banner iklan

Pahami Apa Itu Rasio Rentabilitas dan Perbedaanya dengan Profitabilitas

Pahami_Apa_Itu_Rasio_Rentabilitas

Bagi mereka yang berkutat dalam bidang akuntansi, pasti tidak asing lagi dengan istilah rasio rentabilitas. Istilah ini memang sering digunakan dalam aktivitas perusahaan, terutama dalam hal pembukuan.Banyak orang mengira rentabilitas sama halnya dengan profitabilitas. Padahal, dua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda dalam akuntansi. Rentabilitas dan profitabilitas memang lekat dengan kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Namun rentabilitas merupakan jumlah laba bersih yang didapatkan sedangkan profitabilitas adalah jenis laba yang diperoleh.

Definisi Rentabilitas

Rentabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam memperoleh keuntungan tau menghasilkan laba. Rentabilitas juga menunjukkan perbandingan semua aset milik perusahaan dengan lama yang belum dikenakan pajak.Oleh karena itu, rentabilitas juga bisa menjelaskan bagaimana sebuah aset bisa membantu mengembalikan modal perusahaan. Rentabilitas juga bisa kita artikan sebagai kemampuan perusahan dalam menggunakan seluruh modalnya untuk menghasilkan keuntungan.Bahkan muncullah sebuah rumus untuk mengukur rentabilitas. Rumus tersebut berupa perbandingan antara laba bersih yang belum terkena pajak dengan total aktiva. Hasil pembagian ini merupakan tingkat rentabilita.Rentabilitas juga bisa didefinisikan sebagai ukuran efisiensi perusahaan dalam menghasilkan pendapatan relatif terhadap asetnya. Rumus rasio daya penghasilan dasar sederhana dan mengambil Laba Sebelum Bunga dan Pajak (EBIT) dan membaginya dengan Total Aset.Rasio rentabilitas dapat menunjukkan kemampuan bisnis untuk menghasilkan keuntungan yang memadai dalam jangka panjang dengan meninjau beberapa tahun untuk menilai efisiensi perusahaan dan tren pendapatan. Namun, rasio tersebut mengasumsikan bahwa bisnis akan terus beroperasi dalam kondisi ideal dan mampu menghasilkan pendapatan serupa di masa depan. Secara matematis, rentabilitas bisa digambarkan dalam rumus berikut:Rumus Rasio rentabilitas= Jumlah keuntungan: modal yang digunakan x 100%

Jenis-Jenis Rasio Rentabilitas

Rasio rentabilitas sendiri memiliki berbagai jenis, seperti berikut:

  1. Gross profit margin

Jenis rentabilitas ini diperoleh dengan menganalisis operating revenue dan jumlah operating expense. Cara menghitungnya adalah dengan mengurangi operating revenue dengan operating expense. Lalu bagi hasilnya dengan operating revenue. Gross profit bisa membantu Anda menganalisis berapa laba bersih yang dihasilkan perusahaan. Semakin besar nilai gross profit, menunjukan semakin baik aktivitas yang dilakukan perusahaan.

  1. Nett profit margin

Nett profit margin digunakan untuk menghitung laba bersih perusahaan. Cara menghitungnya adalah dengan membagi laba bersih penjualan lalu dikalikan 100%. Rasio nett profit margin bisa didapatkan dengan membandingkan laba bersih dan efisiensi seluruh kegiatan di perusahaan. Jika net profit margin tinggi, artika kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba juga cenderung tinggi.

  1. Return on Investment

Jenis rasio ini bisa Anda gunakan untuk melihat kemampuan perusahaan dlam memperoleh laba setelah pajak. Rasion ini sangat penting untuk mengecek apakah perusahaan mampu menutup investasi yang dikeluarkan. Semakin tinggi tingkat rasio ini, semakin baik kondisi operasional perusahaan.

  1. Profit margin

Rasio ini bisa digunakan untuk menunjukan bagaimana perusahaan memperoleh laba bersih dalam tingkat penjualan tertentu. hasil perhitungan profit margin biasanya terlihat di baris akhir laporan laba rugi. Profit margin juga bisa Anda jadikan patokan dalam menilai efisiensi yang bisa dilakukan perusahaan dalam periode tertentu, yang menampilkan perbedaan antara beban dan biaya akuntansi.

  1. Return on Assets (ROA)

Return on Assets adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan memberdayakan semua aktiva yang dimilikinya. Laba yang digunakan untuk perhitungan ini adalah Earning Before Interest and Tax alias  laba yang belum terkena bunga bank atau pajak.

Perbedaan Rentabilitas dan Profitabilitas

Rentabilitas digunakan untuk mengukur laba kotor perusahaan dengan total asetnya. Sedangkan profitabilitas hanya berfokus pada laba yang dihasilkan perusahaan.Profitabilitas juga menggambarkan efektivitas manajemen yang digambarkan oleh rasio pengukuran laba selama periode tertentu.Rasio tersebut juga digunakan sebagai pertimbangan dalam pelaksanaan operasional perusahaan. Profitabilitas juga menggambarkan kemampuan dan sumber yang ada di dalam perusahaan. Sumber yang dimaksud di dalam profitabilitas ini adalah modal, kas, kegiatan penjualan, jumlah karyawan, dan sejenisnya.Bisa dibilang profitabilitas mendeskripsikan tingkat efisiensi suatu perusahaan dengan digolongkan menjadi rasio laba kotor dan laba bersih. Kedua jenis rasio profitabilitas ini bisa dihitung dengan rumus yang berbeda dan digunakan untuk menyatakan efisiensi yang lebih spesifik.Semenetara itu, rentabilitas adalah istilah yang digunakan untuk menunjukan kemampuan perusahaan. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan dalam menghasilkan laba. Nantinya, total kekayaan perusahaan akan dibandingkan dengan laba perusahaan. Namun, laba tersebut belum mendapatkan potongan dari pajak yang berlaku.Dengan kata lain, rasio rentabilitas berfokus pada ukuran perbandingan laba kotor dan keseluruhan aktiva milik perusahaan. Rasio rentabilitas juga bisa Anda gunakan untuk mengukur keuntungan bersih sesuai dengan jenis laba penjualan.Ketika anda menghitung seluruh rasio keuangan perusahaan, tanpa Anda sadari Anda telah mengenal apa itu rentabilitas dan profitabilitas. Rentabilitas merupakan rasio keuangan yang digunakan untuk mengetahui seberapa baik kinerja bisnis dan kesehatan finansial perusahaan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda menghitung rentabilitas dengan akurat.

Manfaat Menghitung Rasio Rentabilitas

Secara tak langsung, Anda bisa menghitung rasio profitabilitas dan rentabilitas ketika menghitung seluruh rasio keuangan dan keuntungan bisnis Anda. Semua rasio yang Anda hitung akan sangat berperan penting dalam pengambilan keputusan bisnis.Perhitungan rasio yang tepat akan menghasilkan gambaran yang detail tentang kondisi usaha Anda secara keseluruhan, mulai dari laba rugi, modal yang dikeluarkan, hingga hal lain yang bisa di improvisasi dalam bisnis Anda.Melihat tingginya manfaat penghitungan rasio rentabilitas dalam bisnis, Anda harus bisa melakukan penghitungan tersebut dengan baik dan seakurat mungkin. Untuk membantu Anda menghitung rasio rentabilitas, kini telah hadir software ERP Ukirama.Software ERP Ukirama telah dilengkapi dengan fitur keuangan dan akuntansi yang akan membantu Anda melakukan pencatatan keuangan bisnis secara otomatis.Dengan Software ERP Ukirama, membuat laporan keuangan pun jadi lebih mudah.Selain fitur akuntansi, Software ERP Ukirama juga menyediakan fitur manajemen proyek, payroll, manufaktur, produk dan inventory, serta pembelian dan penjualan. Semua fitur tersebut akan sangat berguna dalam kelancaran operasional bisnis Anda.


You Might Also Like