banner iklan

Pengertian, Contoh, Ciri-ciri, Kelebihan, dan Kekurangan Pasar Oligopoli

pengertian_contoh_ciri_ciri_kelebihan_dan_kekurangan_pasar_oligopoli

Jika diperhatikan, beberapa produk yang kita pakai sehari-hari biasanya hanya berasal dari beberapa merek yang itu-itu saja atau setidaknya dari induk perusahaan yang sama. Produk dari hanya segelintir perusahaan tersebut seperti merajai pasar sehingga mau tidak mau, konsumen hanya memiliki pilihan yang terbatas. Nah, sifat dikuasainya suatu produk oleh beberapa perusahaan saja inilah yang merupakan bentuk dari Pasar Oligopoli.

Pengertian Pasar Oligopoli

Dilihat dari segi bahasa, Oligopoli berasal dari dua kata yaitu ‘Oligos’ yang berarti banyak dan ‘polein’ yang berarti menjual. Jadi secara bahasa, Oligopoli berarti menjual dalam jumlah banyak. Sedangkan dalam ilmu ekonomi, Pasar Oligopoli adalah suatu jenis pasar dimana hanya terdapat beberapa produsen (penjual) untuk menyediakan keperluan dari pembeli yang banyak di pasar. Dalam kondisi seperti itu, maka barang yang dijual menjadi cenderung homogen dan sulit dibedakan. Oleh karenanya, Pasar Oligopoli tergolong sebagai salah satu jenis pasar dengan persaingan yang tidak sempurna. Dalam pasar Oligopoli, tiap perusahaan akan memposisikan diri sebagai bagian dari permainan pasar. Hal tersebut tentu perlu dilakukan karena keuntungan yang mereka dapat sangat bergantung pada perusahaan pesaingnya. Setiap kebijakan yang diambil satu perusahaan, akan sangat mempengaruhi perusahaan lain sehingga persaingan akan semakin ketat dalam membuat harga dan kualitas. Lantas mengapa Pasar Oligopoli bisa terjadi? Terbentuknya Pasar Oligopoli didorong oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Adanya Efisiensi Skala Besar

Maksud dari efisiensi ini adalah adanya penghematan teknologi dan biaya produksi. Hal ini menjadikan pelaku usaha lebih selektif untuk turut serta dalam pasar. Efeknya hanya segelintir perusahaan saja yang berani mengambil peran di dalamnya.

  1. Adanya Kompetensi Manajemen yang Kompleks

Maksud dari kompetensi manajemen yang kompleks adalah bahwa dalam kegiatan pasar, terdapat persaingan bebas yang menuntut perusahaan untuk mengambil peran dan langkah. Hal ini dibutuhkan untuk menentukan kebijakan dan arah manajemen termasuk menemukan inovasi baru sehingga produksi barang tetap berkembang dan diminati pasar. Melalui kompetensi manajemen yang kompleks inilah yang menjadikan terdorongnya pembentukan Pasar Oligopoli.

Contoh Pasar Oligopoli

Setelah mengetahui pengertian dari Pasar Oligopoli di atas, bisakah Anda menentukan produk apa saja yang tergolong hasil dari Pasar Oligopoli? Sebelum membahas contoh dari produk-produk di Pasar Oligopoli, perlu diketahui juga bahwa ada dua jenis pasar dengan persaingan Oligopoli, yaitu:

  1. Pasar Oligopoli Murni

Pasar Oligopoli Murni maksudnya adalah pasar yang di dalamnya terdapat beberapa produsen dengan produk yang dijual bersifat identik atau sama sehingga sulit untuk dibedakan. Contoh dari jenis Pasar Oligopoli Murni ini sangat banyak di kehidupan kita dimana seringkali kita tidak mempedulikan mereknya karena dianggap sama saja. Contohnya adalah air mineral, helm, semen, pipa, dan sebagainya.

  1. Pasar Oligopoli Terdiferensiasi

Berbeda lagi dengan Pasar Oligopoli Terdiferensiasi dimana barang yang diperjualbelikan meskipun bersifat homogen tetapi bisa dibedakan. Dengan kata lain, ada konsumen yang lebih suka dengan satu merek saja karena menganggap merek lain tidak sesuai dengan seleranya. Contoh dari Pasar Oligopoli Terdiferensiasi ini juga tidak sulit ditemukan dalam keseharian seperti sabun, shampo, bumbu penyedap makanan, rokok, kartu internet, motor atau mobil, dan lain sebagainya.Berdasarkan dua jenis Pasar Oligopoli di atas, jelas bahwa banyak produk yang kita gunakan sehari-hari merupakan contoh dari keberadaan Pasar Oligopoli. Produk-produk itu dari mulai barang kebutuhan rumah tangga seperti sabun, shampo, bumbu penyedap masakan, barang elektronik seperti televisi, kendaraan bermotor seperti mobil, hingga bahan bangunan seperti semen.


You Might Also Like