, tentu akan membuat pebisnis mengalami kesusahan hingga mencari solusi dalam menyederhanakan setiap prosesnya. Dengan begitu, setiap kegiatan bisnis retail dapat berjalan dengan baik dan efisien. Anda dapat menggunakan Aplikasi retailer terbaru tahun 2023 untuk menopang proses demi proses bisnis tersebut.Mengingat semua aktivitas retail itu tak dapat dijalankan dengan cara manual, maka dari sinilah anda akan melihat peran penting dari software retailer terbaik di Indonesia. Yang pastinya pemakaian perangkat lunak ERP terbaik tahun 2023 dapat melancarkan setiap kegiatan operasi bisnis retail anda sendiri. Inilah yang menjadi alasan kenapa anda perlu menggunakan aplikasi retail terlengkap di Indonesia.

Inilah Fitur di dalam Aplikasi ERP yang Perlu Diperhatikan

Seperti apa fitur aplikasi software ERP retail? Ada begitu banyak usaha retail yang masih memanfaatkan tools sederhana, misalnya google sheets, excel maupun aplikasi yang berada di PlayStore atau AppStore lainnya. Ketika menggunakannya diawal usaha, tentu pemakaiannya akan terasa tidak apa-apa, tapi tools tersebut masih kurang lengkap dalam memfasilitasi pada saat bisnis retail yang anda miliki mulai berkembang dengan cepat.Perkembangan dari bisnis bukan hanya menuntut pemakaian aplikasi dalam mengatasi proses bisnis yang sedang berjalan. Namun, harus berorientasi dengan cepat dan detail sehingga cara manual bisa mustahil mengatasinya. Jika tidak dengan aplikasi, mungkin bisa dimanfaatkan pemakaian sistem ERP retailer berbasis web. Melalui software persediaan retail terkini, maka pengelolaan dan perkembangan bisnis dapat terkontrol secara real time dan cepat.Pada saat bisnis retail anda mulai tumbuh menjadi usaha yang berskala menengah hingga besar, maka biasanya pemilik bisnis tersebut akan beralih pada ERP dalam mengatasi setiap kekurangan operasionalnya. Namun, kenapa kita harus menggunakan aplikasi ERP untuk supermarket atau bisnis retail? Sebenarnya, hal tersebut karena fitur-fitur dari aplikasi ERP terdiri dari berbagai macam hal berikut ini.

1. Manajemen Inventaris Multi Cabang & Realtime

Fungsi yang berasal dari manajemen inventaris sistem ERP merupakan suatu hal yang dapat membantu dalam menginformasikan inventaris dengan cara yang lebih akurat melalui pengulangan atau update otomatis pada setiap channel penjualan. Anda memperhatikan tiap toko cabang maupun kemampuan dalam perhitungan siklus barang dengan cara yang mudah.Anda dapat melihat data yang real time dalam pengelolaan stok barang hingga dapat memastikan tentang barang yang terjual dengan cepat (laris) akan diisi stoknya kembali. Tak hanya itu saja, anda juga dapat mengelola inventaris dengan produk bundle and kit untuk beragam ukuran, warna serta variasi produk yang akan dijual.Proses manajemen dari inventaris yang kelihatan efisien pada tiap channel penjualan, maka ini akan mempermudahkan anda dalam mengambil informasi yang mengenai keuntungan margin, akses laporan inventaris hingga history data jualan serta laporan real time tentang penjualan. Tentunya ini dapat anda gunakan dalam pengambilan keputusan usaha atau bisnis yang mudah cepat dan mudah. Yang pastinya kemudahan tersebut dapat membuat konsumen merasa puas serta tidak kehabisan stok produk lagi.

2. CRM Retail

Sistem ERP retail harus mempunyai modul manajemen konsumen yang bisa mengelola dan mendukung hubungan anda dengan konsumen yang ada. Sistem yang telah terintegrasi memungkinkan bagi anda mempunyai akses pada history pesanan dan interaksi terhadap pelanggan serta supplier.Bukan hanya itu saja, anda juga dapat membuat dan menyusun strategi marketing atau pemasaran yang terpersonalisasi berkat adanya informasi yang diberikan oleh supplier maupun konsumen anda. Selain itu, anda juga dapat mengelompokkan konsumen yang disesuaikan dengan data history pesanan dalam mengidentifikasi peluang up selling dan cross selling.

3. Otomatisasi Alur Kerja

Kalau misalnya ada sesuatu yang diinginkan oleh konsumen toko retail, dimana mereka berkeinginan untuk mempunyai pengalaman dalam berbelanja yang menyenangkan dan konsisten. Sistem ERP membuat pelaku usaha retail dapat menggabungkan sertai urusan penjualan, persediaan barang, pembelian yang berasal dari supplier maupun aktivitas lainnya pada sebuah sistem dengan cara yang otomatis.Anda bisa mendapatkan informasi yang real time tentang penjualan yang mengenai laporan akuntansi terintegrasi. Setiap data usaha dapat dipakai untuk kebutuhan pengelolaan semua konsumen secara personalisasi ketika konsumen berbelanja. Dengan begitu, ini akan membuat hubungan konsumen dengan supplier menjadi lebih kuat.

4. Refund

Refund adalah sebuah fitur yang paling sering ditemukan oleh para pebisnis retail. Sistem ERP juga harus mendukung proses dari pengembalian produk atau barang yang seperti ini. Perlu anda ketahui kalau pengembalian barang ke gudang akan menjadi lebih baik jika mempunyai tempat khusus sehingga dapat diperbaiki dan diperiksa dengan mudah.Dalam pengembalian uang, dimana sistem ERP retail bisa membantu anda dalam memutuskan tentang pengembalian dana dapat dilakukan dengan segera, pembuatan alokasi pembayaran buat pesanan yang mungkin belum terbayarkan serta penyimpanan uang dalam saldo akun konsumen sehingga dapat digunakan dalam pemesanan yang selanjutnya.

5. Manajemen Gudang Terintegrasi

Sebagai pebisnis retail, tentunya anda harus memindahkan barang yang masuk maupun keluar dari dalam gudang tersebut secara cepat sehingga dapat membuat putaran barang menjadi lebih efisien. Modul manajemen warehouse atau gudang pada sistem ERP harus memberikan dukungan barcode scanner, refund barang, perhitungan inventaris, manajemen penjualan & pesanan, manajemen pembelian, hingga akuntansi dan layanan konsumen.Dampak positif dalam hal tersebut bisa mengurangi waktu dalam pengiriman produk, mengurangi biaya dalam proses operasional bisnis retail berjalan, menghemat waktu, mengurangi human error. Dengan begitu, ini akan membuat anda menjadi lebih berfokus dalam peningkatan keuntungan atau pendapatan bisnis retail yang dijalankan anda saat ini.

6. Point of Sale

Selanjutnya fitur aplikasi ERP online adalah Point of Sale atau POS. Sistem POS adalah sebuah fungsi yang berada di sistem ERP retail. Aplikasi ERP terintegrasi POS memiliki proses penjualan yang bisa dilakukan serta dicatat dengan cara yang mudah, mulai dari pencatatan tentang pembelian, harga atau diskon hingga jenis pembayaran yang digunakan.Hanya saja anda harus memilih software POS retail terbaik 2023. Pasalnya, pada saat ini sudah banyak jenis aplikasi Point of Sales terbaru 2023 yang tidak dapat diandalkan hingga dapat merugikan bisnis itu sendiri. Itulah sebabnya anda akan dituntut untuk menggunakan aplikasi ERP yang mempunyai fitur POS terbaik sehingga dapat membantu sehingga mempermudahkan anda dalam perkembangan bisnis retail.Adanya sistem POS yang terbaik dan terintegrasi dengan seluruh fungsi sistem ERP retail. Maka hal tersebut dapat membuat setiap data bisa terintegrasi yang dimulai dari Point of Sale hingga sampai pada Finance ataupun Accounting Sistem. Inilah yang menjadi alasan kenapa kita harus memanfaatkan aplikasi bisnis retail yang sudah terintegrasi dengan adanya sistem ERP.

7. Manajemen Pesanan Multi Channel

Bisnis retail harus membangun pengalaman berbelanja yang lebih baik dan cepat tanpa adanya masalah atau kendala. Kapanpun dan dimanapun penjualan dilakukan harus membuat sistem perbelanjaannya menjadi lebih baik dan cepat. Pasalnya, hal tersebut bisa memberikan dampak yang baik pada kepuasan konsumen anda.Secara umum, sistem ERP bisa di-custom sehingga bisa terintegrasi langsung dengan adanya Point of Sale alias POS, e-commerce dan beberapa macam channel penjualan lainnya. Dengan adanya sistem ERP yang telah terintegrasi, maka anda dapat memastikan seluruh pesanan bisa diunduh dengan otomatis serta dapat tersimpan dalam sistem pusat.Itulah yang menjadi fitur terbaik dalam aplikasi ERP retail online. Pembahasan diatas bisa kita simpulkan kalau penggunaan software ERP terintegrasi retail sangat penting untuk bisnis retail yang anda jalani saat ini. Jika anda merasa tertarik dengan penggunaan aplikasi ERP, maka cobalah berlangganan dengan Ukirama ERP .Umumnya Ukirama adalah aplikasi ERP yang sudah terintegrasi retail sehingga dapat memberikan anda pemantauan dan pengontrolan yang mudah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan waktu penting anda. Anda dapat menggunakan Ukirama retail software, mengingat setiap fitur dari aplikasi tersebut bisa diandalkan dan digunakan oleh anda dengan mudah. Tentu saja Ukirama ERP retail menjadi solusi yang terbaik dalam mengoptimalkan kinerja operasional bisnis anda.


You Might Also Like