Paklaring atau Bukti Pengalaman Kerja: Cara Membuat dan Memintanya

Sindhu Partomo
Paklaring atau Bukti Pengalaman Kerja: Cara Membuat dan Memintanya

Daftar Isi


Paklaring adalah bukti pengalaman kerja. Siapapun dan dimanapun kita, memiliki bukti pengalaman kerja yang sah sangat penting untuk menunjang karier. Salah satu dokumen yang digunakan sebagai bukti pengalaman kerja adalah Paklaring. Artikel ini akan membahas apa itu Paklaring, fungsi dan manfaatnya, cara membuat Paklaring yang baik, cara meminta Paklaring kepada perusahaan, serta memberikan contoh surat Paklaring yang benar..

Apa itu Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja, adalah dokumen resmi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang telah berhenti bekerja. Surat ini berbeda dengan surat keterangan kerja, yang diberikan kepada karyawan aktif atau masih bekerja di perusahaan tersebut. Dokumen ini secara spesifik menyatakan bahwa karyawan tersebut pernah bekerja di perusahaan tersebut dalam periode tertentu, dengan mencantumkan jabatan serta tanggung jawab yang diemban. Surat ini sering digunakan oleh karyawan sebagai bukti pengalaman kerja ketika melamar pekerjaan di tempat lain.

Komponen Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja biasanya mencakup informasi berikut:

  • Nama lengkap karyawan
  • Jabatan terakhir
  • Periode kerja
  • Deskripsi tugas dan tanggung jawab
  • Alasan berhenti kerja (opsional)
  • Pernyataan positif tentang kinerja dan etika kerja karyawan
  • Tanda tangan dan cap resmi perusahaan

Fungsi dan Manfaat

Fungsi Surat Pengalaman Kerja

  1. Bukti Pengalaman Kerja: Ketika melamar di perusahaan baru, departemen human resource mungkin akan mencari tahu apakah seorang pelamar benar-benar pernah bekerja sesuai dengan pengalaman yang ditulis di riwayat pekerjaannya. Adanya surat ini berfungsi sebagai bukti sah bahwa seseorang telah bekerja di sebuah perusahaan dengan posisi dan tanggung jawab tertentu.
  2. Syarat Administrasi: Beberapa perusahaan atau instansi memerlukan surat pengalaman kerja sebagai salah satu syarat administrasi dalam proses rekrutmen atau pendaftaran program tertentu. Surat ini menjadi indikator awal atas kualitas dan dedikasi seorang karyawan dalam pekerjaannya.
  3. Rujukan Profesional: Beberapa beasiswa lokal dan internasional mensyaratkan pengalaman kerja satu hingga dua tahun.
  4. Mendaftar Program Beasiswa: Dengan mengetahui tanggung jawab masing-masing pihak, baik pembeli maupun penjual dapat merencanakan biaya dengan lebih tepat dan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.
  5. Mengajukan Pinjaman atau Kredit: Beberapa lembaga keuangan mensyaratkan bukti pengalaman kerja, untuk memperlihatkan kemampuan seseorang dalam membayar angsuran atau kredit.

Manfaat Paklaring

  1. Meningkatkan Kredibilitas: Memiliki bukti pengalaman kerja meningkatkan kredibilitas seseorang dalam melamar pekerjaan baru karena menunjukkan bahwa mereka memiliki pengalaman yang relevan.
  2. Mempermudah Proses Rekrutmen: Adanya paklaring mempermudah proses verifikasi oleh calon pemberi kerja baru, yang dapat mempercepat proses rekrutmen.
  3. Mendapatkan Kepercayaan: Beberapa beasiswa lokal dan internasional mensyaratkan pengalaman kerja satu hingga dua tahun.
  4. Mendaftar Program Beasiswa: Dengan menunjukkan pengalaman kerjanya, karyawan dapat memperoleh kepercayaan lebih dari calon atasan atau perusahaan baru.

Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja

  1. Siapkan Informasi yang Diperlukan: Pastikan semua informasi penting tersedia, seperti nama karyawan, jabatan, periode kerja, dan deskripsi tugas.
  2. Gunakan Format yang Tepat: Gunakan format surat resmi dengan kepala surat perusahaan yang mencantumkan nama dan alamat perusahaan.
  3. Tuliskan Isi Surat: Cantumkan informasi karyawan, jabatan, periode kerja, deskripsi tugas, dan pernyataan tentang kinerja dan etika kerja.
  4. Tanda Tangan dan Cap Perusahaan: urat harus ditandatangani oleh atasan atau pihak HR dan dicap resmi perusahaan.
  5. Cek Kembali: Periksa kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan informasi dan bahasa yang digunakan sudah sesuai.

Contoh Struktur Surat

Kepala Surat Perusahaan [Logo Perusahaan] [Nama Perusahaan] [Alamat Perusahaan] [Telepon dan Email Perusahaan]

Isi Surat

[Tempat, Tanggal] Kepada yang berkepentingan,

Dengan surat ini, kami menyatakan bahwa:

Nama: [Nama Karyawan] Jabatan Terakhir: [Jabatan] Periode Kerja: [Tanggal Mulai] hingga [Tanggal Berhenti]

Selama bekerja di perusahaan kami, [Nama Karyawan] telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sebagai [Deskripsi Tugas]. Kami sangat mengapresiasi dedikasi dan kinerja yang telah diberikan.

Demikian surat pengalaman kerja ini kami buat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Hormat kami,

[Tanda Tangan] [Nama Atasan] [Jabatan Atasan] [Cap Perusahaan]

Contoh Kasus Untuk Pengajuan Beasiswa

Surat ini juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti pengajuan beasiswa. Misalnya, seorang karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan dapat menggunakan surat inisebagai bukti pengalaman kerja untuk mendukung aplikasinya.

Contoh Kasus

Asiti bekerja sebagai analis data di PT. Data Jaya selama 5 tahun dan ingin mengajukan beasiswa S2 di bidang ilmu komputer. Salah satu syarat beasiswa adalah pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang terkait. Siti meminta paklaring dari PT. Data Jaya untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Contoh Surat

Kepala Surat Perusahaan
PT. Data Jaya
Jl. Merpati No. 12, Bandung
Telp: (022) 34567890
Email: [email protected]

Isi Surat

Bandung, 15 Januari 2024

Kepada yang berkepentingan,

Dengan surat ini, kami menyatakan bahwa:

Nama: Siti Nurhayati
Jabatan Terakhir: Analis Data
Periode Kerja: 1 Januari 2018 hingga 31 Desember 2023

Selama bekerja di PT. Data Jaya, Siti Nurhayati telah menunjukkan kemampuan analisis data yang luar biasa dan berkontribusi dalam berbagai proyek penting. Dedikasinya dalam bekerja sangat dihargai dan ia telah menunjukkan etos kerja yang tinggi.

Demikian surat pengalaman kerja ini kami buat untuk mendukung pengajuan beasiswa yang bersangkutan.

Hormat kami,

[Tanda Tangan]
Dewi Kurniawati
Manajer HR
[Cap Perusahaan]

Kasus Penggunaan untuk Pengajuan Pinjaman/Kredit

Surat ini juga sering digunakan sebagai salah satu dokumen pendukung saat mengajukan pinjaman atau kredit ke bank. Dokumen ini membantu bank dalam menilai kelayakan kredit dengan memberikan gambaran tentang stabilitas pekerjaan dan penghasilan pemohon.

Contoh Kasus

Budi bekerja sebagai supervisor di PT. Karya Sejahtera selama 7 tahun dan ingin mengajukan pinjaman untuk renovasi rumah. Bank memerlukan bukti pengalaman kerja untuk menilai kelayakan kredit Budi. Budi meminta paklaring dari PT. Karya Sejahtera sebagai salah satu syarat pengajuan pinjaman.

Isi Surat

Kepala Surat Perusahaan
PT. Karya Sejahtera
Jl. Kenari No. 8, Surabaya
Telp: (031) 87654321
Email: [email protected]

Isi Surat

Surabaya, 10 Februari 2024
Kepada yang berkepentingan,

Dengan surat ini, kami menyatakan bahwa:

Nama: Budi Santoso
Jabatan Terakhir: Supervisor Produksi
Periode Kerja: 1 Januari 2017 hingga 31 Januari 2024

Selama bekerja di PT. Karya Sejahtera, Budi Santoso telah menunjukkan kemampuan manajerial yang baik dan berkontribusi dalam peningkatan produktivitas departemen produksi. Kinerja dan dedikasinya sangat diapresiasi oleh perusahaan.

Demikian surat pengalaman kerja ini kami buat untuk digunakan sebagai dokumen pendukung dalam pengajuan pinjaman.

Hormat kami,

[Tanda Tangan]
Agus Widodo
Manajer HR
[Cap Perusahaan]

Cara Meminta Surat Pengalaman Kerja kepada Perusahaan

  1. Ajukan Permintaan Secara Resmi: Buat permintaan resmi secara tertulis atau melalui email kepada atasan langsung atau bagian HR.
  2. Cantumkan Alasan Permintaan: Jelaskan alasan mengapa kamu membutuhkan paklaring, misalnya untuk melamar pekerjaan baru.
  3. Berikan Waktu yang Cukup: Berikan perusahaan waktu yang cukup untuk memproses permintaanmu.
  4. Lakukan Follow-Up: Jika tidak ada tanggapan dalam waktu yang wajar, lakukan follow-up dengan sopan.

Tips Untuk Mendapatkan Surat Pengalaman Kerja

  • Bersikap Profesional: Selalu jaga profesionalisme saat mengajukan permintaan.
  • Tegaskan Kebutuhan: Jelaskan dengan jelas mengapa surat ini penting untukmu.
  • Bersyukur: Tunjukkan apresiasi kepada perusahaan setelah menerima paklaring.

Contoh Surat Paklaring yang Baik dan Benar

Berikut adalah contoh surat Paklaring yang benar dan dapat dijadikan acuan:

Kepala Surat Perusahaan
PT. Sukses Makmur
Jl. Kebon Jeruk No. 45, Jakarta
Telp: (021) 12345678
Email: [email protected]

Isi Surat

Jakarta, 1 Januari 2024

Kepada yang berkepentingan,

Dengan surat ini, kami menyatakan bahwa:

Nama: Andi Setiawan
Jabatan Terakhir: Manajer Proyek
Periode Kerja: 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2023

Selama bekerja di PT. Sukses Makmur, Andi Setiawan telah menunjukkan dedikasi dan kinerja yang sangat baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Manajer Proyek. Andi telah berkontribusi besar dalam menyelesaikan berbagai proyek penting dan selalu menunjukkan etos kerja yang profesional.

Demikian surat pengalaman kerja ini kami buat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Hormat kami,

[Tanda Tangan]
Budi Santoso
Direktur Operasional
[Cap Perusahaan]

Ringkasan

Paklaring adalah dokumen penting yang berfungsi sebagai bukti pengalaman kerja dan memiliki banyak manfaat bagi karyawan maupun perusahaan. Untuk membuat paklaring yang baik, pastikan informasi yang dicantumkan lengkap dan akurat, serta menggunakan format yang sesuai. Meminta paklaring dari perusahaan harus dilakukan dengan cara yang profesional dan sopan. Contoh surat paklaring yang benar dapat dijadikan acuan untuk memastikan semua komponen penting tercantum.

Kalau kamu sudah paham pentingnya bukti pengalaman kerja kamu bisa meminta dan memakai surat tersebut untuk menunjang karier dan memperoleh kepercayaan lebih dari calon pemberi kerja. Pastikan untuk selalu menjaga hubungan baik dengan perusahaan sebelumnya untuk memudahkan proses permintaan paklaring di masa mendatang. Kalau kamu mau tahu lebih banyak tentang karier, akuntansi, ERP, atau ingin bisa menjalankan pencatatan dan analisis akuntansi secara serba otomatis pelajari fitur dari Ukirama di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like