Pengertian Aset Tetap, Contoh dan Karakteristiknya

Pengertian_Aset_Tetap

Bagian penting dari menjalankan bisnis yang sukses mengharuskan Anda terlebih dahulu memiliki aset yang tepat untuk menghasilkan produk atau menyediakan layanan Anda. Barang berharga atau segala sesuatu yang memiliki nilai ekonomi bisa disebut dengan aset. Aset ini menjadi salah satu elemen dasar yang amat penting dibutuhkan oleh bisnis untuk menjalankan bisnisnya dengan baik. Bahkan, ketika pemilik bisnis pergi untuk mendapatkan pinjaman bisnis, mereka biasanya mendapatkan pinjaman untuk membeli aset bisnis. Adapun aset bisnis ini dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, salah satunya yaitu aset tetap.Apa itu aset tetap? Artikel ini menjelaskan pengertian aset tetap. Dilengkapi dengan contoh, ciri/ karakteristiknya dan pentingnya aset tetap bagi perusahaan. 

Apa yang dimaksud aset tetap? 

Aset tetap atau fixed assets adalah harta kekayaan yang dimiliki perusahaan yang memberikan manfaat jangka panjang untuk membantu operasional perusahaan dalam menghasilkan pendapatan. Dalam kegiatan usaha normal, aset tetap ini tidak dimiliki untuk dijual langsung kembali. Melainkan biasanya memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun dan diklasifikasikan sebagai aset modal serta dilambangkan dengan istilah properti, pabrik, dan peralatan atau PP&E (Property, Plant, and Equipment) pada neraca keuangan. 

Contoh aset tetap 

Perlu diketahui aset tetap dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu aset berwujud (tangible) dan aset tidak berwujud (intangible). 

  • Aset berwujud. Aset yang memiliki bentuk fisik dan dapat dijamah. Contohnya adalah aset tanah yang diatasnya ada bangunan ataupun tidak. Lalu bangunan seperti kantor, gudang, pabrik, dll yang tentu pencatatan dilakukan secara terpisah dari lahan tempat bangunan berdiri. 

Ketika berbicara tentang contoh aset tetap, itu tidak selalu berkaitan dengan sesuatu yang tidak bergerak seperti tanah/ lahan dan bangunan saja. Banyak aset tetap yang cukup portabel untuk dipindahkan secara rutin di dalam atau di luar lokasi perusahaan. Contohnya mencakup perabot/ furniture, mesin produksi, dan kendaraan pengiriman. 

  • Aset tidak berwujud. Sesuai penamaannya, aset ini tidak bisa dijamah karena tidak memiliki wujud fisik yang nyata. Contoh aset tidak berwujud secara umum mencakup semua kekayaan intelektual yang dimiliki oleh perusahaan, seperti Goodwill, hak cipta, paten, merek dagang, dsb. 

Karakteristik utama dari aset tetap

Aset tetap memiliki ciri atau karakteristik yang membedakannya dari jenis aset lainnya. Yang termasuk karakteristik aset tetap antara lain: 

Memberikan manfaat jangka panjang

Seperti yang telah disinggung di atas, aset tetap merupakan harta kekayaan perusahaan yang memiliki masa manfaat jangka panjang lebih dari satu tahun. Ini berarti ketika Anda membeli atau memiliki aset tetap, maka tentu Anda berharap untuk dapat menggunakannya selama beberapa tahun.Contohnya mesin produksi, meja kursi kantor, dan peralatan-peralatan kantor, dll. Namun aset tetap juga dapat mencakup aset tidak berwujud atau yang tidak dapat disentuh secara fisik seperti investasi jangka panjang atau merek dagang perusahaan.

Aset tetap terdepresiasi

Pengecualian aset tanah, setiap periode akuntan aset tetap perlu disusutkan (depresiasi) untuk mencerminkan penurunan nilai aset karena faktor masa pemakaian dan keausan penggunaan aset tetap. Alasan mengapa aset tetap ini terdepresiasi adalah untuk menyinkronkan sebagian biaya aset tetap dengan pendapatan yang dihasilkan sehingga dapat diketahui gambaran lengkap tentang laba bersih.Sangat sulit untuk secara langsung menghubungkan aset tetap dengan aktivitas yang menghasilkan pendapatan, jadi sebagai gantinya, perusahaan menanggung jumlah depresiasi yang tetap selama masa manfaat setiap aset tetap. Sehingga biaya aset yang tersisa di catatan perusahaan pada akhir masa manfaatnya hanyalah nilai sisa.

Digunakan dalam operasi bisnis

Aset tetap merupakan aset yang dimiliki oleh suatu perusahaan untuk tujuan investasi maupun tidak dijual kepada pelanggan. Melainkan aset ini yang dibeli atau dimiliki untuk digunakan dalam operasi bisnis untuk menghasilkan barang dan jasa. Kemudian mungkin timbul pertanyaan lalu apa bedanya dengan aset operasional? Aset operasional adalah aset  yang digunakan perusahaan untuk menjalankan aktivitas inti bisnis. Aset tetap biasanya merupakan aset operasional, tetapi aset tetap lebih luas karena mencakup kas, persediaan, piutang, dan sumber daya alam yang dimiliki perusahaan. Seperti yang diketahui paten dan merek adalah aset tetap tak berwujud, tetapi jika digunakan dalam bisnis normal, maka itu juga menjadi aset operasional.

Merupakan aset tidak lancar

Karena merupakan aset jangka panjang, aset tetap ini memiliki karakteristik yang tidak likuid. Artinya aset tetap adalah aset tidak lancar yang tidak dapat dengan mudah dijual, dikonsumsi, digunakan, diubah menjadi uang tunai atau habis melalui operasi bisnis standar kurang dari satu tahun. Dengan kata lain aset tetap memerlukan lebih banyak waktu untuk diuangkan. 

Pentingnya aset tetap bagi perusahaan

Memiliki dan mengklasifikasikan aset tetap sangat penting bagi perusahaan mana pun. Aset tetap sudah menjadi komponen penting untuk menunjang operasional bisnis agar berjalan dengan baik dan menghasilkan pendapatan yang optimal. Selain itu ini juga menjadi bagian penting dalam laporan keuangan perusahaan yang dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan Anda. Misalnya, memahami aset mana yang merupakan aset lancar dan mana yang merupakan aset tetap berguna untuk mengetahui kekayaan bersih modal kerja perusahaan. Juga membantu menilai kemampuannya untuk melikuidasi aset dengan cepat jika diperlukan. Satu lagi, aset tetap dalam laporan keuangan juga menjadi sorotan yang sering  diperhatikan dengan cermat oleh investor ketika memutuskan apakah akan berinvestasi di perusahaan. Apabila perusahaan terlihat unggul dalam mengefisiensikan aset tetapnya, maka hal ini dapat menghadirkan keunggulan kompetitif atas pesaing mereka. 

Kesimpulan

Setelah mengetahui definisi, contoh, karakteristik, dan pentingnya aset tetap, semoga Anda kini dapat mengelola semua aset tetap di perusahaan Anda dengan lebih baik. Pengelolaan aset yang baik merupakan salah satu modal untuk mengoptimalkan proses menuju keberhasilan usaha. Untuk mengelola aset Anda secara akurat, perangkat lunak Ukirama ERP siap membantu Anda. Dengan menerapkannya, Anda dapat dengan mudah mengelola penyusutan aset dalam laporan keuangan. Aplikasi ini hadir dengan banyak fitur yang bisa membantu memanajemen aset dan keuangan perusahaan secara lebih praktis, cepat dan minim kesalahan! Daftar sekarang dan dapatkan uji coba gratis Ukirama ERP!


You Might Also Like