Panduan Lengkap Cara Stock Opname

Sindhu Partomo
Ilustrasi Stock Opname

Daftar Isi


Apa Itu Stock Opname?

Stock opname merupakan sebuah kegiatan penghitungan manual barang dagang atau inventaris sebuah perusahaan. Dengan opname ini, perusahaan bisa memastikan jumlah barang yang sebenarnya. Di akhir proses stock opname, akan ada pencocokan antara perhitungan manual dan perhitungan sistem. Selisih atau perbedaan yang terjadi bisa diketahui, dan dikoreksi, setelah stock opname selesai.

Kegiatan ini sebenarnya bisa diaplikasikan di semua perusahaan, mengingat pada dasarnya stock opname tidak hanya berlaku untuk menghitung fisik barang dagangan saja. Lebih dari itu stock opname juga bisa dilakukan untuk menghitung inventaris atau benda-benda yang berkaitan erat dengan kegiatan operasional perusahaan.

Kenapa Butuh Stock Opname?

Misalnya, sebuah hotel beserta restorannya dipesan untuk suatu acara, dengan tamu sebanyak 300 orang. Menurut pencatatan di sistem, hotel dan restoran kita punya cukup stok makanan, alat makan, dan sandal untuk setiap kamar. Tapi, apakah pencatatan di sistem kita selalu akurat? Sementara itu, nama perusahaan dipertaruhkan kalau ada stok barang yang tidak cukup. Maka, dilakukan stock opname untuk memastikan jumlah stok dengan penghitungan manual.

Tahap-tahap Stock Opname

1. Persiapan

Biasanya persiapan stock opname dilakukan 7 hari sebelum (D-7) hingga 1 hari sebelum (D-1) tergantung dari jenis perusahaannya. Semakin besar perusahaan, maka biasanya stock opname lebih sering dilakukan. Hal ini terjadi karena dengan meningkatkan intensitas stock opname, maka kemungkinan besar perusahaan bisa mengetahui perbedaan stok lebih awal. Dengan begitu, perusahaan tidak akan mengalami kesulitan berarti saat mencari sumber perbedaan penghitungan.

Ada perusahaan yang melakukan stock opname setiap akhir bulan, dan ada juga yang melakukan setiap 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan, atau akhir tahun. Tahap persiapan ini berarti memberikan arahan untuk semua karyawan yang terlibat, dan bersiap menutup aliran keluar-masuk barang.

2. Pelaksanaan

Beberapa langkah awal dalam stock opname adalah:

  • Memastikan semua barang punya label
  • Menata barang sesuai label masing-masing
  • Menandai barang yang tidak akan dihitung, yang akan diretur, dibuang, atau dihancurkan.

Setelah itu, kita bisa mulai melakukan penghitungan.

  • Hitung barang sesuai label masing-masing
  • Menandai barang yang sudah dihitung
  • Memasukkan hitungan ke dalam pembukuan
  • Menyesuaikan jumlah stok sesuai kenyataan

Kamu bisa melakukan stock opname lebih mudah dengan memakai software bisnis yang punya fungsi stock opname, manajemen gudang, barcoding, dan akuntansi di satu sistem, salah satunya adalah Ukirama.

3. Penyelesaian

Setelah selesai menghitung, kamu bisa melakukan beberapa hal dengan hasil stock opname:

  • Melaporkan hasil penghitungan ke pihak auditor bila ada
  • Melaporkan hasil stock opname ke bagian akuntansi
  • Membuat pedoman untuk stock opname selanjutnya

Ingin tahu lebih jauh tentang aplikasi akuntansi, dan perbedaannya dengan aplikasi ERP? Pelajari lebih dalam tentang akuntansi, ERP, dan Ukirama, di sini.

Ukirama ERP memudahkan ratusan perusahaan mengelola bisnis setiap hari

Jadwalkan Demo

Sindhu Partomo
Sindhu Partomo

Seorang penulis dengan fokus pada Branding dan Digital Marketing

You Might Also Like