Pelajari Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan Di Excel Berikut Ini, Cocok Untuk Pemula

Gambar Blog Ukirama Pelajari Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan Di Excel Berikut Ini, Cocok Untuk Pemula

Bagaimana sih cara membuat laporan keuangan di Excel yang baik dan benar? Pada umumnya, keuangan ini memiliki peran yang sangat penting untuk kelangsungan usaha. Oleh sebab itu, penting bagi pebisnis membuat laporan keuangan secara berkala.Tak harus memikirkan seberapa besar atau kecil usaha yang anda jalankan untuk membuat laporan keuangan. Lagipula pembuatan laporan keuangan juga tidak begitu sulit dilakukan. Jadi, anda tak perlu khawatir tentang bagaimana membuat laporan dana dan biaya perusahaan.Namun dalam pembuatan laporan keuangan, anda harus teliti membuatnya sehingga usaha atau bisnis yang anda jalankan tidak mendapatkan kerugian di hari yang akan datang.Lantas bagaimana cara membuat laporan keuangan di Excel? Untuk cara-caranya, anda dapat menyimak pada pembahasan yang telah tersedia seperti berikut ini.

Ketahui Fitur Excel Terlebih dahulu Dalam Membuat Laporan Keuangan!

Membuat laporan keuangan online lebih baik daripada anda membuatnya secara offline atau tulis tangan. Dikarenakan membuat laporan keuangan dengan Microsoft Excel, anda hanya perlu memahami tentang fitur-fitur mudahnya.Jika anda ingin membuat laporan keuangan digital, seperti melalui Excel. Maka anda harus memperhatikan beberapa fitur sistem akuntansi online Excel berikut ini.

1. What If Analysis

Dalam cara membuat laporan keuangan di Excel, anda dapat memanfaatkan fitur yang bernama What If Analysis. Fitur ini dapat anda temukan pada bagian opsi atau menu yang sudah tersedia di dalam Microsoft Excel. Seberapa pentingkah fitur yang satu ini?.Banyak orang yang tidak mengetahui kalau fitur What If Analysis ini memiliki peran yang sangat penting. Kegunaan dari What If Analysis ini dapat membantu para pengguna untuk memperkirakan data-data yang sudah tersedia di dalam rumus.Anda bisa melakukan pengujian mengenai hasil yang terbaru dengan mengedit data tanpa harus menghapus data dalam set primer.Perlu anda tahu kalau fitur ini sangat akurat apabila dipakai dalam memanajemen cash flow dari tiap anggaran serta perkiraan. Selain itu, fitur ini juga dapat membuat pengujian perkiraan anggaran dalam bentuk garis tren ataupun grafik batang.

2. Forecast Sheets

Untuk membuat laporan bulanan dengan Excel, anda harus tahu tentang fitur utamanya seperti Forecast Sheets ini. Bagi anda yang ingin menggunakan fitur ini, maka anda dapat mengunjungi pilihan menu yang sama dengan fitur What If Analysis tadi.Anda tidak perlu mencoba aplikasi akuntansi online, karena di dalam Excel telah tersedia Forecast Sheets yang akan mempermudahkan para pemula dalam membuat suatu laporan bulanan. Dengan fitur ini, anda bisa mengetahui perkiraan tren data yang berdasarkan dengan nilai historis.Bisa dibilang kalau Forecast Sheets ini mampu memprediksi tren dalam bentuk grafis yang mengubah nilai data yang ada di sel.Anda harus mengerti dan memahami betul dengan fitur ini apabila anda memiliki data historis yang mencakup beberapa tahun. Jadi, sebelum anda mengoperasikan fitur Forecast Sheets ini, anda bisa mencari tahu tentang data yang tersedia di perusahaan atau bisnis yang ingin diolah.

3. Tabel Pivot

Selain kedua fitur yang ada diatas, anda juga harus mempelajari tentang Tabel Pivot yang merupakan salah satu fitur penting dalam cara membuat laporan keuangan di Excel.Nah, jika anda ingin menggunakan Tabel Pivot, anda harus temukan pada pilihan opsi atau menu insert. Apa sih itu Tabel Pivot? Ini adalah fitur yang terbentuk dalam format tabel dengan fungsinya untuk meringkas data-data kompleks yang berdasarkan pada pilihan sel.Anda bisa menggunakan fitur ini jika ingin membuat suatu rangkuman data jadi lebih rapi serta memiliki kaitannya dengan software akuntansi online, misalnya Microsoft Excel ini.Rangkuman yang berkaitan dengan data mentahan, lalu mengelompokkan dalam kategori yang berbeda dapat anda lakukan dengan memanfaatkan fitur Tabel Pivot ini. Tak heran jika pebisnis selalu membuat laporan keuangan di spreadsheet Excel.Fitur Tabel Pivot ini dapat mempermudahkan penyaringan data yang cukup rumit. Yang pastinya data anda bisa menjadi lebih rapi serta berkelompok yang didasarkan dengan kategori.

Selain Fitur, Template Juga harus Anda Ketahui!

Berbicara tentang bagaimana cara membuat laporan keuangan di Excel dengan baik dan benar. Salah satu caranya adalah anda harus memperhatikan beberapa template yang sudah tersedia. Hal ini bertujuan agar hasilnya nanti bisa menjadi lebih rapi.Anda sendiri juga tak boleh merasa malas dalam mencoba beberapa fitur yang berhubungan dengan angka Excel. Coba anda perhatikan beberapa langkah dibawah ini.

1. Pahami Template

Cara membuat laporan keuangan di Excel akan menjadi lebih mudah jika mempelajari tentang template. Dalam mempelajarinya, mungkin anda dapat mengetahui dari beberapa media online.Hal ini bertujuan agar anda dapat mengolah data-datanya. Sebagai tipsnya, dimana anda harus memilih format template laporan keuangan Excel yang mudah dipahami oleh anda sendiri.

2. Pilih Template Excel

Buatlah template secara otomatis di dalam Excel dengan mengklik tombol menu, lalu klik wizard. Disana anda bisa temukan variasi-variasinya, seperti template manajemen faktur dan lain sebagainya.Dengan adanya template tersebut, memungkinkan untuk anda dapat membuat bentuk laporan perusahaan yang sesuai dengan keinginan anda sendiri.

3. Tingkatkan Kefokusan pada Data Prefilled

Ketelitian dan kefokusan dalam membuat atau export file Excel harus anda perhatikan. Dalam hal ini, anda juga harus berfokus pada data-data prefilled, dimana ini dilakukan pada saat perhitungan akuntansi apa saja, di dalamnya sudah termasuk dengan arus kas.Anda harus berlatih sebaik mungkin agar dapat menciptakan kumpulan data yang prefilled. Cara membuat laporan keuangan di Excel pengguna harus memiliki waktu sehingga dapat memahami tiap penggunaan fitur. Jadi sangat penting untuk anda tetap teliti dan fokus.

Inilah Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel

Bagi anda yang ingin coba gratis aplikasi akuntansi seperti Excel ini serta ingin membuat laporan keuangan. Anda tak perlu khawatir tentang bagaimana dengan cara-caranya. Sebagai gambar dasarnya, anda dapat mencoba membuat laporan keuangan laba rugi maupun arus kas.Kedua laporan keuangan ini dapat dijadikan sebagai referensi atau gambaran dasar dalam pembuatan laporan keuangan. Karena, untuk membuat kedua laporan tersebut dapat anda lakukan dengan mudah. Coba perhatikan beberapa langkah yang ada dibawah ini.

Langkah-langkah Membuat Laporan Keuangan Laba Rugi di Excel

Pertama-tama anda harus memilih tentang periode laporan laba rugi per triwulan atau bulan agar dapat mengetahui tentang perkembangan usaha yang anda jalankan. Sesudah itu aturlah informasi dalam 4 kategori seperti berikut ini.

  • Pendapatan atau Revenue/Profit.
  • Biaya Operasional.
  • Gain (losses) from continuing operation yang seperti pajak, beban bunga hingga pergerakan kas lainnya yang berhubungan dengan perkembangan usaha.
  • Non-recurring event atau sebagai keuntungan dan kerugian yang signifikan serta tak terjadi pengulangan.

Apabila anda sudah mempersiapkan semuanya, maka selanjutnya anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Buatlah file atau projek baru di dalam Excel.
  • Membuat sub kategori yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya operating expenses, revenue dan lain sebagainya.
  • Selanjutnya anda harus mempersiapkan rumus. Misalnya rumus perhitungan net sale yang seringkali diketik dengan SUM. Kemudian pilihlah setiap entri yang berada dibawah sub sales.
  • Memastikan tiap nilai telah ditempatkan dengan cara yang benar. Tiap jumlah dimasukkan ke dalam file juga harus positif, kecuali jika sudah diberi sebuah tanda less.

Langkah-langkah Membuat Laporan Keuangan Arus Kas di Excel

Cara membuat laporan keuangan di Excel yang berjenis arus kas adalah anda harus memilih terlebih dahulu tentang periode pelaporan. Kemudian mempersiapkan beberapa data buat dicatat.Apabila masih belum ada, anda dapat menggunakan daftar tiap pendapatan dan pengeluaran dalam periode yang telah ditentukan. Tiap data yang ada, anda dapat tambahkan ke dalam kategori operasi, investasi dan pembiayaan.Sesudah itu, ikuti beberapa langkah yang ada dibawah ini.

  • Membuat file baru dengan penamaan Laporan Arus Kas.
  • Sisakan 1 baris kosong dalam pemformatan. Di 2 baris berikutnya anda dapat menulis Awal Periode & Akhir Periode.
  • Kemudian pilih sub kategori di dalam laporan.
  • Persiapkan rumusnya. Anda harus mempersiapkan rumus SUM agar bisa menjumlahkan tiap kategori.
  • Membuat format baris dan juga angka dengan pewarnaan yang berbeda-beda agar dapat mencermati tiap data.
  • Selanjutnya anda dapat memasukkan nilai yang sebenarnya dalam format file yang telah anda buat.

Sekarang sudah tahu tentang bagaimana cara membuat laporan keuangan di Excel? Selain Microsoft Excel, anda masih bisa membuat laporan keuangan di software ERP akuntansi yang sudah tersedia di dalam komputer anda. Selamat mencoba!


You Might Also Like