Pengendalian Piutang Usaha Bagi Perusahaan Dagang

pengendalian_piutang_usaha_bagi_perusahaan_dagang

Karena itulah, perusahaan harus menyiapkan personel khusus untuk menangani masalah ini, termasuk dengan menyiapkan personel lapangan yang akan menagih piutang usaha. Jika sebelumnya penagihan hanya dilakukan melalui telepon atau email maka kini saatnya bagi perusahaan untuk melakukan penagihan ke alamat toko atau alamat kedua yang tercantum.Tapi perlu diingat juga bahwa penagihan ini harus tetap dilakukan dengan sopan dan sesuai SOP ya.

  1. Tentukan Kebijakan Kredit yang Lebih Ketat

Untuk mengendalikan piutang usaha, perusahaan harus membuat dan memberlakukan kebijakan kredit yang lebih ketat. Misalkan saja jika di ketentuan yang sebelumnya, jatuh tempo setiap kredit milik pelanggan memiliki jangka waktu sekitar 30 hari atau bahkan ada yang 45 hari. Maka untuk melakukan pengendalian piutang, perusahaan harus mempersingkat lama waktu jatuh tempo menjadi 15 atau 20 hari. Kebijakan ini mungkin akan membuat perusahaan kehilangan beberapa pelanggan atau konsumen yang terbiasa melakukan kredit dengan periode jatuh tempo yang agak lama. Tapi setiap kebijakan pasti ada pro dan kontra, dan perusahaan harus memilih antara menjaga kondisi finansial perusahaan atau mempermudah konsumen. Intinya, perusahaan harus melakukan evaluasi kebijakan kredit untuk melakukan pengendalian piutang usaha.

  1. Hanya Terima Pembelian Tunai

Setali tiga uang dengan poin kedua, perusahaan bisa saja menghapus pembelian secara kredit dan fokus pada pembelian tunai. Pilihan yang ketiga ini mungkin akan membuat konsumen merasa tidak nyaman, namun dengan adanya pemberitahuan dan usaha untuk tetap menjaga atau bahkan meningkatkan kualitas produk dan layanan pasti konsumen akan tetap menjatuhkan pilihan pada produk di perusahaan anda.Nah, untuk memudahkan anda dalam mengelola dan mengendalikan piutang usaha di perusahaan dagang anda, maka akan lebih baik jika anda memilih sistem keuangan yang terintegrasi seperti software ERP. Mungkin anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Ukirama ERP dalam perusahaan. Hal ini karena sistem keuangan yang satu ini mampu mencatat, menganalisa dan mengatur keuangan dan akuntansi bisnis anda dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkan. Beberapa fitur keren dari Ukirama ERP adalah manajemen stok, pembelian, penjualan, pengelolaan SDM, manufaktur, reparasi hingga sistem akuntansi. Tidak hanya itu, Ukirama ERP juga menampilkan laporan secara terperinci dan terintegrasi dengan bagian akuntansi. Hal ini berarti secara keseluruhan Ukirama ERP mampu meng-cover setiap kebutuhan perusahaan pada umumnya dengan lebih optimal.Untuk informasi lebih lengkap mengenai Ukirama ERP dapat dilihat di sini .


You Might Also Like